home -> Lifestyle -> 10 Bahaya Rokok Yang Harus Kamu Ketahui Dan Alasan...
14 November 2018 11:34

10 Bahaya Rokok Yang Harus Kamu Ketahui Dan Alasannya

Oleh reagan dalam Lifestyle pada December 11, 2015

Merokok itu Tidak Baik, adalah kata-kata yang sangat sering sekali kita dengar baik di dunia nyata ataupun berbagai media lain. Di antara banyaknya komplikasi yang dapat ditimbulkan rokok, mungkin beberapa dari Anda hanya dapat menyebutkan 1-2 masalah saja. Apa saja sebenarnya alasan rokok dapat berbahaya bagi tubuh manusia? Berikut 10 alasan mengapa rokok disebut berbahaya.

10. Membuat Mata Buta

mata buta

Mungkin bagi kebanyakan orang, merokok hanya dapat mebahayakan paru-paru saja tapi ternyata beberapa riset yang dilakukan oleh peneliti di CDC (Centers for Disease Control) mengatakan hal lain yang tidak akan Anda sangka. Berdasarkan riset-riset diketahui bahwa ternyata asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru namun juga dapat membahayakan kesehatan mata. Menurut CDC, asap rokok dapat meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makular, dan juga kerusakan saraf optik yang akhirnya dapat berujung dengan kebutaan.

9. Membuat Napas Bau

napas bau

Ini bukanlah hal yang baru lagi. Salah satu alasan mengapa para perokok sering dihindari dan dipandang buruk adalah karena sederhanya mereka memiliki nafas yang tidak sedap alias bau. Tapi bukan hanya bau rokok, melainkan juga ternyata rokok dapat menyebabkan bau mulut parah yang sulit untuk dihilangkan.

Selain diketahui dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam mulut, merokok juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan infeksi tenggorokan yang akhirnya mengarah aroma tidak sedap pada rongga mulut. Alasan lain dari bau mulut ini adalah karena rokok dapat menyebabkan sariawan, serta langit-langit mulut para perokok akan sering tertutup residu rokok yang menyebabkan bintik-bintik merah di langit-langit mulut.

8. Membuat Noda Pada Gigi

noda gigi

Rokok itu mengandung tar dan itulah hal yang paling sering dibicarakan sebagai salah satu materi rokok paling berbahaya. Tar sendiri merupakan sejenis bahan kimia yang juga dapat ditemukan pada batu bara, kayu, hingga gambut. Pada mulut manusia, Tar akan melekat di gigi dan hal itu tidaklah mudah untuk dihilangkan baik dengan sikat gigi ataupun berkumur. Inilah alasannya mengapa biasanya para perokok akan memiliki noda-noda rokok pada gigi mereka.

Selain meninggalkan warna kuning pada gigi, merokok juga dapat meningkatkan produksi air liur yang menyebabkan Tar tersebut semakin tersebar di dalam mulut. Ini juga alasan mengapa para perokok sering meludah.

7. Membuat Tulang Rapuh

tulang rapuh

Beberapa studi yang telah dilakukan menemukan bahwa merokok dapat mengurangi jumlah kalsium pada tulang. Berkurangnya jumlah kalsium dapat mengakibatkan kepadatan tulang akan semakin berkurang dan mengakibatkan salah satu penyakit tulang yang paling sering terdengar, yaitu osteoporosis serta nyeri sendi. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan berkurangnya kekuatan gigi di rahang bagian bawah.

Selain mengakibatkan tulang yang rentan patah, penyembuhan luka atau cidera dari para perokok juga biasanya akan lebih lama jika dibandingkan dengan non-perokok. Pada wanita merokok juga dapat mempengaruhi hormon estrogen. Salah satu manfaat dari hormon estrogen ini sendiri adalah untuk wanita yang sudah berumur, mereka dapat mencegah terjadinya retak pada tulang.

6. Disfungsi Ereksi

erectile dysfunction

Apabila Anda adalah perokok dan mulai merasakan sulitnya ereksi maka ada kemungkinan bahwa rokoklah yang menjadi penyebab utama susahnya ereksi. Sulitnya ereksi pada pria ini terjadi karena rokok menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang mengarah langsung kepada sulitnya mempertahankan ereksi (karena merokok menurunkan sirkuliasi darah pada penis). Zat kimia yang terkandung dalam rokok juga mempengaruhi sirkulasi darah yang menuju penis, serta juga menyebabkan terjadinya penyumbatan di arteri yang menghambat aliran darah ke bagian intim para pria.

5. Menyebabkan Ejakulasi Dini dan Masalah Libido

premature ejaculation

Masih terkait dengan hal seksual. Merokok dapat menyebabkan apa yang disebut dengan ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri adalah kondisi umum yang biasanya dialami oleh kebanyakan pria berumur, tapi ternyata kasus ejakulasi dini cukup sering ditemukan pada pria muda yang senang merokok. Alasan ejakulasi dini dapat terjadi adalah karena merokok dapat mengganggu sirkulasi darah, menurunkan ketahanan kelamin pria, penyakit jantung, serta stamina yang berkurang. Bila semua faktor tersebut digabung menjadi satu maka akan berakibat terganggunya sistem reproduksi laki-laki yang berakhir dengan ejakulasi dini. 

Di samping itu, penelitian yang dilakukan di University of Arizona menyatakan bahwa selain mempengaruhi stamina pria, merokok juga secara langsung dapat mempengaruhi gairah seksual pria. Studi lain yang serupa juga dilakukan di University of Kentucky menemukan bahwa pria perokok baik walaupun mereka masih muda, akan mengalami kurangnya rasa tertarik untuk melakukan aktivitas seksual ketimbang pria yang idak merokok.

4. Merusak Paru-Paru

paru paru

Di dalam rokok ada banyak sekali berbagai zat kimia berbahaya yang dapat melekat ke paru-paru, sirkulasi udara manusia, dan keseluruhan tubuh. Mudahnya, Anda dapat melihat perbandingan antara paru-paru sehat dan paru-paru perokok pada gambar di atas. Zat-Zat yang melekat pada paru-paru tersebut dapat menyebabkan penyumbatan sehingga menyebakan kesulitan bernapas serta menurunkan fungsi paru-paru dalam mempertahankan asupan oksigen di tubuh kita.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru seperti COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease), empisema, bronkitis kronis, infeksi paru-paru, asma, dan juga meningkat resiko seseorang terserang TBC.

3. Melemahkan Jantung

jantung lemah

Selain paru-paru, rokok juga berpengaruh besar pada jantung manusia. CDC mengatakan bahwa seorang perokok memiliki resiko sampai 4 kali lebih besar terserang penyakit jantung koroner dan stroke dibandingkan orang yang tidak merokok. Alasannya adalah karena zat kimia yang terkandung pada rokok dapat membuat darah menjadi lebih kental yang dapat berujung terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Rokok juga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah serta turunnya tekanan darah.

Jadi bayangkan sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang menyempit, darah yang kental, teknan darah yang berkurang, serta penyumbatan-penyumbatan pada aliran-aliran darah. Apa yang akan terjadi?

2. Menyebabkan Keriput dan Penuaan Dini

penuaan dini

Setiap manusia pasti akan menjadi tua dan hal itu tidak dapat dipungkiri, namun kita terus berusaha untuk melawannya. Baik dengan menggunakan krim wajah, diet, hingga operasi plastik semua itu adalah salah satu bentuk dari cara-cara manusia untuk melawan penuaan. Tapi tahukah Anda bahwa berbagai cara itu tidaklah akan efektif jika Anda merokok, hal ini karena merokok akan menyebabkan keriput dan penuaan dini. Merokok dapat menyebabkan kerutan-kerutan pada wajah, mata bengkak, kulit kusam, kering dan tidak cerah. 

Alasan dari semua ini adalah karena zat kimia pada rokok dapat menganggu sirkulasi darah di kulit. Aliran darah dan oksigen menjadi terganggu, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan munculnya keriput sebagaimana terjadi juga pada orang tua.

1. Rokok Menyebabkan Kanker

lungs cancer

Kita sudah mengetahui banyak fakta negatif dari merokok, tapi yang paling kita sering dengar sebenarnya adalah merokok dapat menyebabkan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yaitu kanker paru-paru. Tapi ternyata selain dari kanker paru-paru, merokok juga dapat mengakibatkan banyak penyakit kanker mematikan lain seperti kanker hidung, mulut, pita suara, tenggorokan, kerongkongan, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim, sumsum tulang belakang, hingga sel darah merah. 

Kenapa rokok sangat berbahaya bagi tubuh? Karena dimulai dari seseorang menyalakan satu buah rokok hanya sampai ia menghembuskan asap pertamanya, dapat menyebabkan berbagai efek buruk dan bencana pada tubuhnya. Dari 41.000 zat kimia berbahaya yang terkandung pada rokok, sebagian besar zat tersebut merupakan zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat kimia ini bila dikombinasikan dengan panas dari asap rokok dapat mengakibatkan mutasi sel tubuh sehingga yang tidak terkontrol dan berakhir pada berbagai penyakit mematikan.

--

Dengan mengetahui berbagai bahaya merokok sebagaimana disebutkan di atas maka baik Anda adalah perokok maupun bukan, setidaknya kita dapat mengajarkan generasi lanjut untuk menghindari bahaya merokok ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas