home -> Top -> 10 Mahluk Mitologi yang Paling Terkenal
18 April 2014 22:46

10 Mahluk Mitologi yang Paling Terkenal

Oleh admin dalam Top pada January 14, 2013

Kita pernah mendengar atau membaca cerita mengenai mahluk mitologi, baik itu dari kisah-kisah dalam cerita atau dari menonton film. Berikut daftar mahluk mitologi terpopular.

10. Cerberus

cerberusDikenal juga dengan nama Kerberos, dimana ia merupakan anjing berkepala tiga peliharaan Hades yang menjaga gerbang neraka bersama dengan Orthrus, anjing berkepala dua.

Pada awalnya dikatakan bahwa Cerberus merupakan anjing kecil yang lucu. Namun ketika ia tumbuh besar, kepalanya menjadi tiga dan mampu menyemburkan api.

Cerberus bertugas menjaga dan memastikan hanya roh orang-orang yang telah meninggal bisa masuk melewati gerbang neraka, tetapi tidak bisa keluar. Dalam beberapa cerita, Cerberus beberapa kali berhadapan dengan dewa-dewa atau mahluk gaib, seperti Herakles atau Herkules, Orpheus, Hermes, Sybil.

9. Leviathan

Leviathan

Mahluk laut raksasa dengan mata yang bersinar dan kebiasaan yang sangat mengerikan untuk menghancurkan kapal dan menelan manusia yang sedang berlaut.

Dengan badannya yang besar dan kulitnya yang bersisik, Leviathan sering disebut sebagai ikan raksasa, tetapi juga sering dideskripsikan sebagai sebuah ular, buaya atau mamalia laut.

Berdasarkan pada suatu teks agama jaman dulu, pada awalnya Leviathan diciptakan secara sepasang, pria dan wanita. Tetapi menghilangkan yang wanita untuk melindungi dunia dari kemungkinan kemarahan monster yang meraungi lautan.

8. Griffin

griffin

Griffin atau Gryphon biasanya dikarakteristikkan sebagai sebuah singa dengan kepala dan sayap sebuah elang. Oleh karena kombinasi kedua hal inilah, Griffin dikatakan merupakan mahluk yang sangat kuat karena singa adalah raja binatang dan elang adalah raja burung.

Pada jaman dulu dipertimbangkan sebagai simbol kekuatan suci dan pelindung sesuatu yang suci. Dikatakan bahwa mahluk ini terlihat pada peradaban Minoan.

Griffin dikatakan hanya hidup untuk 1 pasangannya saja, dan jika pasangannya itu mati maka ia tidak akan mencari pasangan lagi sampai akhir hidupnya. Oleh karena itulah di beberapa tempat, Griffin digunakan sebagai simbol pernikahan.

7. Pegasus

pegasus

Hewan mistis ini adalah anak dari Poseidon (Dewa Laut) dengan monster Medusa. Ia disimbolkan sebagai sebuah hewan yang memiliki sayap sangat indah, memiliki warna terkadang putih, terkadang putih dengan sayap emas dan terkadang emas semua.

Ada beberapa versi berbeda tentang kelahiran Pegasus, salah satunya yang terkenal mengatakan bahwa ia lahir dari leher Medusa pada saat Perseus memotong leher Medusa. Ada juga yang mengatakan bahwa Pegasus lahir dari tetesan darah Medusa sebelum kematiannya. Ada juga konstelasi (rasi) untuk Pegasus, sebagai hadiah dari Zeus sebelum kematiannya.

6. Centaur

centaurLegenda Centaur telah sejak lama memukau manusia. Dengan setengah manusia dan setengah kuda, Centaur dikatakan berada di dua alam tersebut, yakni hewan liar dan manusia.

Tidak hanya Centaur memiliki bagian hewan, mereka juga dideskripsikan sebagai pejuang kasar yang suka minum-minum dan sifat liar lainnya. Hal ini membawa perselisihan ke saudara mereka, manusia. Tidak berlaku untuk Chiron yang bijak, Centaur yang juga merupakan penyembuh dan juga dihargai.

5. Gorgon

gorgonGorgon atau yang kita kenal dengan nama Medusa, walaupun itu tidak tepat. Medusa merupakan bagian dari mahluk Gorgon dimana legenda mengatakan bahwa seseorang yang melihat muka dari Gorgon akan berubah menjadi batu.

Medusa sendiri, merupakan satu-satunya yang dapat mati di antara 3 Gorgon (Stheno dan Euryale). Karena Medusa dapat mati, maka Perseus dapat membunuhnya dengan memotong kepalanya, pada saat Medusa melihat bayangan dirinya sendirinya di tameng Perseus. Gambar dari Gorgon ini sering digunakan oleh orang-orang Yunani untuk melawan kejahatan.
 

4. Phoenix

phoenixTidak ada mahluk lain yang menyimbolkan keabadian lebih dari Phoenix, sebuah burung mistis yang dikenal karena kecantikan dan keabadiannya.

Dalam kebanyakan mitologi, Phoenix diasosiasikan dengan munculnya matahari dan mempunyai hubungan yang dekat dengan Dewa Ra. Fitur lain dari Phoenix adalah hanya satu yang dapat hidup. Satu setiap ribuan tahun, Phoenix akan merasakan hidupnya akan berakhir dan dia akan membuat makam tumpukan kayu bakar dari cinammoin (kayu manis) atau dari materi wangi-wangian lain, dan ia akan membuat dirinya terbakar oleh api. Lalu, sebagaimana Phoenix yang tua berubah menjadi abu, Phoenix baru akan memulai hidupnya di dunia.

3. Dragon

dragonKita sering menyebut Dragon adalah Naga tetapi dalam beberapa mitologi, Naga adalah mahluk mitologi yang berbeda dengan Dragon dimana Naga adalah sejenis ular dengan tangan dan kepala yang menyerupai Dragon tanpa kaki.

Mitologi Dragon telah ada sejak sekitar 4,000 tahun yang lalu. Mereka sering digambarkan sebagai reptil besar yang dapat terbang dan mampu menyemburkan api, menembakkan racun mematikan dari hidung mereka.

Sifat dari Dragon ini sendiri berbeda-beda berdasar pada adat terkait. Ada yang mengatakn Dragon akan menculik wanita untuk dimakan, hal ini menyebabkan beberapa pejuang untuk melawan Dragon. Tapi di China, Dragon ini sendiri adalah simbol dari keberanian dan perjuangan, juga dilihat sebagai simbol komunitas.

2. Mermaid

mermaidSejak jaman dulu, pelaut yang mengarungi lautan akan melaporkan bahwa mereka telah melihat mermaid, sebuah mahluk setengah ikan dan setengah wanita dengan rambut panjang dan memiliki kekuatan menggoda yang kuat. Ada juga yang mengatakan ada pria di antara mermaid ini dengan sebutan merman.

Cerita ini telah ada sejak sekitar 3,000 tahun yang lalu, dan laporan-laporan terkait mermaid ini masih sering bermunculan sampai dengan era New World oleh Eropa. Kadang cerita itu menyebutkan bahwa mermaid menyelamatkanpelaut dari kesialan akan kecelakaan. Yang lain mengatakan sifat mereka yang buruk dalam membuat kapal menabrak bebatuan. Ada juga yang mengatakan bahwa mahluk cantik ini adalah mahluk pembunuh yang menggoda pria dengan nyanyian memukau dan membunuh untuk kesenangan. Mungkin cerita yang paling sering kita dengar adalah cerita Ariel dari "The Little Mermaid", karakter Walt Disney pada tahun 1989.

1. Unicorn

unicornBanyak dari kita yang menyatukan Pegasus dengan Unicorn, Unicorn adalah kuda bertanduk sedangkan Pegasus adalah kuda bersayap.

Unicorn ini sendiri adalah mahluk mulia dan luar biasa yang telah memukau manusia baik muda maupun tua. Mereka adalah simbol dari kesucian dan kebaikan serta kebebasan yang tidak terkekang. Berbagai adat, memiliki versinya sendiri akan Unicorn, ada yang menyebutkan mereka adalah kuda putih dengan tanduk dari dahi mereka. Ada yang mengatakan tanduknya itu melingkat, yang mebuat cahaya menari di antara badan mahluk ini.

Berdasarkan legenda, Unicorn hanya dapat ditangkap oleh gadis perawan sendiri di hutan. Tidak seperti kebanyakan hewan mistis, yang berdasar pada kegelapan manusia, kebanyakan cerita Unicorn cukup lembut dan baik. Bahkan sampai sekarang, Unicorn dikatakan masih terlihat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas