home -> Lainnya -> 10 Tempat Wisata Wajib Di Jakarta
18 Juli 2018 17:49

10 Tempat Wisata Wajib Di Jakarta

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 25, 2015

Sebagai ibukota dari negara Indonesia, Jakarta merupakan kota yang sangat sibuk dan padat. Tapi kalau ditanya liburan enaknya kemana tidaklah sedikit yang menjawab ke luar negeri atau luar kota padahal di Jakarta ini juga ada banyak  sekali tempat wisata untuk dinikmati. Berikut adalah 10 tempat wisata di Jakarta yang wajib Anda coba kunjungi. Bahkan mungkin beberapa di antaranya Anda saja belum tahu.

10. Pasar Seni

pasar seni

Salah satu tempat wisata di Jakarta yang terletak di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan tempat wisata yang menyajikan wisata kesenian dan kerajinan tradisional. Bagi para pelaku seni, kolektor, dan masyarakat yang mencintai seni, pasar seni ini menjadi tempat wisata favorit bagi mereka untuk dapat menikmati dan juga menambah wawasan tentang kesenian. Pada saat ini Pasar Seni telah memiliki fasilitas hunian bagi para seniman sebanyak 210 kios, yang kini dihuni oleh para seniman lukis, pengrajin, bengkel keramik  kerajinan, seni pahat, dan seni patung.

9. Museum Bank Indonesia

museum bi

Siapa bilang rekreasi di Jakarta hanya bisa dilakukan di mall-mall saja. Museum Bank Indonesia merupakan salah satu museum yang dapat menjadi pilihan tempat wisata yang menarik dan anti mainstream bagi keluarga maupun teman. Museum yang terletak di daerah Jakarta Barat ini dibangun dengan tujuan sebagai cagar budaya peninggalan de Javasche Bank. yang didirikan pertama kali pada tahun 1828. 

Museum Bank Indonesia memiliki peran yang sangat besar dalam menyampaikan sejarah bangsa Indonesia. Informasi di museum ini ditampilkan dengan menggunakan teknologi modern sehingga tetap memberikan kenyaman bagi pengunjung yang datang. Selain itu di Museum Bank Indonbesia juga menampilkan benda-benda bersejarah dan juga fakta-fakta yang terjadi sebelum berdirinya Bank Indonesia.

8. Kota Tua

kota tua

Tempat wisata yang menjadi tempat favourite oleh para fotografer ini berlokasi di Jakarta Pusat dan berbatasan dengan wilayah Jakarta Utara. Selain fotografer, lokasi ini juga merupakan sarana rekreasi yang disukai oleh para anak muda karena disini tersedia banyak cafe disertai dengan live music. Di Kota Tua juga digunakan sebagai tempat berkumpulnya para penggemar sepeda tua atau sepeda ontel. 

Di Kota Tua ini orang-orang dapat menemukan beberapa landmark bersejarah seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Toko Merah. Para penikmat kuliner juga mampir ke Kota Tua untuk menikmati jajanan seperti gado-gado, soto hingga kerak telor khas Jakarta.

7. Monas

monumen nasional

Merupakan kepanjangan dari Monumen Nasional, monumen yang memiliki tinggi 132 meter ini didirikan dengan tujuan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monumen didirikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1961. Di puncak monumen terdapat emas murni dengan berat 35 kg yang menjadi daya tarik bagi orang banyak. Jika pergi ke bagian atas dari monas, kita dapat melihat pemandangan sekeliling kota Jakarta. Sedangkan pada bagian bawah terdapat museum bersejarah dengan berbagai diorama.

6. Pelabuhan Marina

pelabuhan marina

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah Jakarta Utara pasti sudah tidak asing lagi dengan dermaga Marina. Dermaga kapal yang terletak di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan dermaga kapal pesiar dengan gaya kosmopolitan yang pertama di Indonesia. Banyak kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan di Marina seperti ski air, wind surfing, memancing, dan juga menyelam. Dermaga Marina juga menjadi tempat akses terdekat dengan kepulauan seribu.

5. Taman Mini Indonesia Indah

taman mini

Disebut juga dengan singkatan TMII ini adalah tempat wisata yang bertemakan budaya Indonesia. Tempat wisata ini berisikan budaya-budaya yang terdapat di seluruh Indonesia yang disajikan dalam tampilan anjungan daerah berarsitektur tradisional. Terkadangan di TMII juga menampilkan aneka tarian, busana, dan juga tradisi dari tiap daerah. Di tengah area TMII terdapat danau sebuah danau yang menggambarkan replika dari kepulauan di Indonesia, kereta gantung, berbagai museum, teater keong mas dan teater tanah airku.

4. Ocean Ecopark

oceann ecopark

Salah satu tempat wisata yang ada di daerah Jakarta Utara ini juga masih berlokasi di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol. Ocean Ecopark menampilkan tema eco-learning dan exo-wisata yang memberikan konsep geen life disertai dengan bermacam-macam sarana yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan tentang lingkungan. Ocean Ecopark yang dapat dikatan sebagai paru-paru alam kota Jakarta ini memikliki lahan luas yang dapat berguna bai anak-anak untuk merasakan pengalaman bagaimana hidup seperti peternak. 

3. Ragunan

kebun binatang ragunan

Sebagaimana namanya, Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang yang berlokasikan di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun Binatang ini sendiri adalah satu-satunya kebun binatang yang mungkin akan Anda dengar di Jakarta. Jika Anda ingin mengetahui flora dan fauna khas Indonesia, atau mungkin hanya sekedar melihat-lihat saja, maka tempat ini bisa menjadi pilihan utama sebagai sarana rekreasi dan belajar. 

Di dalam kebun binatang ini terdapat beranekaragam satwa. Kebun binatang yang didirikan pada tahun 1864 ini memiliki luas sebesar 147 hektar dan memiliki lebih dari 2.000 ekor satwa juga ditumbuhi lebih dari 50.000 flora. 

2. Dunia Fantasi (Dufan)

dunia fantasi

Ini dia salah satu tempat wisata paling popular di Jakarta, khususnya untuk mereka yang tinggal di Jakarta. Dunia fantasi atau sering disebut juga dengan Dufan adalah taman bermain yang diresmikan pada 29 Agustus 1985. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang juga berlokasikan dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol atau tepatnya Ancol Dreamland.

Untuk melepas rasa stres atau jenuh di akhir pekan, Dufan sendiri memiliki banyak sekali wahana yang dapat dimainkan. Wahana-Wahana ini juga terus ditambah setiap tahunnya, oleh karena itulah tidak jarang kita melihat iklan-iklan Dufan selagi di jalan. Bagi yang masih kecil dan belum cukup umur untuk menaiki wahan di dufan tidak perlu khawatir karena di Dufan masih ada banyak wahana lain untuk anak kecil seperti contohnya istana boneka, rumah es, dan masih banyak wahana lainnya.

1. Kawasan Kepulauan Seribu

kepulauan seribu

Tempat wisata yang dijadikan pusat budidaya laut dan pariwisata ini berlokasi di gugusan kepulauan Teluk Jakarta. Di sana juga terdapat daerah konservasi laut yang dinamakan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Di kepulauan seribu ini terdapat pulau-pulau kecil dengan pemandangan yang indah, beberapa dia ntaranya adalah Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Tidung, Pulau Macan dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang tidak ingin pusing, maka Pulau Macan sendiri adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di kepulauan seribu.

Sebagian besar di antaranya menawarkan suasana yang santai baik bersama keluarga ataupun orang terkasih Anda. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari diving, snorkeling, atau sekedar berjalan-jalan menikmati matahari terbenam di sore hari.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas