home -> Top -> 10 Teknologi Masa Depan yang Ditunggu Setiap Orang
30 September 2014 16:45

10 Teknologi Masa Depan yang Ditunggu Setiap Orang

Oleh admin dalam Top pada March 04, 2013

Perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah cepat. Teknologi yang dulunya hanyalah candaan sekarang sudah diwujudkan sebagai sesuatu yang nyata. Tapi di antara hal tersebut masih ada teknologi yang belum terwujud. Pada artikel ini kita akan melihat 10 penemuan teknologi masa depan yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Mana yang sudah berada di depan mata, dan mana yang masih dalam impian belaka?

10. Mobil Tanpa Pengemudi (Driverless Car)

Anda adalah orang modern yang sangat sibuk. Anda sering berpergian dengan mobil pribadi, tetapi Anda juga sibuk dengan aktivitas seperti makan, mengerjakan tugas, membaca, teks, berbicara di telepon, gunting kuku, makeup dan sebagainya. Singkatnya, Anda membutuhkan mobil tanpa pengemudi atau Driverless Car.

Walaupun proyek pengembangan ini telah ada sejak lama, tetapi yang paling terdepan dalam hal teknologi mobil robotik adalah Google si Perusahaan Raksasa Mesin Pencari Internet. Google berhasil mengembangkan mobil prototype tidak berpenumpang yang dilaporkan telah berjalan sejauh 200.000 mil (sekitar 321 ribu kilometer) pada jalan California.

Sekarang ini Google hanya menunggu pemerintah dan hukum negara menyetujui pengujian lebih lanjut, tapi masih tidak jelas apakah masyarakat umum dapat membeli mobil ini. Yah setidaknya harus diuji di Indonesia, khususnya Jakarta dulu dengan jalanan yang sangat 'menantang' ini.

9. Mobil Terbang (Flying Car)

Jalanan sangat rame dan padat, apalagi di kota Jakarta, Indonesia ini. Oleh karena itulah kita membutuhkan alternatif lain yang masih terbuka lebar, yakni langit. Daripada seperti biasa mengemudi pada ketinggian umum di tanah dengan mobil umumnya juga, pasti lebih baik mengemudi di langit dengan ketinggian yang lebih tinggi dengan mobil terbang.

mobil terbang

Tetapi kita mungkin harus lebih menerima kenyataan bahwa ini mungkin impian yang sangat lama. Karena mengemudi mobil di langit berbeda dengan pesawat di langit, bayangkan jika mobil terbang sudah banyak diproduks dan tidak ada peraturan terbang maka berapa banyak kecelakaan yang mungkin terjadi? Ya, negara harus mendukung peraturan terbang tersebut dan itu sangat lama.

Konsep dari mobil terbang ini juga merupakan sesuatu yang tabu karena banyaknya kebohongan dan lelucon yang ada. Jadi untuk sekarang ini, teknologi ini tidak dapat disentuh umat manusia.

8. Jetpack Pribadi (Personal Jetpack)

Sudah waktunya setiap dari kita memiliki jetpack yang merupakan impian para pemimpi masa depan karena mereka sangat menakjubkan. Tapi yang kita bicarakan di sini juga bukan jetpack biasa yang terbang secara perlahan, bukan FANpack melainkan benar-benar JETpack.

personnal jetpack

Perasaan menggunakan jetpack akan setara dengan adrenalin yang terpacu pada saat mengendarai motor pada jalanan lapang dan terbuka tanpa adanya batasan bahwa Anda harus berbelok karena jalanan berliku.

Sama halnya seperti mobil terbang, hanya saja Anda dapat menikmati pemandangan dan Anda tidak perlu mengendarai benda yang besar hanya benda kecil seukuran tubuh Anda, yang juga mengizinkan Anda berpergian dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat cepat.

7. Kota Bawah Air (Underwater City)

Laut menawarkan manusia misteri yang sangat luas. Walaupun manusia telah berhasil memperluas pengetahuan mereka akan kedalaman laut tetapi tetap saja misteri ini menawarkan manusia kekagumannya tersendiri. Jika hal ini memang terjadi, maka kota atau negara bawah air bukan lagi impian.

kota bawah laut

Memang banyak desain mengenai hal ini sudah diajukan, seperti Hotel Bawah Laut Dubai tapi itu hanya mencakup sedikit orang yang dapat tinggal di sana. Yang kita bicarakan di sini adalah kota, dan masyarakat luas dapat tinggal di sana.

Ini bukanlah sesuatu yang murah, melainkan sangat mahal dan juga memang tidak terlalu dibutuhkan. Tidak ada kondisi yang mengharuskan manusia tinggal di bawah laut. Mungkin karena inilah teknologi ini masih cukup jauh.

6. Makanan dalam Bentuk Pil (Food in a Pill)

Makan makanan enak mungkin menarik untuk dinikmati secara perlahan-lahan dan Anda memang punya waktu untuk itu. Bagaimana jika makanan yang Anda makan tidak enak dan Anda adalah orang yang sangat sibuk dengan moto Anda 'waktu adalah uang'? Makanan dalam bentuk pil adalah solusi dari pertanyaan ini.

makanan dalam bentuk pil

Ide ini telah ada selama bertahun-tahun sebagai impian fiksi. Masalahnya adalah seseorang perlu mengetahui bagaimana cara agar manusia mendapatkan nutrisi yang cukup dari kapsul, pil atau tablet yang dimana dapat dikatakan tidak mungkin. Ini juga tidak terbatas hanya kepada nutrisi, orang tersebut harus mempertimbangkan protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan sebagainya agar Anda tetap sehat.

Lagian, selalu makan pil juga tidak dapat dikatakan hidup walaupun Anda adalah orang sibuk. Rasa pil juga umumnya tidak enak.

5. Robot Pembantu (Robot Maids)

Yang kita bicarakan di sini bukanlah robot yang sebatas membersihkan debu atau dengan tugas spesifik membersihkan wilayah tertentu, melainkan sebuah robot yang mampu membantu manusia memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Di antaranya adalah membersihkan rumah, toilet, dan memasak.

Robot Maid

Agar robot tersebut dapat berinteraksi dengan baik, maka robot tersebut harus mampu untuk melakukan pembelajaran sosial. Si robot mempelajari perilaku manusia dan mensimulasikannya. Singkatnya, walaupun bentuk mereka tidak harus seperti manusia, mereka harus otonom.

Mungkin yang paling dekat dengan teknologi ini adalah robot pembersih debu Roomba, si robot kecil, bulat dan selalu dekat dengan lantai.

4. Komputer yang lebih Pintar Dari Manusia

Banyak film fiksi telah menunjukkan bagaimana perilaku komputer yang lebih pintar dari manusia. Sebagai contoh film jaman dulu 2001 : A Space Odyssey (HAL), Resident Evil (White Queen), dan masih banyak lainnya. Yah kebanyakan memang berakhir dengan komputer yang berusaha menguasai umat manusia, tapi tidak dapat dibantah jika teknologi ini ada maka banyak pekerjaan manusia yang sangat terbantu.

komputer yang lebih pintar dari manusia

Selama bertahun-tahun, banyak penemu dan engineer yang berusaha mewujudkan hal ini, tapi co-founder Microsoft Paul Allen mengekspresikan keraguannya akan hal ini. Ia mengatakan "otak manusia bekerja dalam cara yang tidak dapat diprediksi." Ia juga mengatakan bahwa ahli saraf saja belum mengerti secara penuh cara kerja otak apalagi menciptakannya.

3. Android (Humanoid Robot)

Jika manusia dapat menciptakan robot pembantu atau komputer yang lebih pintar dari manusia seperti pada poin sebelumnya, mungkin menciptakan Android atau Robot yang menyerupai manusia bukan lagi impian.

Android

Mereka dapat berperilaku, berbicara dan berpikir seperti manusia, bahkan bentuk mereka serupa dengan manusia. inilah yang kita bicarakan di sini, bukan sebatas robot dengan bentuk lingkaran dan kotak.

Android mungkin dapat berpikir seperti manusia dan berprilaku seperti manusia, tapi bagaimana dengan perasaannya? Jika Android tidak memiliki perasaan seperti manusia, maka ini dapat dikatakan sebagai awal mula dari akhir umat manusia. Bayangkan, robot dapat berpikir seperti manusia dan mereka akan berpikir 'untuk apa mereka mematuhi umat manusia yang lebih bodoh dari mereka?'.

2. Exoskeletons

Sebuah baju yang fit dengan tubuh Anda, memperbolehkan Anda untuk memiliki kekuatan seperti superhero. Berlari sangat cepat, melompat dengan ketinggian yang luar biasa, anti peluru seperti Superman. Terlebih jika memperbolehkan Anda mempunyai super-senses seperti Spiderman. Perasaan seperti ini pasti sangat menakjubkan.

exoskeleton

Jika baju ini berhasil diciptakan, maka pekerjaan yang tadinya membutuhkan banyak orang sekarang hanya membutuhkan satu orang, yaitu Anda sendiri dan dalam waktu yang lebih cepat.

Tapi mungkin tidak semua orang dapat mengenakan pakaian ini jika memang ada, jika semua orang dapat memakai ini maka dunia akan berada dalam kekacauan. Penjahat Anti Peluru dengan kekuatan Superman? Woww... Jelasnya ini adalah impian yang sangat tinggi dan mungkin dapat dikatakan tidak mungkin diciptakan.

1. Kehidupan Hologram (Holographic Life)

Hidup dalam dunia dengan kemajuan teknologi pesat dan implementasi teknologi pada semua benda di sekitar Anda. Bahkan semuanya bersifat hologram. Ini adalah impian semua pemimpi teknologi masa depan, tidak terbatas kepada tampilan 3 dimensi pada layar melainkan hologram dalam seluruh benda yang ada di dunia.

Berikut video imajinatif dengan impian teknologi semua orang berada di dalamnya.

Mungkin teknologi yang paling dekat dengan teknologi ini adalah Google Glasses, kacamata yang memeperbolehkan Anda merekam apa yang Anda lihat dengan sensornya tersendiri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas