home -> Unik -> 10 Perilaku Aneh Dan Unik Yang Hanya Ada Di Indone...
22 Juni 2018 06:40

10 Perilaku Aneh Dan Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Oleh reagan dalam Unik pada February 17, 2016

Bagi orang-orang yang hidup di Indonesia tentunya sudah tidak aneh lagi melihat kebiasaan atau perilaku unik yang dilakukan oleh orang Indonesia. Saking uniknya perilaku tersebut bisa membuat siapapun yang melihatnya menggelengkan kepalanya. Dari sekian banyak perilaku aneh orang indonesia tersebut ada 10 perilaku yang dianggap paling aneh dan unik. Berikut adalah daftar 10 hal aneh dan unik yang hanya ditemui di Indonesia.

10. Aparat Keamanan Tidak Bertugas Dengan Baik

aparat keamanan

Dari sekian banyak hal aneh yang sering ditemukan di Indonesia, ternyata aparat keamanan pun juga kadang turut melakukan hal yang bisa membuat orang heran. Padahal sudah jelas tugas dari aparat keamanan adalah menertibkan masyarakat, namun tidka jarang juga malah aparat keamanan malah membiarkan pelanggaran terjadi dan bahkan malah ikut-ikutan melanggar peraturan.

Contoh simplenya saja adalah jalur buswa. Jelas sudah bahwa jalur busway hanya boleh dilalui oleh bus Transjakarta, tapi ketika macet, para polisi malah mempersilahkan kendaraan lain untuk masuk ke dalam jalur busway sehingga buswaypun terkena efek macet.Contoh lainnya adalah parkir sembarangan. Terkadang ketika tidak menemukan tempat parkir, polisi kemudian akan mencari tempat kosong lain yang memungkinkan untuk memarkir mobil. Dan tempat kosong tersebut adalah trotoar.

9. Ada Uang, Masalah Selesai

uang segalanya

Bagi kalian yang melakukan kesalahan di Indonesia tapi kalian memiliki banyak duit, kalian bisa tenang karena Anda akan lolos dari hukuman. Coba lihat saja beberapa contoh kasus  kecelakaan yang pernah terjadi di Indonesia. Ketika yang menjadi korban adalah orang biasa dan yang sebenarnya menjadi tersangka adalah orang kaya, akhir dari drama tersebut pasti sudah bisa ditebak oleh semua orang. Dengan kekuatan uang, semua cerita bisa menjadi diputar balik. Yang salah menjadi benar, yang benar menjadi salah. Jadi bagi kalian yang banyak uang, tinggal saja di Indonesia karena hidup kalian akan bahagia.

8. Nasi Merupakan Makanan Paling Penting

makan nasi

Nasi telah menjadi makanan pokok bagi orang Indonesia sejak dahulu. Namun ada satu hal aneh dan unik tentang nasi yang terjadi di Indonesia. Orang Indonesia kebanyakan menganggap sebanyak apapun makanan yang dimakan tapi jika tanpa nasi, hal tersebut belum dikatakan sebagai makan. Katakanlah Anda sudah memakan kentang goreng, hamburger, pizza, dan kue tart, hal tersebut belumlah dikatakan sebagai makan karena Anda belum memakan nasi. 

7. Tulisan Lucu Di Truk

tulisan lucu

Jika kalian mengendarai kendaraan dan berjumpa dengan truk, ketika kalian melihat bagian belakang truk pasti ada tulisan yang dapat membuat orang yang membacanya tertawa. Entah siapa yang memulai hal aneh tersebut. Tapi tampaknya hal tersebut ini tidak terlalu mengganggu orang lain. Malah sebaliknya dapat menjadi bahan hiburan bagi siapa saja yang melihat dan membacanya.

6. Yang Salah Lebih Galak

yang salah lebih galak

Tidak perlu heran dengan hal unik dan aneh satu ini, dimana yang salah akan lebih galak daripada yang tidak salah. Contohnya saja ketika aparat keamanan menertibkan parkir liar di jalanan dengan cara mencabut pentil ban. Bukannya pemilik motor mengakui kesalahan dan meminta maaf, malah aparat keamanannya yang dimarahi. Hal lainnya lagi adalah para pemotor yang naik ke trotoar ketika jalan macet. Sudah jelas trotoar untuk pejalan kaki tapi pemotor tidak perduli dan tetap memacu motornya. Membunyikan klakson sampai menyerempet pejalan kaki menjadi hal yang biasa yang ditemui di Indonesia

5. Kurang Bisa Membaca

tidak bisa membaca

Seperti banyak yang sedang diperbincangkan baru-baru ini masalah suatu film dengan genre dewasa. Sudah jelas bahwa film tersebut ditujukan untuk penonton dewasa, bahkan penjual tiketpun sudah memberi larangan bagi yang belum cukup umur. Namun tampaknya orang Indonesia selalu bisa saja mencari alasan untuk menonton film tersebut. Hasilnya sudah pasti diketahui, kritikan pedas dan protes keras ditujukan kepada pihak yang menayangkan film tersebut. Padahal sudah jelas tertulis peringatan dan larangan tapi tetap saja ditonton.

Bukan hanya itu saja, tentunya kalian pasti thau bahwa di bungkus rokok ada tertulis bahaya yang ditimbulkan oleh rokok. Tapi apa itu membuat orang mengurungkan niat untuk merokok? Jelas tidak. Sama halnya juga dengan rambu-rambu lalu lintas. Yah mungkin saja orang Indonesia kurang mendapat pendidikan yang cukup ketika sekolah.

4. Selfie Dimanapun Dan Kapanpun

selfie

Selfie merupakan kebiasaan unik yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Namun khusus di Indonesia nampaknya kebiasaan ini sangat sulit untuk ditinggalkan. Saking sukanya dengan selfie sampai membuat orang lupa diri akan batasan-batasan dalam melakukan selfie. Ada yang melakukan selfie saat wisuda, selfie saat di pemakaman orang, bahkan yang lebih mantap lagi adalah selfie saat ada serangan bom teroris. Entah apa yang orang tersebut pikirkan ketika selfie, mungkin mereka berpikir dengan semakin banyak selfie membuktikan bahwa mereka adalah anak yang eksis atau gaul.

3. Pandai Melihat Peluang

berdagang di trotoar

Pandai melihat peluang, mungkin itulah kalimat yang cocok ditujukan untuk orang Indonesia. Bagaimana mungkin hal tersebut dapat terjadi? Coba kita lihat saja trotoar di pinggir jalan, pasti seringkali kita temukan para pedagang yang berjualan diatasnya. Pemandangan unik ini sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Padahal kita tahu bahwa ada peraturan bahwa trotoar tidak boleh digunakan untuk berdagang. Tidak hanya trotoar, lahan kosong milik orang lain saja bila lama tidak ditempati pasti akan langsung diisi dengan para pedagang. Kemampuan orang Indonesia dalam melihat peluang bisnis memang tidak diragukan lagi.

2. Semakin Di Depan, Semakin Bagus

melanggar lalu lintas

Semakin di depan, semakin bagus, mungkin salah satu hal unik yang ada di Indonesia ini terinspirasi dari slogan salah satu iklan motor di televisi "Yamaha Semakin Di Depan". Hal satu unik ini akan sering Anda jumpai ketika di lampu merah. Di sekolah kita pasti diajari bahwa kita harus berhenti di belakang garis putih untuk memberikan tempat bagi penyebrang jalan. Namun ternyata ilmu yang sudah dipelajari itu tidaklah berlaku di Indonesia. Orang menganggap selama itu jalanan, maka mereka berhak berhenti dimana saja. Berhenti semakin di depan, maka kita bisa paling duluan jalan. Yang lebih ekstrim lagi dimana biasanya para pemotor berhenti di depan palang pintu kereta api. Sudah jelas hal tersebut dapat membahayakan keselamatan mereka. Atau mungkin saja mereka ingin lebih cepat bertemu dengan Sang Pencipta?

1. Bergesernya Fungsi Lampu Lalu Lintas

lampu lalu lintas

Di Indonesia, lampu merah nampaknya sudah berubah fungsinya. Jika kalian yang pernah keluar negeri atau membaca buku pelajaran tentunya tahu jika lampu merah itu tandanya untuk berhenti, kuning tandanya untuk siap-siap berhenti, dan hijau untuk jalan. Sayangnya hal tersebut tidaklah berlaku di Indonesia. Di Indonesia semuanya telah berubah, lampu hijau kendaraan boleh jalan, lampu kuning menandakan untuk memcau kendaraan lebih cepat sebelum lampu merah menyala dan merah menandakan jalan terus apabila jalanan sepi atau tidak ada polisi. Suatu hal yang sangat unik dan aneh yang hanya terjadi di Indonesia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas