home -> Kepribadian -> 10 Tips Menciptakan Kesan Pertama Yang Baik
17 Desember 2017 07:27

10 Tips Menciptakan Kesan Pertama Yang Baik

Oleh reagan dalam Kepribadian pada January 29, 2016

Kesan pertama merupakan hal penting bagi setiap orang dalam melanjutkan suatu percakapan atau hubungan. Orang yang meninggalkan kesan buruk tentunya akan mengalami kesulitan dalam melanjutkan hubungan dengan seseorang. Untuk menciptakan kesan pertama yang baik ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah 10 tips menciptakan kesan pertama yang baik.

10. Perhatikan Lawan Bicara

perhatikan lawan bicara

Selalu perhatikan lawan bicara Anda apapun yang mereka bicarakan meskipun topik yang dibicarakan tidaklah menarik. Kombinasikan eye contact dan juga bahasa tubuh untuk bisa menampilkan kesan yang positif. Pendengar yang baik tentunya selalu fokus dengan apa yang lawna bicaranya bicarakan. Jangan ragu untuk bertanya atau mengeluarkan pendapat Anda. Tentunya kita berbicara setelah lawan bicara kita selesai berbicara. Memotong pembicaraan orang sangatlah tidak bagus.

9. Tepat Waktu

tepat waktu

Tidak ada hal lain yang dapat membuat Anda jelek selain terlambat dalam suatu pertemuan. Baik itu telat 5 atau 10 menit, telat adalah telat, dan belum tentu semua orang dapat menerima alasan keterlembatan Anda. Selalu perhitungkan waktu perjalanan yang akan Anda tempuh, jangan pernah datang ke suatu acara atau tempat dengan waktu yang mepet. Lebih baik datang terlalu cepat daripada datang telat dan membiarkan orang lain menunggu kedatangan kita. Waktu adalah sesuatu yang berharga yang tidak bisa dikembalikan.

8. Gaya Berpakaian

gaya berpakaian

Gunakan gaya pakaian yang sesuai dengan kepribadian Anda. jadilah diri sendiri yang unik dan menarik. Selalu mengikuti perkembangan dunia fashion dapat menjadi solusi Anda untuk memilih gaya berpakaian yang tepat. Selain itu juga perhatikan kerapian dan kebersihan pakaian yang Anda gunakan. Meskipun mengikuti gaya berpakaian yang terbaru tapi apabila pakaian yang Anda gunakan kotor,bau, dan kumal, jangankan berbicara, dekat dengan Andapun orang akan merasa enggan.

7. Bahasa Tubuh

body language

jangan pernha melupakan postur tubuh ketika sedang dalam percakapan. Dengan postur tubuh, orang dapat menilai tingkat kepercayaan diri dan mood Anda. Contohnya adalah posisi bungkuk. Membungkuk menandakan bahwa Anda merupkan orang yang tidak percaya diri dan merasa terancam. Jagalah postur tubuh tepta tinggi dan tegak. Posisikan tangan dan kaki lurus, jangan pernah menyilangkan tangan atau kaki. Hal tersebut dapat menurunkan citra Anda di hadapan orang.

6. Eye Contact

eye contact

Tatap mata lawan bicara Anda bila Anda menghormati mereka. Dengan menatap mata mereka secara langsung itu berarti bahwa Anda menghargai dan menghormati apa yang lawan bicara katakan. Kita tentunya merasa kesal apabila orang yang berbicara dengan kita tidak fokus pada kita, mata melihat ke kiri atau ke kanan seolah menandakan bahwa mereka tidak ingin berbicara dengan kita. Hal tersebut juga sama dengan apa yang orang lain rasakan apabila kita tidak fokus terhadap mereka. Tentunya kita ingin menampilkan kesan pertama yang positif dalam suatu pertemuan bukan? jadi usahakan untuk jaga eye contact dengan siapapun yang Anda ajak berbicara.

5. Santai

santai

Salah satu cara dalam menciptakan kesan yang baik dalam suatu percakapan atau pertemuan dengan orang adalah santai. Tentunya kita sering mendengar kalimat, hewan dapat merasakan rasa takut lawannya. Sama halnya seperti manusia. Orang dapat dengan mudah menilai apakah kita sedang santai atau tegang. Kunci untuk mendapatkan sikap yang tenang adalah dengan mengontrol cara bernapas. Coba untuk tenangkan pikiran atau atur napas agar Anda bisa lebih tenang. Walaupun Anda sedang tegang tapi usahakan jangan tunjukkan ketegangan itu di hadapan orang.

4. Jadi Diri Sendiri

jadi diri sendiri

Jangan pernah meminjam karakter atau sifat orang lain dalam bertemu dengan seseorang. Hal itu hanya akan membuat Anda terjebak dalam dunia orang lain yang belum tentu Anda nyaman menjalaninya. jadilah diri sendiri, entah itu baik atau jelek, yang terpenting Anda sudah tampil apa adanya. Meskupin ada bagian dari diri Anda yang tidak Anda sukai, tapi karena Anda berani untuk menunjukannya, ada kemungkinan orang tetap bisa menerima Anda dan memberikan nilai tambahan akan kejujuran yang Anda miliki.

3. Individualist

individualist

Jika kalian merasa apa yang kalian pilih adalah benar, jangan pernah ragu untuk tetap bertahan pada pilihan Anda. Orang yang melihat sifat individualist seperti itu tanpa segan-segan akan memberikan kesan pertama yang positif. Orang yang hanya selalu mengikuti suara mayoritas biasanya hanya dianggap orang biasa saja yang tidak punya arah dan tujuan. Walaupun tidak semua orang seperti itu, namun bisa tetap berpegang teguh dengan apa yang Anda percayai ,itu membuktikan berarti Anda berani untuk tampil beda walaupun bertentangan dengan orang banyak.

2. Jaga Sikap

jaga sikap

Sikap adalah segalanya, itulah yang dikatakan oleh banyak orang. Tanpa adanya sikap yang baik, akan sangat sulit seseorang bisa meraih perhatian dari lawan. Ini tentunya akan berdampak buruk pada waktu yang akan datang. Bisa saja lawan bicara jadi tidak mau untuk terus melanjutkan hubungan dengan kita. Sebagai contoh simplenya adalah, usahakan selalu menyapa orang yang baru dikenal dan dengan sedikit senyuman. Hal simple tersebut sudah dapat memberikan kesan positif dari kita.

1. Senyum

senyum

Selalu awali percakapan dengan senyuman. Dengan sebuah senyuman dapat memberikan kesan positif bagi lawan bicara Anda. Selalu tersenyum ketika berbicara dengan orang dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang menarik dan juga ramah. Senyuman juga secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika berbicara dengan lawan bicara. Tidak perlu melakukan senyum yang terlalu lebar atau dipaksa. Melakukan senyuman dengan paksaan, orang pasti sudah bisa menebak bahwa kita tidak terlalu senang bertemu dengan mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh admin dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh raza dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh admin dalam Kepribadian
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh raza dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh admin dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas