home -> Lainnya -> 10 Universitas Tertua Di Dunia
25 Juni 2019 00:18

10 Universitas Tertua Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada December 17, 2015

Mempertahankan pengembangan pendidikan untuk sebuah universitas bukanlah hal yang mudah, tapi universitas-universitas tertua berikut ini berhasil melakukan hal tersebut hingga sejak zaman dahulu kala. Semakin tua umur sebuah universitas pasti pengalaman yang dimiliki staff dan osrganisasi universitas tersebut semakin terjamin. Berikut adalah daftar 10 universitas paling tua yang ada di dunia ini.

10. Universitas Cambridge, Inggris - 1209

University of Cambridge

Banyak dari Anda pasti sudah sering mendengar nama universitas satu ini. Sering dipandang sebagai universitas elite dunia, Universitas Cambridge juga ternyata masuk sebagai salah satu universitas tertua di dunia yang merupakan universitas paling tua kedua di Inggris. Universitas Cambridge selalu secara konsisten masuk dalam daftar 5 universitas terbaik di dunia.

Universitas yang juga merupakan saingan dari Universitas Oxford ini telah menghasilkan 85 hadiah nobel dengan memiliki 31 universitas yang berada di bawah naungannya. Salah satu tradisi unik dari universitas ini adalah mahasiswa atau pelajar yang memiliki nilai terendah biasanya akan diberikan sebuah hadiah yang berupa sendok kayu.

9. Universitas Montpelier, Perancis - 1150

University of Montpellier

Walaupun diperkirakan bahwa Universitas Montpelier didirikan pada tahun 1150, namun tidak sedikit orang yang menganggap bahwa universitas ini aslinya memiliki tanggal pendirian yang jauh lebih tua. Alasannya adalah universitas ini merupakan universitas gabungan universitas-universitas lain yang digabung menjadi satu atas perintah Pope Nicholas IV. Oleh karena itu beberapa bagian universitas ini diperkirakan memiliki umur yang jauh lebih tua.

Universitas Montpelier pernah ditutup pada saat revolusi Perancis tahun 1973. Namun kembali berfungsi kembali pada tahun 1810 hanya dengan 2 fakultas yang aktif pada saat itu yakni fakultas science dan surat. Untuk mengikuti perkembangan jaman, universitas yang sudah cukup tua ini direnovasi kembali, tepatnya pada tahun 1969 dengan mata kuliah yang dikhususkan hanya untuk science dan teknologi. 

8. Universitas Oxford, Inggris - 1096 

University of Oxford

Sama seperti universitas sebelumnya, tahun 1096 ini bukanlah tahun eksak melainkan hanya sekedar bukti yang menyatakan bahwa universitas ini diketahui telah beroperasi sejak tahun 1906, namun tidak diketahui kapan tepatnya ia mulai beroperasi.

Pada tahun 1167, Raja Henry II membuat sebuah kebijakan dimana semua pelajar Inggris dilarang untuk kuliah di Universitas Paris (lihat di bawah). Hal tersebut menyebabkan peningkatan jauh pada mahasiswa Universitas Oxford. Kemudian pada masa kerajaan Henry III, Universitas Oxford mendapatkan pengakuan resmi dari kerjaan yang membuatnya adalah universitas tertua di Inggris.

Banyak dari Anda mungin sudah tahu bahwa selain sebagai universitas yang sudah berdiri cukup lama, Universitas Oxford juga adalah salah satu universitas terbaik di dunia yang menduduki setidaknya daftar 50 universitas terbaik dunia. Hingga sekarang diketahui bahwa universitas Oxford telah meraih 58 penghargaan nobel.

7. Universitas Paris, Perancis - 1096

University of Paris

Diperkirakan bahwa universitas ini telah berdiri sejak tahun 1096. Sekarang ini nama Universitas Paris sudah tidak digunakan lagi dan lebih dikenal dengan nama College de Sorbonne, yag terbagi menjadi 13 universitas sejak tahun 1970. Berlokasi dekat dengan Gereja yang sangat terkenal, yaitu Gereja Notre Dame. College de Sorbonne memiliki 4 fakultas penting yang sangat dikenal sebagai keunikan dari Universitas ini yaitu fakultas seni, obat-obatan, hukum, dan juga teologi (ilmu keagamaan). Berbeda dengan universitas-universitas tua lainnya di daftar ini, universitas satu ini berada di bawah naungan gereja dan bergerak berdasarkan peraturan yang dibuat oleh mereka, bukan pemerintah. 

6. Universitas Bologna, Italia - 1088

University of Bologna

Merupakan institut pendidikan tertinggi di Barat dan dikenal sebagai universitas terkemuka yang memiliki banyak inovasi di bidangnya bahkan hingga zaman era perang dunia. Universitas Bologna mempunyai sejarah yang mengagumkan dan dipandang sebagai langkah penting bagi dunia pendidikan di Barat. Contohnya pada saat era perang dunia dimana universitas inilah yang mengajarka bagaimana cara penggunaan meriam dan ilmu hukum perdata. Telah ada sejak abad ke-11, Universitas Bologna sekarang ini juga adalah salah satu universitas terbaik dunia yang memiliki 23 sekolah dan lebih dari 85.000 siswa.

5. Al Nizamiyya of Baghdad, Iran - 1065

Al Nizamiyya

Al Nizamiyya of Baghdad adalah universitas yang didirikan oleh Kwaja Nizam Al-Mulk, perdana menteri kerajaan Seljuq Persia yang memiliki kekuasaan setidaknya selama 20 tahun. Pada awal abad ke-11 universitas ini merupakan bagian dari beberapa universitas lain yang didirikan oleh Al-Mulk, namun hanya universitas inilah yang paling sukses dan terkenal dibandingkan universitas-universitas tertua lainnya.

Universitas ini mengajarkan tentang puisi, namun sebagai ilmunya diajarkan melalui pengetahuan yang dibagikan secara langsung oleh satu orang dengan yang lain. Walaupun universitas ini sudah cukup lama, namun salah satu keunggulan unik dari universitas ini adalah semua pendidikan yang diajarkan di sini adalah pendidikan bebas tanpa biaya. Universitas ini berakhir di tahun 1258 karena kota Baghdad diserang dan universitas ini pun turut hancur dalam serangan itu. Walaupun begitu, ilmu pengetahuan yang ada di universitas ini tetap ada hingga sekarang karena disebut-sebut ia merupakan pelopor dari berbagai pendidikan modern sekarang ini.

4. Universitas Al-Azhar, Mesir - 970-972

Al Azhar

Sebagaimana universitas-unviersitas terkenal lainnya, Universitas Al-Azhar adalah juga adalah salah satu universitas ternama yang merupakan universitas tertua dunia, tepatnya merupakan Universitas Islam tertua yang ada di dunia dan masih beroperasi hingga sekarang ini.

Dimulai sebagai pusat pembelajaran sastra Arab, Islam Sunni, dan berbagai fokus keagamaan, saat ini universitas Al-Azhar juga mengajarkan berbagai pembelajaran Al-Quran dan juga tradisi bersama dari ajaran Nabi Muhammad. Namun tidak hanya mengenai ilmu-ilmu keagamaan, sekarang ini Universitas Al-Azhar juga mengajarkan banyak ilmu pengetahuan alam lainya. Salah satu hal paling menakjubkan dari universitas tua ini adalah perpustakaannya. Perpustakaan Universitas Al-Azhar telah dianggap sebagai harta karun dunia Islam dan telah diupayakan untuk dilestarikan secara online.

3. Universitas Al-Karaouine, Morocco - 859

Al Karaouine

Merupakan universitas paling tua kedua di dunia yang berada di Morocco dan juga masih beroperasional hingga sampai sekarang. Pertama kali didirikan oleh seorang perempuan bernama Fatima Al-Fihri. Pada awal mula universitas ini didirikan, mata kuliah yang diajarkan adalah ilmu pengetahuan alam. Hingga tahun 1957, telah banyak mata kuliah ilmu pengetahuan alam lainnya yang dimasukkan dalam portofolio mereka. Bangunan ini pada awalnya dibangun sebagai Masjid yang kemudian berkembang secara perlahan-lahan hingga terbesar sampai ke Afrika. Mengagumkannya adalah di universitas ini ada sebuah patung yang umurnya dikatakan sama dengan umur universitas itu sendiri karena telah ada bersama saat universitas ini dibangun.

2. Universitas Constantinople - 425

istanbul university

Universitas Constantinople ini ditemukan pada tahun 425 Masehi di Romawi Timur di bawah nama Pandidakterion oleh Kaisar Theodosius II. Di universitas tertua di dunia diajarkan 3 mata kuliah yaitu kedokteran, filsafat, dan hukum. Universitas yang di desain oleh Byzantine Arsitektur ini memiliki nama lain University of The Palace Hall of Magnaura. 

Setelah runtuhnya Constantinople pada tahun 1453, sultan Mehmet II pada saat itu kembali mendirikan University of Constantinople dan mengubah namanya menjadi Istanbul University. Istanbul University masih berfungsi sampai sekarang dan mengajar beberapa mata kuliah seperti kedokteran, matematika, astronomi, hukum, geografi, sejarah, dan masih banyak lainnya.

1. Universitas Nalanda, India - 600 SM

Nalanda University

Inilah universitas tertua yang ada di dunia, yaitu Universitas Nalanda dimana dikatakan telah ada sejak abad ke-6 Sebelum Masehi (SM). Universitas ini juga adalah satu-satunya universitas di dunia yang didirikan di era sebelum Masehi. Telah dihancurkan 3 kali sepanjang sejarah, dimana paling lama berdiri adalah selama 800 tahun. Sekarang, Universitas Nalanda dibangun kembali untuk meraih kembali masa-masa kejayaannya.

Sejarah dari universitas ini merupakan salah satu contoh kuat dari budaya India yang mengagumkan. Pada masanya, berbagai budaya dari berbagai belahan dunia akan datang ke tempat ini seperti contohnya Babylon, Suriah, Yunani, hingga China. Mata kuliah yang diajarkan juga sangatlah banyak hingga 68 mata pelajaran dengan minimal umur pembelajaran hanyalah 16 tahun. Beberapa subjek yang terkenal antara lain adalah Vedas (tulisan India kuno), bahasa, filosofi, obat-obatan, ilmu bedah, dan juga memanah. 

+ Universitas Salamanca, Spanyol - 1218

University of Salamanca

Sebagai gambaran seberapa tua Universitas Salamanca di Spanyol ini, maka kita harus melihat kembali kisah pelayaran penjelajah Italia ternama, Christopher Columbus. Ketika Christopher Columbus melakukan pelayarannya, ia tentunya harus mencari rute menuju Hindia. Untuk mendapatkan rute tersebut, ia harus melakukan konsultasi pada seorang ahli geografi yang berasal dari sebuah universitas bernama Universitas Salamanca. Ya, tidak lain adalah salah satu universitas tertua di dunia ini.

Diresmikan pada tahun 1218, mendapatkan nama resmi universitasnya pada tahun 1225. Leonese King Alfonso IX membangun tempat ini untuk memberikan orang-orang sebuah tempat pendidikan tinggi untuk belajar tanpa harus pergi keluar kota. Saat ini Universitas Salamanca dikenal sebagai universitas tertua yang mengajarkan mengenai bahasa dan nilai-nilai kemanusiaan. Universitas ini juga menjadi pilihan utama bagi orang yang ingin belajar bahasa Spanyol. Hola?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas