home -> Misteri -> 10 Makhluk Cryptid Aneh Paling Terkenal Di Dunia
18 Juli 2018 08:02

10 Makhluk Cryptid Aneh Paling Terkenal Di Dunia

Oleh reagan dalam Misteri pada November 26, 2015

Makhluk Cryptid atau Kriptid adalah sebutan untuk sejenis spesies yang keberadaan anehnya masih diragukan para ahli namun telah dipercaya benar-benar nyata oleh masyarakat banyak. Di antara banyaknya mahluk cryptid di dunia, beberapa di antaranya sering sekali didengar dibandingkan yang lain. Berikut adalah 10 makhluk cryptid aneh paling terkenal yang dipercaya pernah ada di dunia ini.

10. The Goatman of Maryland

maryland goatman

Dikenal dengan berbagai sebutan dimulai dari sekedar Goatman, Maryland Goatman, hingga The Goatman of Maryland. Dijabarkan sebagai makhluk yang tubuhnya adalah setengah manusia, setengah kambing. Tubuh bagian bawah yang menyerupai kambing, dan bagian atas yang menyerupai manusia. Walaupun bagian atasnya dikatakan menyerupai manusia, namun mahluk Cryptid satu ini juga memiliki tanduk layaknya seekor kambing. Penjabaran lebih lanjut mengatakan bahwa mahluk ini memiliki tinggi 2 meter dan berat lebih dari 100 kg.

Makhluk Cryptid ini pertama kali terlihat oleh sepasang kekasih yang tengah berada di dalam mobil. Dikatakan bahwa mereka melihat sebuah sosok menyerupai manusia dan kambing yang membawa kapak dan melihat kearah mereka , tidak lama kemudian melarikan diri ke dalam hutan. Esok paginya, pasangan itu menemukan anjing mereka sudah tak bernyawa dengan kepala yang sudah terpisah dari tubuhnya.

9. Beast of Bray Road

beast of bray road

Beast of Bray Road merupakan mahluk Cryptid yang pertama kali dilaporkan penampakannya pada tahun 1936. Terlihat di Wisconsin, USA, makhluk ini dideskripsikan dengan tinggi hampir 2 meter, memiliki tubuh seperti atlit, berbulu, berwajah seperti serigala dengan mata kunng menyala,. Pengakuan seorang wanita mengatakan bahwa itu adalah makhluk yang paling mirip dengan werewolf atau manusia serigala dibandingkan dengan kisah-kisah lainnya. Hingga sekarang, deskripsi Beast of Bray Road sendiri dipercaya sebagai kisah paling popular akan kepercayaan manusia serigala modern sekarang ini.

Laporan akan kemunculan makhluk aneh satu ini semakin sering terlihat di tahun 1980 hingga 1990-an. Oleh karena itu, produsen koran lokal menunjuk seorang reporter bernama Linda Gofrey untuk menelusuri kisah makhluk Kriptid satu ini. Pada awalnya, Linda sendiri tidak percaya akan kisah yang disebut-sebut hanya mitos ini, namun seiring mendengar pengakuan detail dari banyaknya orang, ia mulai percaya. Linda-pun kemudian mengumpulkan kumpulan artikelnya menjadi sebuah buku yang bernama The Beast of Bray Road: Trailing Wisconsin's Werewolf.

8. Atmospheric Beast

atmospheric beast

Merupakan makhluk Cryptid terbang teraneh yang diketahui dalam ilmu cryptozoology, yakni ilmu kepercayaan yang mempelajari mengenai makhluk-makhluk yang keberadaannya belum pasti seperti di mahluk Cryptid atau dalam Mitologi.Atmospheric beast ini dideskripsikan memiliki tubuh yang semi padat, tidak bersayap, lebih ringan dari udara,dan lebih sering tidak dapat dilihat. Makhluk satu ini dipercaya tinggal di atmosfer bumi kita atau bahkan juga planet-planet lain.

Sebagai makhluk Cryptid yang tinggal di atmosfer kita, terkadang mereka disalahpersepsikan sebagai apa yang kita sebut UFO. Seorang penulis buku cryptozoologyIvan T. Sanderson mengatakan bahwa mayoritas UFO yang kita lihat dan jabarkan sebenarnya adalah makhluk Atmospheric Beast ini. Sanderson memiliki teori bahwa Atmospheric Beast adalah sejenis hewan yang hidup di awan dimana mereka dapat berubah bentuk, warna, hingga tekstur. Mereka yang mempercaya keberadaan makhluk Kriptid ini percaya bahwa Atmospheric Beast akan mati bila mereka berada di darat.

Atmospheric Beast juga dikatakan dapat memiliki bentuk menyerupai hewan yang hidup di air. Jadi bayangkan saja ikan yang dapat terbang di udara, lebih ringan dari udara, bahkan dapat berubah-berubah bentuk. Makhluk yang sangat aneh bukan?

7. Ebu Gogo

Ebu Gogo

Ini dia salah satu makhluk Cryptid yang cukup terkenal di Indonesia, Ebu Gogo. Makhluk ini cukup popular sebagai salah satu cerita rakyat Indonesia karena mereka berasal dari Flores, Indonesia, dan dipercaya muncul pertama kali sejak abad ke-19.

Digambarkan memiliki bentuk menyerupai Leprechaun, yaitu makhluk sejenis peri di dongeng Irlandia. Lebih spesifik lagi Ebu Gogo dideskripsikan bertubuh kecil, pendek, gendut, berbulu, dan dengan telinga yang mencolok. Mengeirkannya adalah tidak hanya itu saja, Ebu Gogo juga dikatakan dapat berlari dengan cepat, berjalan sembari berbicara tidak jelas, dan dapat menirukan suara lawannya layaknya burung Kakatua.

Arti dari nama mereka sendiri adalah Ebu yang berarti 'Nenek' dan Gogo yang berarti 'pemakan segalanya'. Kisah dari penduduk lokal Flores mengatakan bahwa Ebu Gogo akan memakan segalanya, dimulai dari yang daging atau tumbuhan mentah, yang dimasak, hingga daging manusia. Suatu ketika Ebu Gogo sering memakan tanaman para penduduk lokal, hal itupun dibiarkan hingga suatu ketika diketahui bahwa mereka juga memakan bayi manusia. Barulah darisana para penduduk mulai mengusir Ebu Gogo.

6. Spring-Heeled Jack

springheel jack

Laporan mengenai sebuah sosok yang seperti melompat mulai muncul pada tahun 1837 di bagian selatan London. Dijelaskan bahwa sosok itu memiliki tubuh tinggi, kurus, bertopi dan berjubah hitam. Hanya dari deskripsi itu saja mungkin dapat menebak bahwa itu adalah manusia, tapi pengakuan lain menjelaskan bahwa ternyata sosok itu memiliki cakar yang besar dengan mata yang dapat bercahaya terang. 

Pada tahun 1837, seorang pria mendatangi sebuah rumah di malam hari dan memanggil penghuni rumah tersebut. Ia berteriak bahwa ia telah berhasil menangkap Spring-Heeled Jack, tidak lama kemudian si penghuni rumah keluar untuk membuktikan apa yang pria tersebut katakan. Namun pria tersebut langsung meneyerang si penghuni rumah dengan menyemburkan api berwarna putih biru dan mecakarnya dengan cakar yang besar. Dari sinilah pengakuan-pengakuan aneh mulai bermunculan dan sosok ini terus dilaporkan di banyak tempat dimulai dari London, New Mexico, Massachusetts, hingga Argentina, namun hingga sekarang tidak ada yang dengan jelas tahu kepastian apakah ini adalah Makhluk Cryptid atau manusia aneh.

5. Mothman

mothman

Point Pleasant, West Virginia, USA, adalah salah satu tempat paling misterius yang ada di dunia. Alasan dari sebutan itu adalah karena Point Pleasant merupakan tempat dari makhluk bersayap berwarna abu-abu dengan mata merah menyala pada dadanya. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah makhluk Cryptid aneh terkenal yang disebut Mothman. Dideskripsikan dengan tinggi hampir 2 meter dan lebih besar daripada manusia.

Laporan pertama didapat oleh seorang pekerja pemakaman. Baru dari sana tidak lama kemudian laporan demi laporan terus bermunculan hingga sampai 5 orang melaporkan bahwa mereka melihat sesosok makhluk yang mirip dengan manusia, terbang di atas mereka. Laporan lainnya mengatakan bahwa mereka dikejar oleh makhluk dengan ciri-ciri yang sama ketika sedang mengendarai mobil. Anehnya adalah laporan tersebut berhenti ketika jembatan pada Point Pleasant roboh dan merenggut nyawa dari 46 orang yang ada di jembatan tersebut. Banyak orang menghubungkan kejadian ini dengan Makhluk Cryptid Mothman.

4. Chupacabra

chupacabra

Chupacabra adalah nama panggilan dari hewan Cryptid aneh yang sudah melegenda dimana mereka memiliki kesamaan dengan vampir, yaitu mereka gemar menghisap darah. Berdasarkan bangkai-bangkai yang dipercaya adalah bangkai dari Chupacabra, oara ahli zoologis mengalami kesulitan dalam mengenali sebenarnya apa sih chupacabra ini. Aalasannya adalah karena hewan ini memiliki terlalu banyak deskripsi.

Chupacabra Amerika dikatakan memiliki kesamaan dengan jenis canine (sejenis anjing). Namun biasanya mereka berada dalam kondisi yang sangat buruk sehingga seringkali dianggap sebagai spesies mahluk yang lain. Berdasarkan kesamaan ini beberapa ahli berasumsi bahwa Chupacabra sendiri sebenarnya adalah anjing yang terkena mange, sejenis parasit kulit. Sayangnya tidak sedikit juga orang yang percaya bahwa itu aadalah asumsi salah, hal ini karena pengakuan lain mengatakan bahwa Chupacabra memiliki bentuk yang sama sekali berbeda menyerupai alien dengan duri di punggung mereka.

3. Nessie

Nessie

Pernah kita bahas dalam artikel 10 Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan, Kisah Makhluk Cryptid Nessie tidak dapat dipungkiri lagi adalah merupakan salah satu kisah Makhluk Cryptid paling popular di dunia. Kisahnya pertama kali muncul pada tahun 1930-an, banyak orang melaporkan keberadaan mahluk aneh di Danau Lock Ness, Skotlandia.

Sebuah laporan mengatakan bahwa mereka melihat makhluk dengan besar 6 meter dan bewarna abu-abu. Sedangkan beberapa lainnya mengatkaan bahwa mereka melihat makhluk cukup besar dengan anggota badan menyerupai dayung dan kepala seperti kuda. Banyak yang percaya bahwa Nessie adalah salah satu jenis dinosaurus yang berhasil bertahan dan selamat dari kepunahan spesiesnya di zaman dinosaurus, atau tepatnya adalah Plesiosaurs.

Anehnya adalah walaupun salah satu gambar terpopular akan bukti keberadaan Nessie telah diketahui merupakan hasil rekayasa, banyak orang masih percaya akan keberadaan makhluk satu ini. Mungkin itu karena kepercayaan yang sudah sangat umum atau mungkin karena banyaknya pengakuan lain akan makhluk ini? Tidak ada yang tahu kebenarannya.

2. Yeti

yeti

Merupakan salah satu makhluk Cryptid paling terkenal dengan bentuk menyerupai kera yang dipercaya tinggal di pegunungan Himalaya Pakistan dan juga Nepal. Yeti dipercaya memiliki tubuh yang tinggi bahkan sangat besar yang keseluruhannya tertutup bulu putih. Penampakan atau pengakuan pertamanya didapat dari seorang pendaki bernama B.H. Hodgson.

Hodgson melihat sesosok makhluk tinggi besar berbulu lebat yang berjalan dengan menggunakan 2 kaki. Anehnya adalah berbeda dari kepercayaan kita sekarang, sosok yang dilihat oleh Hodgson disebut-sebut memiliki bulu yang bukan berwarna putih tapi berwarna hitam. Laporan-Laporan akan penampakan ini kemudian terus meningkat seiring berjalannya waktu khususnya pada awal abad 20. Salah satu yang paling popular adalah dari seorang pendaki bernama Eric Shipton yang membuktikan pada dunia bahwa Yeti benar-benar ada melalui publikasi fotonya yang berupa jejak kaki besar di pegunungan Everest. 

1. Bigfoot

bigfoot

Beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa Yeti dan Bigfoot adalah makhluk yang serupa bukan? Mereka memang serupa hanya saja perbedaannya adalah Bigfoot, atau Sasquatch adalah sosok yang tinggal di iklim yang berbeda jauh dari Yeti. Apabila Yeti tinggal di iklim yang sangat dingin maka Bigfoot tinggal di iklim kehutanan.

Nama Bigfoot sendiri adalah nama dari makhluk Cryptid aneh yang paling dikenal di seluruh dunia. Anda mungkin tidak pernah mendengar nama makhluk-makhluk lain di daftar ini tapi setidaknya pasti pernah mendengar nama dari maklhuk Cryptid satu ini bukan? Juga dikenal dengan nama Sasquatch, makhluk ini dikabarkan tinggal di hutan terutama hutan yang berada di wilayah Barat Daya Pasifik dari Amerika Utara. Bigfoot digambarkan sebagai makhluk mirip kera, hanya saja besar berbulu, dengan tinggi antara 2-3 meter yang memiliki berat lebih dari 230 kg. Layaknya kera, tubuhnyan tertutup rambut hitam atau coklat. 

Mereka yang mengaku telah melihat makhluk ini mengatakan bahwa salah satu keunikan Bigfoot adalah mereka memiliki bau yang sangat menusuk hidung. Laporan lain mengatakan bahwa jejak kakinya mencapai panjang 60 cm dengan lebar 20 cm. Jejak kakinya itu memiliki lima jari seperti kera dan namun juga memiliki tanda cakar, jadi tidak menutup kemungkinan bisa saja ada kesalahan persepsi pada jejak tersebut yang aslinya adalah jejak kaki beruang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas