home -> Lainnya -> 10 Cara Dihargai Di Tempat Kerja
26 April 2018 03:07

10 Cara Dihargai Di Tempat Kerja

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 10, 2016

Rasa hormat sangatlah dibutuhkan di tempat kerja. Tanpa rasa hormat, serajin atau sepintar apapun yang Anda lakukan akan sia-sia. Dalam mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja di kantor bisa dibilang sulit dan juga mudah. Tapi jika Anda berniat untuk melakukannya, Andapun akan mendapat rasa hormat yang Anda inginkan dari rekan sekantor. Berikut ini adalah 10 cara mendapat rasa hormat di tempat kerja.

10. Dapat Diandalkan

Untuk bisa mendapatkan rasa hormat dari rekan kerja, tentunya mereka harus tahu kalau kamu itu merupakan pegawai yang bisa diandalkan. Bila Anda tidka bisa diandalkan, apa gunanya mereka menghormati Anda. Pegawai yang tidak bisa diandalkan hanya akan menjadi beban di tempat kerja. Jangan berharap mendapat rasa hormat dari para senior, bahkan dari para juniorpun, keberadaan Anda akan tidak dianggap.

9. Jangan Melempar Kesalahan

lempar kesalahan

Anda melakukan kesalahan? Akuilah kesalahan Anda secara jujur dan bernai. Jangan melempar kesalahan yang Anda buat kepada orang lain. Bagi rekan kerja Anda yang melihat tindakan Anda yang melempar kesalahan kepada orang lain, hal tersebut adalah hal yang memalukan dan dapat dengan sekejap menurunkan rasa hormat kepada diri Anda. Akui kesalahan Anda seberapa besarnya kesalahan tersebut akan lebih terhormat daripada Anda bersembunyi dan menunjuk orang lain sebagai tumbal.

8. Bertanggung Jawab

tanggung jawab

Mendapat tugas yang begitu banyak dari pimpinan pasti Anda merasa sangat malas sekali untuk mengerjakannya. Lepas rasa malas tersebut dan kerjakan tugas-tugas itu dengan penuh tanggung jawab. Jangan menunda-nunda pekerjaan itu walaupun deadline masih lama. Dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan tanpa melewati batas waktu akan membuat atasan Anda memberi nilai positif akan tanggung jawab yang telah Anda lakukan. 

7. Inisiatif

inisiatif

Jangan hanya duduk santai sampai atasan memberikan Anda tugas. Jika Anda memiliki waktu kosong, tanyalah atasan apakah ada yang bisa dikerjakan. Duduk diam di belakang meja memang menyenangkan tapi bila Anda berani untuk bertanya kepada atasan apakah ada tugas lain yang bisa dilakukan, hal tersebut akan membuat atasan Anda kagum akan inisiatif yang Anda miliki. Tidak hanya itu, secara perlahan-lahan tidak cuma atasan tapi juga rekan kerja akan mulai menghormati Anda.

6. Kerja Keras

kerja keras

Bila ingin menjadi karyawan yang dihormati oleh rekan sekerja, tentunya kita harus bisa tampil beda dengan memperlihatkan kerja keras kita di kantor. Lain caranya jika Anda hanya ingin menjadi pegawai biasa saja di kantor, Anda cukup bekerja santai dan terus bercanda dengan karyawan lain. Tapi perlu Anda ketahui bahwa dimanapun tempat Anda bekerja, hanya karyawan yang bekerja paling keraslah yang akan dihormati oleh rekan sekerja dan bahkan atasan.

5. Jadilah Pendengar Yang Baik

pendengar yang baik

Akan menjadi hal tidak baik apabila Anda tidak fokus dengan apa yang dibicarakan oleh rekan kerja atau bahkan atasan Anda. Baik yang dibicarakan itu hal penting atau hal biasa, biasakanlah untuk memberikan perhatian lebih terhadap apa yang mereka bicarakan. Bayangkan apabila Anda sedang berbicara tapi tidak ada yang mendengarkan. Anda pasti merasa tidak dihargai oleh mereka. Begitu juga sebaliknya yang dirasakan oleh orang lain apabila Anda tidak foksu mendengarkan.

4. Pengalaman Yang Terpenting

pengalaman

Anda mungkin saja lulus dengan nilai yang sangat tinggi. Anda bisa saja menyombongkan diri dengan segala kemampuan yang Anda punya. Tapi Anda tidak bisa melupakan bahwa itu semua tidaklah cukup bila Anda tidak memiliki pengalaman kerja. Di kantor, pasti ada beberapa karyawan yang mungkin saja terlihat biasa saja untuk Anda. Tapi Anda tidak bisa meremehkan mereka karena bisa saja mereka memiliki segudang pengalaman yang lebih banyak dari Anda. Hormatilah orang-orang seperti mereka. Pengalaman mereka yang telah makan asam garam di dunia kerja itulah yang jauh lebih berharga daripada segala kemampuan yang Anda miliki. 

3. Saling Support

saling support

Mungkin saja Anda selama ini selalu melakukan semua pekerjaan sendiri. Namun dalam dunia kerja, akan ada saatnya Anda harus bekerja dalam suatu tim. Bekerja dalam tim sangatlah menyenangkan karena Anda jadi bisa lebih tahu bagaimana rasanya saling mendukung satu dengan yang lain demi mencapai tujuan. Orang yang tidak saling mendukung anggota tim biasanya hanya akan dikucilkan dan kehilangan rasa hormat dari sesama anggota tim. 

2. Saling Menghormati

hormati rekan kerja

Ingin Anda dihormati oleh rekan kerja? Apakah Anda sudah menghormati mereka? Tentunya jika Anda ingin dihormati, sudah seharusnya Anda juga menghormati rekan kerja Anda terlebih dahulu. Ciptakan kesan pertama yang baik di awal Anda masuk kantor, niscaya pasti Anda akan mendapat balasan yang sama. Jangan hanya hormat kepada orang dengan posisi tertentu saja, tapi hormati juga sesama rekan kerja Anda yang juga baru masuk.

1. Jadilah Pegawai yang Pintar

be smart

Mungkin Anda adalah karyawan yang selalu bekerja keras, taat beragama, dan selalu masuk kantor tempat waktu, tapi semua itu tidak akan berguna apabila Anda tidak pintar. Tanpa kepintaran, semua yang telah Anda lakukan tidak akan membuat Anda dihormati oleh rekan Anda. Para senior, junior dan juga atasan akan mencari karyawan yang pintar yang bisa memecahkah segala masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Dengan kepintaran yang Anda miliki tersebut, Anda bisa memberikan solusi yang tepat bagi perusahaan. Dan itu bisa membuat Anda mendapat tambahan poin.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas