home -> Lainnya -> 10 Pekerjaan Yang Dapat Dilakukan Di Dalam Penjara
18 Juli 2018 07:54

10 Pekerjaan Yang Dapat Dilakukan Di Dalam Penjara

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 27, 2016

Di beberapa penjara yang ada di dunia, para tahanan masih diberikan hak dan kesempatan untuk melakukan suatu pekerjaan atau belajar beberapa hal yang dapat membuat mereka berkembang. Seperti pada beberapa penjara berikut ini,  para tahanan masih diperbolehkan untuk bekerja. Apa saja pekerjaan yang dapat mereka lakukan? Mari kita simak daftar 10 pekerjaan yang dapat dilakukan di dalam penjara berikut ini.

10. Petugas Kebersihan

petugas kebersihan

Tidak ada tempat manapun yang tidak butuh petugas kebersihan, bahkan di dalam penjara sekalipun. Di penjara, petugas kebersihan telah dianggap menjadi suatu pekerjaan penting. Mengepel dan menyapu menjadi suatu pekerjaan yang ternyata perlu pelatihan. Beberapa penjara ada juga yang berperan ganda sebagai fasilitas pembuangan limbah. Semua kegiatannya pun dikerjakan oleh para tahanan. Diharapkan dengan bekerja sebagai petugas kebersihan ketika berada di dalam penjara, para tahanan menjadi mempunyai bekal pengetahuan bagaimana caranya membersihkan kebersihan suatu tempat. 

9. Kewiraswastaan

wiraswasta

Para kriminolog di seluruh dunia berpendapat bahwa jauh lebih mudah dan menguntungkan untuk mengedukasi para pelaku kriminal ketimbang memenjarakan mereka. Oleh karena alasan itulah pendidikan menjadi satu hal penting yang harus disediakan di dalam penjara. Seperti contoh penjara yang berada di Finlandia, para tahanan diberi izin untuk mengakses komputer. Dimana hal tersebut dilakukan untuk mendalami materi pendidikan yang dibutuhkan. Jadi, ketika mereka sudah melalui masa tahanan, mereka bisa memanfaatkan pendidikan yang telah mereka dapat selama berada dalam penjara.

8. Pemadam Kebakaran

pemadam kebakaran

Pekerjaan pemadam kebakaran bukanlah suatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Karena itulah para tahanan diberikan pelatihan khusus untuk bisa melakukan pekerjaan ini dengan benar. Di California, sebanyak 4.000 tahanan mendapat kesempatan untuk membuktikan pada orang-orang bahwa mereka sanggup melakukan suatu hal positif bagi lingkungan. Bagi para tahanan yang menerima pekerjaan tersebut biasanya mereka akan bekerja bersama dengan para pasukan militer, relawan sipil, dan para spesialis yang bepergian ke daerah yang rawan.

7. Agrikultur

agrikultur

Di beberapa penjara di sebagian negara menerapkan sikap kemandirian pada setiap tahanan. Hal tersebut menjadikan para tahanan untuk melakukan segala sesuatu kegiatannya sendiri, termasuk dalam hal mengurus makanan. Para tahanan harus bisa mengolah makanannya sendiri untuk bisa hidup. Karena itulah pendidikan tentang agrikultur menjadi modal penting untuk bisa bertahan hidup. Para tahaan diberikan kebebasan untuk menanam apapun yang nantinya bisa untuk dimasak. Bagi yang memiliki hobi agrikulturan pun juga ikut turut serta dalam pekerjaan itu. 

6. Operator Alat Berat

operator alat berat

Beberapa penjara yang memiliki lahan pertanian yang luas tentunya akan membutuhkan peralatan berat seperti traktor untuk bisa mengolah ladang. Tentunya peralatan berat tersebut akan dibutuhkan tenaga kerja seperti mekanik dan orang yang bisa mengendarainya. Disinilah peran para tahanan akan digunakan. Pekerjaan sebagai operator dan mekanik alat berat menjadi salah satu pekerjaan yang bisa digunakan para tahanan untuk mengisi waktu luang mereka di penjara.Untuk bisa melakukan pekerjaan ini, para tahanan akan diberikan pelatihan serangkaian ujian terlebih dahulu. Hanya para tahanan yang telah lulus ujian dan bersetifikat yang bisa mengoperasikan alat berat.

5. Ahli Bangunan

ahli bangunan

Untuk mengasah kemampuan dari para tahanan ,pihak penjara pun menyediakan banyak sekali lapangan pekerjaan yang sekiranya dapat berguna bagi para tahanan. Seperti pekerjaan yang ditwarkan satu ini, ahli bangunan. Para tahanan akan diberi pengajaran bagaimana caranya memasang pipa air, memasang sirkuit listrik, mengecat, dan bahkan membangun bangunan. Dengan diajarkan kemampuan memperbaiki bangunan dan lainnya, setidaknya bila ada masalah dengan bangunan penjara, para tahanan ini bisa dimanfaatkan kemampuannya.

4. Teknologi Informasi (Pemrograman)

teknologi informasi

Berbicara tentang pekerjaan terutama yang berhubungan komputer, siapapun pasti tidak menyangka bahwa seorang tahanan dapat diberi izin untuk belajar tentang komputer terutama dalam hal pemrograman. Di era yang semakin maju, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di biang IT. Namun karena kurangnya stok para ahli IT, maka para pengajar bekerja sama dengan beberapa penjara untuk memberikan bekal pengetahuan di bidang IT untuk para tahanan. 

3. Konseling

konseling

Cara paling baik yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sifat dari tahanan adalah dengan cara memberikan edukasi dan juga rehabilitasi. Para pembimbing percaya bahwa hanya melalui cara rehabilitasi dapat memberikan keuntungan bagi para tahanan. Rehabilitasi memberikan kesempatan lain bagi bagi para tahanan untuk bisa meilihat suatu masalah dari sudut yang lain. Bagi yang merehabilitasi juga dapat lebih jauh mengenal kepribadian para tahan, bagaimana cara pola pikir mereka dan juga alasan kenapa mereka melakukan tindak kriminal. 

2. Pelatih Hewan

pelatih hewan

Pekerjaan sebagai pelatih hewan dapat memberikan manfaat tersendiri bagi para tahanan terutama bagi psikologi mereka.Bekerja bersama dengan para hewan daopat membantu para tahanan untuk mengatasi masalah emosional mereka dan juga dapat mengurangi tekanan selama berada di dalam penjara. Dengan melatih para hewan akan memberikan tahanan pandangan bagaimana cara mengkoreksi sikap yang salah. Jika biasanya para tahanan yang akan mendapat koreksi dari orang lain, kali ini para tahanan mendapat kesempatan untuk bisa merasakan bagaimana sulitnya untuk mengajarkan sesuatu yang benar pada hewan. 

1. Seni Kuliner

seni kuliner

Di setiap penjara pasti memiliki dapur dan juga para koki yang bertugas untuk mengurus makanan. Di dapur inilah kesempatan bagi para tahanan untuk belajar tentang kuliner terbuka lebar. Para tahanan akan diberi pelajaran tentang aneka masakan dari berbagai wilayah berbeda, bagaimana cara memotong yang benar, menggunakan microwave, tata cara plating dan hal lainnya yang berhubungan dengan masak-memasak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas