home -> Lainnya -> 10 Benda Yang Harus Dibawa Ketika Ke Luar Negeri
18 Juli 2018 08:06

10 Benda Yang Harus Dibawa Ketika Ke Luar Negeri

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 03, 2016

Sebelum pergi ke luar negeri tentunya kita harus menyiapkan rencana apa saja yang mau kita lakukan disana dan benda apa saja yang harus dibawa. Tentunya kita tidak ingin jika liburan kita menjadi terganggu apabila kelupaan membawa sesuatu. Dalam bepergian ke luar negeri tersebut ada beberapa benda penting yang wajib untuk dibawa. Berikut ini adalah daftar 10 benda yang harus dibawa ketika ke luar negeri.

10. Novel dan Majalah

book

Sungguh tidak menyenangkan rasanya jika harus menunggu pesawat tiba atau berangkat. Untuk mencegah kebosanan tersebut, seliipkan beberapa buku atau majalah kesukaan Anda ke dalam tas. Atau bisa juga Anda membeli bahan bacaan di salah satu toko yang ada di bandara. Buku menjadi salah satu dari benda penting yang bisa Anda baca untuk mengisi waktu bosan Anda. Masih lebih membaca buku daripada memainkan salah satu gadget yang Anda bawa.

9. Buku Catatan dan Alat Tulis

notebook and pen

Bawalah buku catatan kecil dan alat tulis dalam perjalanan Anda. Buku catatan ini selain berguna untuk mencatat hal-hal penting selama perjalanan Anda, bisa juga digunakan untuk mencatat segala rencana yang akan Anda lakukan. Catat juga segala pembayarna yang telah Anda lakukan selama bepergian. Catatan ini bisa saja bisa menjadi bahan pertimbangan apabila Anda ingin merencakan kembali mengunjungi negera tersebut.

8. Kompas

compass

Kompas menjadi salah satu benda penting yang juga wajib Anda bawa ketika bepergian. Apalagi ketika Anda melakukan perjalanan sampai ke daerah terpencil. Bepergian di negeri asing sampai tersesat adalah suatu hal yang memalukan. Beruntungnya kita hidup era modern dimana bila kita tidak bisa menemukan kompas, kita bisa mencarinya lewat aplikasi di smartphone. Walaupun tentunya lebih bagus apabila kita menggunakan kompas yang sebenarnya daripada di smartphone karena baterai smartphone suatu saat bisa saja habis.

7. Perlengkapan Digital

digital stuff

Sangatlah penting untuk membawa perlengkapan digital dalam perjalanan apabila Anda ingin perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan. Pastikan charger, kabel, handphone, kamera, tablet, laptop, baterai cadangan dan colokan universal sudah Anda masukkan ke dalam tas. Isi semua baterai alat digital Anda sehari sebelumnya sampai penuh. Jangan sampai ketika ingin menggunakan handphone, Anda harus sibuk mencari colokan listrik karena lupa mengisi baterainya.

6. Pakaian Lebih

extra clothes

Persiapkan pakaian yang akan Anda bawa dalam perjalanan liburan Anda. Jangan lupa untuk melihat perkiraan cuaca sebagai bantuan dalam memilih pakaian. Tentunya Anda tidak ingin acara jalan-jalan Anda menjadi berantakan karena membawa pakaian yang tidak sesuai dengan keadaan cuaca di negeri tempat tujuan Anda. Selalu siapkan juga pakaian lebih sebagai antisipasi keadaan darurat.

5. Tas

travel bag

Tidak mungkin kita ke luar negeri tanpa membawa perlengkapan apapaun. Perlengkapan yang segitu banyaknya tentu dibutuhkan wadah untuk membawanya. Untuk itulah gunanya dari tas travel. Anda bisa tentukan perlengkapan apa saja yang akan Anda bawa dan masukkan ke dalam tas. Jangan lupa pastikan tas yang digunakan dapat menampung semua barang keperluan Anda selama Anda bepergian. Siapkan juga tas ukuran lebih kecil sebagai tas yang Anda gunakan sehari-hari ketika berada diluar negeri.

4. Panduan Perjalanan

guide book

Bepergian ke suatu negara yang baru tentunya akan membutuhkan buku panduan perjalanan. Pastikan buku panduan yang Anda bawa berisikan informasi berguna atau Anda akan tersesat di negeri orang. Pastikan ada info tempat wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi, info mengenai kendaraan umum yang dapat digunakan, serta jangan lupa untuk membawa kamus bahasa apabila Anda kesulitan dalam bercakapan dengan warga lokal.

3. Obat-Obatan

medicine

Bermasalah dengan kesehatan? Sebelum bepergian jauh ada baiknya Anda meyiapkan obat-obatan khusus yang Anda butuhkan. Perhatikan jenis obat apa yang akan Anda bawa tersebut. Beberapa bandara memiliki peraturan ketat akan obat apa saja yang diperbolehkan untuk dibawa terutama apabila bentuk obat tersebut adalah cairan. Bila takut disangka membawa obat terlarang, Anda bisa saja menyiapkan surat keterangan obat dari apotek atau juga dari dokter.

2. Uang

money

Pastikan sebelum Anda pergi ke luar negeri untuk menyiapkan mata uang yang sesuai dengan negera yang Anda kunjungi. Perhitungkan jumlah uang yang Anda bawa agar tidak perlu repot lagi menukarkan uang di tempat penukaran mata uang. Selalu siapkan juga uang lebih sebagai antisipasi bila ada keperluan mendadak. Walaupun sudah menyiapkan uang cash, jangan lupa juga menyediakan kartu kredit sebagai alat pembayaran darurat. Tentunya pastikan kartu kredit yang dibawa juga bisa digunakan.

1. Dokumen Penting

passport

Tentunya Anda tidak ingin perjalanan ke luar negeri menjadi terhambat karena tidak membawa dokumen penting seperti passport atau visa. Passport dan visa merupakan dokumen penting yang wajib Anda bawa ketika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Masih beruntung jika Anda kelupaan membawa benda-benda ini ketika masih di negeri asal, apabila dokumen penting seperti hilang setelah Anda tiba di negera asing, Anda akan mendapatkan masalah yang besar. Ada beberapa orang yang menyarankan untuk jangan lupa memfotokopi dokumen penting ini untuk masalah keamanan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas