home -> Lifestyle -> 10 Cara Meningkatkan Stamina
22 Agustus 2017 16:03

10 Cara Meningkatkan Stamina

Oleh reagan dalam Lifestyle pada January 29, 2016

Tanpa stamina yang cukup, manusia akan mudah merasa lelah dalam menghadapi kerasnya aktivitas sehari-hari. Namun bukan berarti kita tak bisa berbuat apa-apa dengan stamina yang lemah itu. Terdapat beberapa cara yang bisa orang lakukan untuk meningkatkan stamina yang lemah. Beberapa cara tersebut sangatlah mudah dan sederhana untuk dilakukan. Mari kita simak daftar 10 cara meningkatkan stamina berikut ini.

10. Istirahat

istirahat

Dari sekian banyak aktivitas yang dapat meningkatkan stamina, jangan pernah lupakan istirahat. Tanpa istirahat yang cukup, jangankan stamina meningkat, tubuh kita akan terasa sangat lama dan tak bertenaga. Layaknya mesin mobil yang butuh dimatikan, tubuh kita juga perlu diistirahatkan ketika sudah merasa lelah. Terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja hanya akan membuat tubuh menjadi sakit. Apalagi bila sering begadang di tengah malam. Cukupi tidur malam minimmal 7-8 jam untuk mendapatkan tubuh yang lebih segar.

9. Long Slow Distance Run

Long slow distance run

Long slow distance run berarti berlari dalam kecepatan sedang untuk memastikan tubuh membakar lemak dengan optimal, mengurangi rasa lelah dan juga mengurangi resiko cidera. LSD meningkatkan kinerja jantung, memperkuatnya sehingga dapat memompa darah dan oksigen lebih banyak untuk suplly tenaga bagi otot. Manfaat dari LSD adalah meningkatkan pembakaran lemak dan juga meningkatkan ketahanan tubuh baik dari kerasnya aktivitas fisik maupun penyakit.

8. Berjalan

berjalan

Di semua majalah kesehatan manapun pasti telah membahas betapa bermanfaatnya aktivitas ini. Hanya bermodalkan sepatu berlari dan dilakukan secara rutin, tidak hanya meningkatkan stamina, berjalan juga dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan juga mengurangi stress. untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, Anda bisa saja menambahkan kecepatan berjalan Anda atau bisa juga menambah jarak tempuh.

7. Berlari Di Tangga

belari di tangga

Latihan simple ini sangat mudah dilakukan dan memberikan manfaat yang banyak hanya saja banyak orang yang telah melupakan aktivitas ini. Aktivitas simple dengan naik turun tangga sangat bermanfaat dalam melatih stamina dan juga otot kaki. Layaknya berlari menaiki jalan yang menanjak, kegiatan satu ini sama sekali tidak membutuhkan biaya. Lakukan secara rutin dan gunakan interval waktu, maka stamina Anda dijamin akan semakin kuat.

6. Berenang

berenang

Bila tidak menyukai angkat beban, berenang bisa menjadi allternatif lain untuk melatih stamina. Tidak hanya dapat meningkatkan stamina, berenang juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh terutama di bagian bahu, pinggul dan seputar leher. Dikarenakan air memiliki resistan yang lebih tinggi daripada udara, hal tersebut dapat memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras. Bila ingin hasil yang lebih maksimal lagi, kombinasikan berenang dengan diet yang tepat, maka Anda bisa meraih tubuh impian yang Anda inginkan.

5. Angkat Beban

angkat beban

Selama ini banyak orang menganggap angkat beban hanya olahrag khusus untuk para pegulat. Namun pendapat itu adalah salah besar. Saat ini banyak sekali orang baik itu pria dan wanita yang melakukan angkat beban. Tidak hanya meningkatkan kekuatan otot, dengan metode yang tepat, maka stamina tubuhpun akan meningkat. Otot tubuh yang semakin terlatih membuat orang dapat dengan mudah melewati tantangan fisik dan tidak cepat lelah. 

4. Jogging

jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga termurah dengan sejuta manfaat. Berlari dalam tempo yang lambat, jogging sangat berguna dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Apabila jopgging dilakukan rutin akan memberikan banyak manfaat lain seperti menguatkan tulang, memperkuat otot dan tentu saja meningkatkan stamina Anda. Sama halnya dengan bersepeda, untuk semakin meningkatkan stamina, selalu tambahkan jarak tempuh Anda dalam jogging. Jika satu hari Anda jogging dengan menempuh jarak 2km, hari berikutnya buat target menjadi 4km.

3. Bersepeda

bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu pilihan terbaik bagi orang yang ingin meningkatkan stamina.Bersepda telah terbukti membantu manusia menyelesaikan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Tidak perduli apakah itu bersepeda statis atau bersepeda biasa, manfaat yang didapatkan tetaplah sama. Selalu catat berapa banyak Anda bersepeda setiap harinya. Fokus terhadap jarak tempuh bila Anda ingin meningkatkan stamina. 

2. Berlari

berlari

Pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa para atlit jarang sekali merasa lelah. Layaknya melihat orang yang tidak pernah kehabisan tenaga. Salah satu kunci mereka selalu bertenaga adalah dengan berlari. Berlari dapat meningkatkan stamina seseorang dan juga menyehatkan jantung. Dengan berlari setiap hari, tubuh dan terutama lagi jantung akan terus menerus dilatih sehingga semakin kuat. Jangan merasa takut apabila Anda tidak bisa berlari secepat atau sejauh seperti para atlit. Lakukan lari dalam kecepatan yang dapat Anda lakukan dan dengan jarak tertentu. Bila dilakukan secara rutin, stamina Anda pasti akan meningkat.

1. Circuit Training

circuit training

Circuit training adalah salah satu jenis latihan yang berfokus pada lebih dari 2 otot tubuh yang berbeda dalam periode waktu yang pendek. Latihan circuit training tidaklah jauh berbeda dengan aerobik hanya saja menggunakan tempo yang sedikit lebih cepat daripada aerobik. Karena kegiatan circuit training merupakan latihan yang cukup intens, maka latihan ini dapat meningkatkan stamina seseorang dalam waktu yang cepat. Tidak hanya dapat meningkatkan stamina, circuit training juga dapat meningkatkan kekuatan otot.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas