home -> Lifestyle -> 10 Petinju Terbaik Sepanjang Masa
15 Oktober 2018 22:47

10 Petinju Terbaik Sepanjang Masa

Oleh reagan dalam Lifestyle pada January 27, 2016

Sekarang ini banyak petinju yang dianggap oleh banyak orang sebagai petinju terbaik yang pernah ada. Para petinju tersebut juga bisa terkenal karena memiliki gaya bertinju yang unik. Sebagai petinju terbaik, mereka semua telah berhasil menjuarai beberapa gelar di berbagai kelas. Penasaran siapa saja petinju terbaik dunia tersebut? Mari kita simak daftar 10 petinju terbaik sepanjang masa berikut ini.

10. George Foreman

George Foreman

Setelah puas akan masa jayanya, 10 tahun kemudian Foreman pun memutuskan untuk berhenti dari dunia tinju. Hanya kekalahan ketika melawan Muhammad Ali lah yang benar-benar menghancurkan tidak hanya fisik namun psikisnya. Ketika pada masa kejayaan Mike Tyson, Foreman pernah mengajukan tantangan pada Tyson. Namun Tyson menolak pertandingan tersebut dengan alasan "Foreman is just piece of cake". Mendengar hal itu, Foreman pun berkata kepada orang yang mewawancarinya bahwa sebenarnya Tyson hanya takut melawan dirinya.

9. Sugar Ray Leonard

Sugar Ray Leonard

Tidak diragukan lagi bahwa Sugar Ray Leonard adalah salah satu dari sekian banyak petinju terbaik yang pernah ada, khususnya dalam kelas welterweight. Leonard adalah seorang jenius yang dapat membaca pikiran dari setiap lawan yang dia hadapi di atas ring. Leonard akan melancarkan pukulan keras dan fatal kepada lawannya. Akibat dari pukulannya tersebut mengakibatkan lawannya akan segera mengatakan menyerah.

8. Marvin Hagler 

Marvin Hagler

Bermain di kelas yang sama dengan Floyd Mayweather, middleweight, sudah dipastikan Haglerlah yang akan dikenal sebagai petinju terbaik sepanjang masa. Lahir di New Jersey 23 Mei 1954, Hagler mengubah namanya menjadi Marvelous Marvin Hagler. Setelah dirinya memutuskan untuk mengakhiri karirnya sebagai petinju, Hagler berpindah menuju Itali. Di Itali, Hagler memulai karir baru dengan membuat film dengan budget yang rendah.

7. Archie Moore

Archie Moore

Selain dikenal sebagai atlit tinju, Archie juga dikenal sebagaoi orang yang memiliki kepribadian baik. Rekor luar biasanya selama berlaga diatas tinju dengan berhasil menang sebanyak 181 kali, 145 KO membuat banyak orang mengatakan bahwa Moore lah atlit tinju terbaik sepanjang masa. Hanya jika Moore masih hidup dan tetap muda, tikan ada petinju dengan kelas yang sama akan berhasil mengalahkannya.

6. Roy Jones

Roy Jones

Satu-satunya petinju yang memulai karir di kelas light middleweight yang kemudian naik peringkat dan berhasil meraih gelar juara heavy world champion. Setiap orang yang melihat pertandingan Jones mengatakan bahwa petinju terbaik ini memiliki kecepatan pukulan yang tidak dimiliki oleh petinju jaman sekarang. Tidak hanya sekedar cepat, namun pukulan Roy Jones juga terkenal keras. Montell Griffin yang pernah berlatih bersama Floyd Mayweather berpendapat, Floyd mungkin petinju tercepat di era ini, namun kecepatannya tidak sebanding bila dibandingkan dengan Roy Jones. 

5. Joe Louis

Joe Louis

Dijuluki dengan sebutan Brown Bomber, pria bernama lengkap Joseph Louis Barrow dianggap pantas menjadi salah satu petinju terbaik sepanjang masa. Pertandingannya yang tidak akan pernah dilupakan adalah ketika Louis bertanding melawan Max Schmeling. Di pertandingan itu, Jopo mendapat perlawanan keras dari Schmeling. Schemling yang memberikan banyak pukulan keras, dibalas dengan 1 pukulan oleh Louis ke arah dagu dan berhasil membuatnya kalah KO. Dan yang lebih membuat pertandingan itu sulit dilupakan adalah, Joe mengalahkan Schmeling hanya dalam 1 round.

4. Julio Cesar Chavez

Julio Cesar Chavez

Layaknya para petinju lain, Chavez mengawali karirnya sebagai peintju amatir di usianya yang baru 16 tahun. Di tempat asal kelahirannya Meksiko, Chavez sudah dianggap sebagai pahlawan negara tersebut. Semua prestasi yang diraihnya tidak dapat disaingi oleh petinju manapun pada eranya. Dengan memenangi 104 pertandingan dan 80 kali berhasil mengKO lawannya, mengokohkan dirinya sebagai salah satu petinju terbaik sepanjang masa.

3. Henry Armstrong

Henry Armstrong

Petinju luar biasa yang sanggup membawa pulang 3 gelar juara dunia tinju dalam waktu yang bersamaan, dialah Henry Armstrong. Ketiga gelar bergengsi itu adalah gelar yang diperolehnya dalam beberapa kelas yang berbeda yakni featherweight, lightweight, dan welterweight. Dalam mempertahankan gelarnya tersebut. petinju yang lahir pada 12 Desember 1912 selalu melakukan latihan berat yang mungkin petinju lain lakukan. Segala latihan dan usaha keras Armstrong terbukti dengan beberapa kali usahanya dalam mempertahankan gelar welterweightnya. Gelar welterweightnya tersebut berhasil dipertahankan setelah menghalahkan banyak sekali petinju.

2. Muhammad Ali

Muhammad Ali

Petinju kelas heavyweight asal Kentucky ini merupakan seorang petinju terbaik sepanjang masa yang terkenal akan gaya bertinjunya yang unik. Ali memiliki gaya tinju unorthodox dimana kedua tangannya tetap diposisi rendah dan selalu mengandalkan kecepatan kakinya untuk menghindar dari serangan lawan. Lahir pada tahun 1942, Ali telah mengoleksi banyak gelar kemenangan dengan 56 kali kemenangan, 37 diantaranya berhasil mengalahkan lawannya dengan KO.

1. Sugar Ray Robinson

Sugar Ray Robinson

Bagi orang yang hidup di era 1940 sudah pasti mengenal nama Sugar Ray Robinson. Robinson melakukan debut awal di dunia tinju pada 4 Oktober 1940 dan dianggap sebagai petinju terhebat di masa itu. Sebagai petinju yang terkenal di era 40an, Robinson telah mengalahkan banyak petinju lain dan mencipttakan rekor kemenangan yang cukup fantastis. Semasa hidupnya itu Robinson telah memenangi sebanyak 179 pertandingan dengan 109 kali KO.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas