home -> Teknologi -> 10 Programmer Paling Berpengaruh Di Dunia
20 September 2017 09:09

10 Programmer Paling Berpengaruh Di Dunia

Oleh reagan dalam Teknologi pada March 01, 2016

Programmer adalah seseorang yang bekerja membuat atau memodifikasi bahasa pemrograman. Apapun bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh para programmer tersebut memberikan pengaruh yang sangat besari bagi kemajuan teknologi komputer saat ini. Di dunia ini terdapat beberapa programmer dinilai cukup berpengaruh bagi kemajuan berkat bahasa pemrograman yang mereka ciptakan. Inilah daftar 10 programmer yang berpengaruh di dunia.

10. Tim Berners Lee

tim berners lee

Sir Timothy John 'TIm' Berners Lee adalah seorang pria berkebangsaan Inggris yang juga adalah seorang programmer berpengaruh di dunia. Dirinyha dikenal dunia berkat hasil kerjanya berupa World wide Web. Di tahun 1989 Lee berhasil mengimplementasikan komunikasi antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) client dengan server menggunakan jaringan Internet. 

Saat ini Lee merupakan seorang direktur dari World Wide Web Consortium (W3C) yang merupakan hasil perkembangan lebih jauh dari web.

9. Bill Gates

bill gates

Membicarakan programmer yang paling berpengaruh di dunia sudah tentu nama Bill Gates harus diikutsertakan. Bill Gates selain berstatus sebagai orang terkaya di dunia, dirinya juga merupakan seorang pebisnis Amerika terkenal, programmer, pelopor di dunia komputer, investor, dan juga dermawan. Dirinya merupakan orang yang turut membangun perusahaan Microsoft. Saat ini dialah pula yang menjadi pemimpin perushaan komputer terbesar di dunia tersebut. Pria inilah yang telah menciptakan dan mengembangkan sistem operasi windows yang saat ini telah menjiad operasi sistem yang paling banyak digunakan di dunia.

8. Guido van Rossum

Guido van Rossum

Guido van Rossum adalah programmer Belanda yang telah dikenal di dunia sebagai penulis bahasa pemrograman Python. Dedikasinya dalam terus mengembangkan bahasa Python membuatnya diberi julukan Benevolent Dictator For Life. Melihat dedikasinya yang lua rbiasa, Google pun kemudian mempekerjakan Rossum dari tahun 2005 sampai tahun 2012. Dimana selama bekerja di Google itu, Rossum lebih berfokus dalam mengembangkan Python. 

Setelah keluar dari Google, pada Januari 2013 Rossum mulai bekerja untuk sebuah perusahaan cloud storage bernama Dropbox.

7. Ken Thompson

ken thompson

Pria Amerika yang bernama lengkap Kenneth Lane Thompson ini merupakan seorang pelopor ilmu komputer yang terkenal di dunia. Pria yang juga terkenal di dunia hacker ini dengan nama Ken inilah yang mendesign dan mengimplementasikan operasi sistem Unix dnegan menggunakan bahasa pemrograman B. Bahasa pemrograman B sendiri adalah bahasa pemrograman yang telah ada lebih dahulu sebelum bahasa pemrograman C.

Thompson diketahui telah bekerja di Google sejak tahun 2006 dimana dirinya berperan penting dalam membuat bahasa pemrograman Go.

6. Brian Kernighan

Brian Kernighan

Brian Kernighan bersama dengan pencipta UNIX Ken Thompson dan Dennis Ritchie saling bekerja sama di sebuah laboratorium bernama Bell Labs. Bersama para pencipta UNIX, Kernighan yang merupakan programmer asal Kanada itu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pengembangan UNIX. 

Brian Kernighan juga merupakan orang yang membantu dalam penulisan bahasa pemrograman AWK dan AMPL. Nama Kernighan kemudian semakin dikenal di dunia karena dirinya membantu turut membantu menuli buku pemrograman C bersama dengan Dennis Ritchie.

5. Anders Hejlsberg

Anders Hejlsberg

Programmer Denmark ini dikenal akan keberhasilannya dalam mengembangkan bahasa program C#. Tidak hanya berhasil dalam membuat bahasa pemrograman, Hejlsberg ini juga merupakan orang yang menulis tentang Turbo Pascal dan juga merupakan kepala arsitek dari Delphi. Saat ini dirinya bekerja di perusahaan terkenal Microsoft sebagai arsitek utama dari bahasa pemrograman C# dan sebagai pengembang inti dari TypeScript.

4. James Gosling

james gosling

Merupakan ilmuwan komputer yang berasal dari Kanada, James Arthur Gosling. Programmer inilah yang telah membuat dan mengembangkan bahasa pemrograman yang saat ini telah banyak digunakan oleh orang-orang yakni bahasa Java di tahun 1994. Gosling kemudian memberikan hasil temuannya itu kepada salah satu muridnya ketika dirinya tengah membuat sebuah mesin virtual p-code untuk laboratorium Dec Vax Computer.

Tidak hanya berhasil membuat bahasa Java, Gosling juga memberikan beberapa kontribusi dalam pembuatan operasi sistem News dan Gosling Emacs. Berkat perannya yang sangat penting tersebut, dirinya diangkat sebagai anggota Foreign Associate of the United States National Academy of Engineering.

3. Linus Torvalds

Linus Torvalds

Linus Torvalds adalah seorang pria keturunan Finlandia-Amerika yang berprofesi sebagai software engineering. Pria inilah yang berperan penting dalam pengembangan Linux Kernal. Kemudian dirinya berprofesi sebagai kepala arsitek dari Linux Kernaldan berperan sebagai koordinator projek. 

Di tahun 2012, dirinya bersama Shinya Yamanaka secara terhormat diberi penghargaan Millennium Technology Prize oleh Technology Academy Finland berkat kreasinya dalam membuat operasi sistem yang bersifat open source.

2. Bjarne Stroustrup

Bjarne Stroustrup

Sorang programmer asal Denmark ini merupakan orang yang diberi kredit atas usahanya dalam mengembangkan bahasa C buatan Dennis Ritchie. Hasil kembangannya kini telah banyak digunakan di dunia komputer dan diberi nama dengan C++. Yang mengagumkan adalah pahasa pemrograman C++ itu ia kembangkan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sekarang ini Stoustrup bekerja sebagai profesor dan pemilik dari College of Engineering Chair in Computer Science di Texas A&M University.

1. Dennis Ritchie

Dennis Ritchie

Pria dengan nama panjang Dennis McAlistair Ritchie ini merupakan pria kebangsaan Amerika yang bekerja sebagai ilmuwan komputer. Dirinya telah dianggap sebagai salah satu programmer yang paling berpengaruh di dunia. Pria inilah yang membuat bahsa pemrograman C yang saat ini telah banyak digunakan oleh orang sebagai bahasa dasar untuk membuat program..

Selain membuat pahasa pemrograman C, Ritchie juga membuat operasi sistem yang dinamakan UNIX. Berkat hasil kerja kerasnya tersebut, dirinyamendapatkan penghargaan Turing Award dari ACM di tahun 1983, Hamming Medal dari IEEC di tahun 1990 dan National Medal of Technology dari presiden Clinton pada thaun 1999.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas