home -> Unik -> 10 Penemuan Hewan Terbaru Paling Aneh
22 Juni 2018 06:31

10 Penemuan Hewan Terbaru Paling Aneh

Oleh reagan dalam Unik pada March 08, 2016

Dunia kita ini sangatlah luas dan dihuni oleh berbagai macam spesies hewan yang mengagumkan. Tentu saja setiap kalinya pasti ada spesies hewan baru yang baru ditemukan keberadaannya oleh para peneliti. Beberapa terkesan biasa, namun beberapa lainnya ternyata sangatlah unik dan aneh. Berikut adalah daftar 10 penemuan hewan terbaru akhir-akhir ini yang spesiesnya sendiri cukup unik dan aneh keberadaannya.

10. Tikus Vampir Berhidung Babi

Pig Nosed Vampire Rat

Ini dia salah satu hewan unik yang baru-baru ini ditemukan keberadaannya di Indonesia, tepatnya Sulawesi. Sebagaimana namanya, tikus satu ini memiliki bentuk fisik yang dapat dikatakan cukup aneh yaitu berhidung babi dan bertelinga seperti kelelawar. Tikus yang diberi nama Hyorhinomys Stuempkei ini adalah jenis yang baru di dunia tikus. Para peneliti yang menemukan tikus kecil ini mengatakan bahwan mereka belum pernah menemukan hewan lain seperti itu.

9. Udang Karang Berwarna

udang warna

Udang karang yang baru-baru ditemukan para peneliti ini tidaklah seperti udang karang yang pernah ditemukan pada umumnya. Mereka dikategorikan aneh untuk spesies mereka. Hal tersebut adalah karena mereka memiliki warna yang sangat indah yang membuatnya tampak menakjubkan dibandingkan udang karang lainnya. 

Adalah seorang peneliti asal Jerman bernama Christian Lukhaup yang pertama kali menemukan hewan ini. Walaupun udang karang menakjubkan ini pernah dijual pada tahun 2000, tidak ada seorangpun yang berusaha untuk mempelajari hewan ini dan mengira bahwa udang tersebut hanyalah bentuk udang lain yang memiliki kelainan. Kemudian Lukhaup melakukan pencarian dan menemukan jejak awal dari udang ini ternyata tidak lain dan tidak bukan berasal dari Indonesia.

8. Kura-Kura Yang Dapat Menyala Dalam Gelap

kura-kura menyala dalam gelap

Termasuk dalam penemuan hewan terbaru yang cukup unik, Kura-Kura Hawksbill ini diketahui ternyata spesies mereka juga masuk dalam kategori terancam. Sering ditemukan di perairan tropis, kura-kura Hawksbill ini memiliki suatu hal menakjubkan yang biasanya tidak ditemukan pada kura-kura Hawksbill lainnya. 

Para peneliti menemukan ada beberapa kura-kura Hawksbill yang ternyata dapat bercahaya dalam gelap. Para peneliti masih belum mengetahui bagaimana hewan ini dapat mengeluarkan cahaya di dalam gelap. Namun para peneliti beranggapan bahwa mungkin saja kura-kura Hawksbill memiliki suatu zat yang bernama biofluorescene. Dimana zat ini yang berpengaruh besar bagi hewan agar bisa mengeluarkan cahaya dalam gelap.

7. Siput Paling Kecil

Smallest Snail

Hewan menakjubkan satu ini merupakan siput terkecil di dunia yang pernah ditemukan. Hanya berukuran 0,7 milimeter, siput tersebut diberi nama oleh para peneliti dengan nama Acmella Nana. Ditemukan di Malaysia, untuk dapat menemukan siput kecil ini saja para peneliti memerlukan mikroskop khusus di alam liar. Penemuan siput ini bagi para peneliti dapat menjadi sebuah bahan pembelajaran bagaimana hewan ini hidup di alam liar. Mengingat tubuhnya yang kecil, tentunya geraknya juga semakin lambat dan ini berujung dengan habitat mereka yang terbatas pula.

6. Laba-Laba Peekaboo

Peekaboo Spider

Nama Peekaboo di sini hanyalah sebuah julukan bagi spesies laba-laba satu ini karena perilaku mereka yang sangat unik dimana mereka seakan-akan bermain petak umpet. Ditemukan baru-baru ini keberadaannya di Australia, laba-laba yang memiliki nama Jotus Remus ini memiliki sepasang kaki belakang yang bentuknya menyerupai dayung dari daun. Laba-Laba Peekaboo memiliki perilaku yang unik ketika musim kawin mereka tiba. 

Pada saat musim kawin, Remus jantan akan bersembunyi di bawah suatu objek seperti daun atau kayu pohon dan kemudian menggerakan kaki belakangnya yang menyerupai dayung tersebut layaknya main petak umpan. Tujuan dari perilaku unik tersebut adalah untuk merayu dan memancing para betina.

5. Ikan Puffer

puffer fish

Ini mungkin bukanlah penemuan hewan baru namun layak dibicarakan di sini karena memang adalah penemuan baru mengenai perilaku hewan yang aneh. Selama bertahun-tahun lamanya para peneliti berusaha memecahkan misteri dari lingkaran aneh yang berada di dasar laut. Mereka akhirnya menemukan siapa sebenarnya pelaku yang membuat lingkaran aneh sebesar 2 meter di dasar laut itu. 

Ternyata pelakunya adalah ikan Puffer jenis Torquigener AlbomaculosusTorquigener Albomaculosus membuat lingkaran ini sebagai alat untuk menarik perhatian sang betina dan juga sebagai tempat menaruh telur mereka. Mungkin ikan Puffer kecil ini terlihat biasa saja, namun ternyata ikan ini juga mampu membuat karya seni di dasar laut yang menakjubkan.

4. Katak yang Dapat Berubah Bentuk

ShapeShifting Frog

Walaupun kita membicarakan katak yang dapat berubah bentuk namun tentunya kita bukan membicarakan kata yang dapat berubah menjadi seorang pangeran tampan. Di wilayah Ekuador, ada 2 jenis katak yang belakangan ini diketahui dapat merubah fisik mereka berdasarkan lingkungan sekitar. Kedua jenis katak tersebut adalah katak yang memiliki nama Pristimantis Sobetes dan Pristimantis Mutabilis. Merupakan 2 orang pecinta alamlah yang berhasil menemukan keberdaan spesies katak ini yakni Katherine dan Tim Krynak.

3. Paus Omura

omura whale

Keberadaan paus Omura ini pada kenyataannya masih menjadi misteri. Hampir bisa disebut sebagai salah satu makhluk cryptid, hingga akhirnya hewan menakjubkan ini secara tidak sengaja muncul di televisi pada tahun 2015. 

Sebagaimana permukaan dan kedalaman laut di dunia ini sangatlah luas, sangatlah sulit untuk menemukan keberadaan Paus Omura. Hingga sekarang tidak diketahui dengan pasti berapa jumlah mereka. Hanya sebanyak 25 ekor yang berhasil masuk dalam katalog. Meskipun tidak begitu banyak informasi yang diketahui mengenai hewan menakjubkan ini, para peneliti meyakini bahwa paus Omura hidup di perairan tropis. Ingat dengan kisah paus putih Moby Dick?

2. Siput Psychedelic

Psychedelic Sea Slug

Phyllodesmium acanthorhinum, begitulah nama dari hewan menakjubkan ini. Dengan bentuk yang menyerupai jari manusia disertai warna tubuhnya yang biru cerah serta motif seperti petir di tubuhnya membuat siapapun yang melihat hewna ini mengira ini adalah alien. Hewan yang merupakan siput laut ini memiliki panjang yang relatif pendek yaitu 2,5 cm. Para peneliti menemukan beberapa spesimen dari hewan ini di sekitar Okinawa dan juga Great Barrier Reef.

1. Hiu Ninja Lentera

Ninja Lanternshark

Dari namanya saja banyak dari Anda pasti sudah dapat memperkirakan mengapa penemuan hiu satu ini dikategorikan sebagai penemuan baru yang aneh. Ditambah dari namanya yang keren atau aneh tersebut, hewan ini juga memiliki bentuk fisik seram yang tidak kalah dari namanya. Mata bulat pucat yang menonjol, gigi yang menganga, dan warnanya yang hitam, hewan ini nampak seperti monster yang seakan-akan muncul dari film horror. 

Untungnya, Anda tidak perlu takut akan hiu kerena mereka tidaklah sebesar dan sepanjang hiu putih raksasa (great white shark). Tubuh hiu ninja lentera ini hanya sepanjang 46 cm saja, ditambah lagi hiu ini lebih sering menghabiskan waktunya di kedalaman 300 meter di bawah permukaan air laut yang jauh dari cahaya. Jadi kemungkinan manusia bertemu dengan hiu ini sangatlah kecil.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas