home -> Unik -> 10 Permainan Papan Paling Banyak Dimainkan Di Duni...
16 Juli 2018 13:13

10 Permainan Papan Paling Banyak Dimainkan Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada February 25, 2016

Permainan papan merupakan salah satu jenis permainan yang menggunakan bahan utama papan. Tidak semua permainan menggunakan papan yang sama, setiap permainan memiliki papannya sendiri dengan bentuk dan gambar yang berbeda. Saat ini ada banyak sekali jenis permainan papan yang populer di dunia, namun hanya beberapa yang termasuk paling populer. Inilah daftar 10 permainan papan paling populer di dunia. 

10. Backgammon

backgammon

Biarpun backgammon adalah permainan papan tertua yang pernah ada, namun permainan ini rupanya masih cukup populer di dunia. Untuk bisa memainkan backgammon diperlukan 2 pemain dimana masing-masing pemain harus mengumpulkan bidak lebih dahulu sebelum lawan. Banyaknya bidak yang dapat dipindahkan tergantung berdasarkan nilai dadu yang keluar. Tidak hanya membutuhkan strategi, pemain juga membutuhkan keberuntungan agar bisa menjadi pemenang.

9. Othello

othello

Othello atau mungkin yang lebih dikenal dengan nama reversi merupakan sebuah permainan papan populer yang dimainkan oleh 2 orang. Permainan yang menggunakan strategi untuk menang ini menggunakan bidak berwarna hitam dan putih dimana pemain harus memilih salah satu warna sebelum bermain. Tujuan dari permainan ini adalah sebisa mungkin pemain harus mengubah warna bidak lawan menjadi warna yang sama dengan dirinya. Akhir dari permainan ini adalah pemain yang memiliki warna paling banyak, dialah yang menang.

8. Ular Tangga

ular tangga

Permainan papan ini merupakan permainan paling populer yang sering dimainkan oleh anak-anak. Permainan ini diciptakan sekitar tahun 1870 dan dapat dimainkan oleh 2 orang bahkan lebih. Permainan ini tidak memiliki bentuk yang pasti, setiap orang dapat menciptakan papan ular tangga sesuai kreasinya sendiri. 1 orang pemain hanya bisa mengontrol 1 bidak dan untuk menentukan seberapa jauh bidak tersebut boleh berjalan adalah dengan melempar sebuah dadu. Siapaun yang bisa mencapai kotak terakhir maka dialah yang menang.

7. Four Horses

the four horses game

Permainan yang dalam bahasa Perancis bernama jeux des quatres cheveaux ini juga dimainkan di Quebec namun dengan nama berbeda yakni Tuck. Dimainkan oleh 4 orang, permainan ini mengharuskan pemainnya untuk melempar sebuah dadu untuk menentukan seberapa banyak langkah yang dapat mereka lakukan. Pemenang ditentukan apabila pemain berhasil mengumpulkan seluruh pion kuda kembali ke rumah.

6. Yut Nori

yut nori

Sedikit bergeser sedikit dari Jepang menuju Korea, terdapat suatu permainan papan yang cukup populer dari Korea yang dinamakan Yut Nori atau dalam bahasa Koreanya dikenal dengan nama cheok-sa atau sa-hee. Permainan yut nori ini biasa paling sering dimainkan pada saat tahun baru di Korea. Tidak seperti permainan papan pada umumnya, yut nori ini juga terkadang digunakan untuk menentukan nasib seseorang. Dimainkan oleh 2 tim atau lebih, permainan akan dimulai setelah salah satu tim sudah melemparkan stik. Pemain hanya diperbolehkan bergerak sesuai dengan nilai yang muncul dari stik. Bila stik yang dilempar menghadap ke atas maka nilai akan akan lebih besar.

5. Go

go

Bagi penggemar negeri sakura tentunya sudah mengenal permainan catur go ini. Permainan yang aslinya berasal dari Cina ini merupakan permainan yang sangat populer di Jepang. Dimainkan oleh 2 orang, tujuan dari permainan ini adalah untuk menguasai papan sebanyak-banyaknya. Pemain dengan wilayah terbesarlah yang menjadi pemenang. Diketahui bahwa dalam permainan carut go ini terdapat beberapa rangking pemain yang menandakan tingkat skill mereka. Di dalam sebuah turnamen go, untuk dapat naik peringkat, seorang pemain harus mengalahkan sejumlah pemain yang rangkingnya setara atau diatasnya.

4. Scrabble

scrabble

Scrabble merupakan salah satu permainan terkenal di dunia dimana permainan ini menggunakan papan dengan motif kotak sebanyak 15x15. Permainan scrabble ini merupakan permainan yang cukup seru untuk dimainkan sampai dengan 4 orang. Tujuan permainan scrabble adalah para pemain saling beradu kemampuan, dimana yang paling banyak membentuk kata, dialah yang keluar sebagai pemenang. Kata yang digunakan biasanya kata yang sudah diketahui orang banyak dan berada di kamus. Tidak hanya mengasyikan, scrabble juga dapat menambah kosakata para pemain.

3. Checkers

checkers

Chekcers atau yang lebih dikenal dengan nama draughts adalah salah satu permainan papan yang membutuhkan strategi untuk bisa menang. Permainan checkers ini dimainkan oleh 2 orang pemain, dimana pemain memilih bidak mana yang akan dipilih, putih atau hitam. Untuk meraih kemenangan, pemain harus memakan bidak lawan dengan cara melompati bidak lawan dengan bidak kita. Pemain dengan bidak yang habis terlebih dahulu adalah yang kalah.

2. Monopoli

monopoli

Berasal dari Amerika dan telah ada sejak 1903, permainan juga sudah sangat populer di dunia. Tidak hanya dimainkan oleh anak-anak, bahkan orang dewasapun menyukai permainan ini. Permainan monopoli ini minimal dimainkan oleh 2 orang. Monopoli mengajarkan pemainnya bagaimana caranya untuk membangun ekonomi yang baik dan benar. Jika salah satu pemain sudah kehabisan dana atau bangkrut, maka pemain tersebut dinyatakan kalah. Pemain yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah pemain dengan jumlah uang yang paling banyak.

1. Catur

catur

Catur adalah permainan papan yang sudah sangat dikenal di dunia. Tidak hanya dimainkan oleh orang yang sudah berpengalaman, catur juga cukup banyak dimainkan oleh para pemula. Diperkirakan permainan catur ini sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu. Catur dimainkan oleh 2 orang diatas sebuah papan bermotif kotak hitam-putih dengan total kotak sebanyak 64. Masing-masing pemain menguasai 16 bidak catur dimana terdiri dari 1 raja, 1 ratu, 2 benteng, 2 ksatria/kuda, 2 menteri dan 8 prajurit. Tiap bidak catur tersebut memiliki motif jalan yang berbeda-beda. Tujuan dari permainan catur adalah mengalahkan raja milik lawan, jika raja milik lawan berhasil dikalahkan maka permainan langsung selesai.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas