home -> Lainnya -> 10 Cara Mengontrol Emosi Anda
17 Januari 2017 00:16

10 Cara Mengontrol Emosi Anda

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 01, 2016

Sungguh sangat memalukan bila kita melihat orang yang tidak sanggup mengontrol emosi mereka di depan umum. Tapi bagaimana bila hal tersebut terjadi pada diri kita? Bagaimana kalau ternyata kita juga termasuk orang yang tidak bisa mengontrol emosi? Namun kalian tidak perlu takut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol emosi. Inilah artikel 10 cara mengontrol emosi Anda.

10. Cari Samsak Tinju

samsak tinju

Beberapa orang mungkin ada yang sering mengalami masalah dengan emosinya sheingga terkadang dapat dengan mudah terlibat dengan perkelahian.Emosi yang seperti itu sangat mudah merusak hubungan dengan orang sekitar Anda. Jika Anda tidak bisa mengatasi masalah dengan emosi, bisa saja Anda mencari samsak tinju sebagai sasaran dari emosi Anda. Tiap kali emosi Anda meningkat. Anda bisa memukul samsak sekeras yang Anda bisa. Samsak tinju ini bisa menjadi cara terbaik untuk meredakan emosi yang meningkat daripada Anda harus memukul orang. 

9. Mengambil Timeout

mengambil timeout

Sebelum kemarahan Anda meledak, cobalah ambil sedikit waktu untuk beristirahat sejenak. Bukan hanya anak kecil saja yang membutuhkan waktu beristirahat tapi orang dewasa juga butuh waktu istirahat. Dengan beristirahat 1 atau 2 jam setidaknya bisa membuat perasaan jauh lebih tenang dan pikiran lebih jernih. Jika kita memgambil keputusan dalam keadaan emosi tidak stabil, hanyha akan membuat hasil yang dicapai tidak memuaskan.

8. Berpikir Dahulu Sebelum Berbicara

berpikir dahulu

Emosi sedang naik? Coba ambil waktu sebentar untuk berpikir. Apa yang ingin Anda katakan saat keadaan emosi sedang naik? Apakah kata tersebut sudah tepat? Bila ternyata tidak, Anda sudah melakukan kesalahan besar dengan membiarkan emosi Anda mengambil alih pikiran Anda. Berbicara ketika emosi sedang tidak stabil hanya akakn membuat segala sesuatu menjadi semakin buruk. Dan biasanya kata yang Anda ucapkan adalah kata-kata kasar yang bisa menyakiti perasaan orang. Bila itu sudah terjadi, akan sulit untuk bisa memperbaiki situati tersebut.

7. Minum Air Putih

minum air putih

Ketika keadaan emosi sudah semakin panas, minumlah segelas air untuk mendinginkan emosi Anda. Minumlah segelas air dingin, tidak perlu menggunakan es batu. Dengan meminum segelas air dingin merupakan cara efektif lain untuk meredakan emosi yang sedang meningkat. Orang pada jaman dulu yang memiliki masalah dengan emosi biasa menyimpan air dalam gelas perak di bawah bulan purnama. Mereka percaya bahwa energi bulan yang terkurung dalam gelas perak dapat membantu untuk meredakan emosi.

6. Meditasi

lakukan meditasi

Merasa kesulitan mengontrol emosi? Ada sebaiknya Anda mencoba lakukan yoga atau meditasi. Selain berguna untuk kesehatan, bagi para orang yang mengalami masalah emosi, meditasi bisa menjadi salah satu solusi ampuh untuk mengontrol emosi. Dalam meditasi, Anda bisa saja sembari mendengarkan musk relaksasi. Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup luangkan mungkin 30-60 menit meditasi sampai emosi Anda reda. Baru setelah itu Anda bisa melakukan aktivitas Anda dengan kepala yang lebih dingin.

5. Pikirkan Sesuatu Yang Lucu

hal lucu

Memikirkan sesuatu yang lucu juga bisa Anda lakukan sebagai cara untuk meredam emosi. Coba ingat beberapa adegan lucu dari film yang pernah Anda tonton. Atau bisa juga cerita lucu dari sebuah buku atau teman Anda. Pokoknya sebisa mungkin bayangkan suatu hal yang lain yang bisa meredam emosi Anda. Cara ini bisa terbilang cukup efektif, karena tidak mungkin seseorang tidak memiliki suatu hal lucu dalam hidupnya.

4. Bernyanyi

bernyanyi

Bila Anda tipe orang yang suka berteriak ketika sedang emosi, mungkin Anda bisa mencoba salah satu cara mengontrol emosi dengan cara bernyanyi. Anda bisa menghabiskan seluruh suara Anda dengan bernyanyi. Mungkin Anda bisa juga mengajak beberapa teman untuk bernyanyi bersama Anda. Cara ini merupakan cara yang sangat baik ketimbang Anda berteriak kepada orang. Siapa tahu saja ternyata Anda memiliki bakat terpendam sebagai penyanyi.

3. Cukupi Tidur

cukupi tidur

Banyak peneliti mengatakan bahwa kurang tidur selain dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, dapat juga berpengaruh pada kondisi emosi seseorang. Menurut para peneliti, kurang tidur dapat meningkatkan rasa stress dalam pikiran. Rasa stress yang semakin terkumpul dapat membuat emosi orang menjadi tidak stabil dan mudah marah. jadi tidur bukan hanya bagus untuk kesehatan tapi juga bermanfaat untuk menjaga tingkat stress orang.

2. Berbicara Dengan Orang Lain

konsultasi dengan orang lain

Kesulitan dalam mengontrol emosi bisa saja diatasi dengan mencari seseorang yang Anda percaya untuk diajak berkomunikasi. Anda bisa dengan bebas membicarakan hal apa yang bisa membuat Anda marah. Mungkin saja teman yang Anda pilih tersebut memiliki solusi yang mungkin lebih baik daripada Anda. Anda juga bisa bertukar pikiran apakah tingkat emosi yang Anda miliki masih dalam batas wajar apa tidak. 

1. Cari Tempat Tenang

tempat tenang

Tinggalkan pusat keramaian, coba cari suatu tempat yang sepi dan tenang utnuk menyendiri. Berada di tempat keramaian hanya memperbesar kemungkinan emosi meledak. Kita tentunya tidak ingin emosi kita meledak di tempat umum. Di tempat umum akan banyak orang yang mungkin tidak bersalah bisa menjadi sasaran kemarahan kita, dan kita tidak ingin sama sekali hal tersebut terjadi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas