home -> Lifestyle -> 10 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunj...
29 Mei 2017 16:23

10 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Wajib Anda Kunjungi

Oleh reagan dalam Lifestyle pada November 19, 2015

Ketika menyebut wisata di Indonesia Indonesia, yang terlintas di pikiran banyak orang pasti pulau Bali. Padahal Indonesia bukan hanya sekedar pulau Bali saja. Ada banyak sekali bahasa, pulau dan juga tempat wisata di Indonesia ini. Berikut adalah 10 tempat wisata di Indonesia yang harus bahkan wajib dikunjungi baik turis maupun bukan, bahkan mungkin belum diketahui oleh orang banyak.

10. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

dataran tinggi dieng

Tempat wisata yang menarik di daerah Jawa Tengah ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang terjadi di Gunung Prau. Dataran Tinggi Dieng. Letusan Gunung Prau menghasilkan apa yang dikenal dengan nama kaldera, yakni fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Berlokasikan di Jawa Tengah dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, ada beberapa alasan tempat ini menjadi tempat yang layak dan harus dikunjungi. Contohnya saja adalah danau yang memiliki banyak warna, pemandian air panas, pemandangan yang menakjubkan dari puncak, dan juga beberapa Kuil-Kuil Hindu. 

Memiliki karakteristik yang berbeda dengan tempat-tempat lain di Jawa. Karena bekas letusan gunung berapi, jalanan di sekitar perbukit ini cukuplah subur, menyediakan pemandangan perkebunan yang indah, dan memperbolehkan Anda menghirup udara segar tanpa polusi.

9. Danau Maninjau, Sumatera Barat

danau maninjau

Danau yang terletak di kawah gunung berapi dengan ketinggian 461 meter di atas permukaan laut merupakan tempat wisata yang cocok bagi orang-orang yang tidak suka dengan keramaian dan padatnya hidup di daerah perkotaan. Untuk sampai ke danau Maninjau diperlukan waktu untuk menempuh perjalanan dengan jalanan yang berliku-liku sebanyak 44 liku. Di setiap liku menuju danau Maninjau, kita tidak akan merasa bosan karena setiap liku selalu menampilkan keindahan menakjubkan yang disebut-sebut sulit untuk dilupakan. Di puncak Danau Maninjau, yaitu Puncak lawang, orang-orang dapat mencoba berbagai macam olahraga seperti salah satunya yang banyak dilakukan turis di sana yaitu olahraga terbang layang (gliding).

Tidak perlu khawatir dengan pengeluaran Anda saat menunjungi danau ini karena di sekitar Danau Maninjau, ada terdapat banyak hotel serta restoran yang harganya cukup terjangkau dengan saku.

8. Pulau Macan, Kepulauan Seribu

pulau macan

Kepaulauan Seribu adalah salah satu kepulauan yang paling banyak dikunjungi para penduduk lokal Indonesia. Tapi dari banyaknya pulau di sana, pulau mana sih yang paling gampang dan wajib dikunjungi? Jawabannya adalah Pulau Macan, Kepulauan Seribu. Siapa disangka bahwa salah satu tempat mengagumkan di Indonesia ini adlaah tempat yang sangat mudah dicapai dari Ibukota Indonesia, Jakarta. Hanya butuh waktu sekitar 90 menit dengan menaiki speedboat dari Marina Ancol maka kita dapat menikmati keindahan dari salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu yaitu pulau Macan.

Pemandangan yang menakjubkan, air yang jernih, pasir putih, daerah yang bagus untuk melakukan snorkeling, suasana yang sejuk, dan juga disertai dengan banyaknya makanan lezat. Bayangkan itu semua menjadi satu, maka menjadikan pulau Macan seperti surga dunia. 

7. Yogjakarta dan sekitarnya, Jawa Tengah

yogyakarta

Bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bila memasukkan nama Yogyakarta ke dalam salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia. Yogyakarta adalah pusat kota seni, budaya, dan kuliner yang ada di pulau Jawa. Begitu banyak hal yang dapat dilihat di Yogyakarta seperti batik, kerajinan boneka tradisional, pertunjukkan gamelan, penjual makanan tradisional, dan juga kerajinan seni lainnya yang ada pinggiran jalan kota Yogyakarta. Apabila Anda ingin merasakan bagaimana sih tradisionalnya pulau Jawa, maka Yogyakarta dan sekitarnya memang adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi.

Tidak hanya itu saja yang ada di kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta juga disebut sebagai pusatnya sejarah-sejarah yang ada di pulau Jawa. Di Yogyakarta terdapat 2 candi terkenal yang selalu menjadi tujusan wisata yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. 

6. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

pulau komodo

Siapa sih yang tidak pernah mendengar pulau 'Naga' satu ini? Terletak tidak jauh dari Timor Leste, Pulau Komodo merupakan satu-satunya tempat alami untuk jenis kadal terbesar di dunia yaitu Komodo. Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali peneliti dan juga turis sering mengunjungi pulai di Indonesia ini, membuatnya dinominasikan sebagai salah satu keajaiban dunia dari Indonesia.

Komodo merupakan hewan asli Indonesia yang hanya dapat ditemukan di habitat aslinya, hutan tropis, pulau Komodo. Komodo yang terdapat di pulau ini merupakan hewan langka yang dilindungi di bawah pengawasan Taman Nasional Komodo, Indonesia. Untuk dapat mengunjunginya, turis maupun warga sekitar harus meminta izin pada pemerintah sekitar sebelum dapat masuk ke dalam taman nasional satu ini.

5. Bandung, Jawa Barat

kawah putih

Ini nih yang disebut-sebut adalah 'Paris'-nya Jawa, tidak lain dan tidak bukan adalah Bandung. Kota yang berlokasi di Jawa Barat ini adalah kota yang hijau dan sejuk dimana memiliki tempat wisata mengagumkan terutama di sekitar perkebunan teh, gunung berapi, dan kawah putih. Bandung juga adalah kota di Indonesia yang memiliki wisata kuliner mengagumkan dengan rasa yang khas.

Beberapa tujuan wisata yang sangat popular di Bandung dan harus Anda kunjungi adalah Kawah Putih, Tangkuban Perahu, Villa Isola, Gedung Sate, hingga Gedung Merdeka. Jangan lupakan juga factory outlet ternama mereka ya.

4. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

pulau lombok

Tidak jauh berbeda dengan Bali, pulau Lombok saat ini sudah berkembang menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Contohnya saja Senggigi, salah satu daerah yang menjadi pusat wisata dan tujuan turis-turis yang ingin berwisata di pulau Lombok. Daerah ini menyajikan pemandangan luar biasa yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Memiliki tempat penginapan yang nyaman, pantai yang indah, pemandangan yang mengagumkan, serta beberapa lokasi wisata lainnya seperti batu bolong dan mangsit menjadikan Sengigi adalah tujuan yang popular bagi turis-turis.

Kini, seiring berjalannya waktu beberapa lokasi di pulau Lombok semakin bermunculan villa dan membuat nama Lombok adalah nama tempat di Indonesia yang adalah simbol wisata. Anda yang ingin berwisata di pulau satu ini tidak perlu takut akan nyasar atau kurang tahu akan daerah tersebut, karena beberapa hotel menyajikan pemandu yang bisa mengantarkan Anda untuk menikmati keindahan yang terdapat di pulau tersebut.

3. Manado, Sulawesi Barat

manado

Pernah digunakan sebagai benteng pada masa Belanda dan juga pusat kebudayaan suku Minahasa. Manado meruapakan salah satu kota perdagangan yang terkenal di Indonesia dan bersebalahan dengan Filipina. Meskipun sebagian besar bangunan tua sudah tidak terawat lagi, Manado masih dapat menghadirkan tempat wisata menarik yang mampu mengundang para turis untuk datang. Kebalikan dari kota-kota lain di Indonesia yang didominasi oleh umat Muslim, Manado merupakan salah satu kota Indonesia dengan mayoritas penduduknya adalah umat Kristiani. Hal ini membuat Manado memiliki banyak gereja dan membuatnya menjadi salah satu kota tempat ibadah bagi umat Kristiani.

Tapi tidak hanya gereja saja yang membuat Manado menjadi kota yang menarik. Manado juga memiliki sebuah patung Tuhan Yesus berukuran besar dimana berada di Citraland. Tempat-tempat wisata terkenal lainnya yang terkenal dari Manado adalah danau Tondano dan danau Linaw.

2. Pontianak, Kalimantan Barat

pontianak

Ini dia salah satu tempat di dunia yang memiliki sungai terpanjang di dunia, tepatnya adalah sungai terpanjang kedua di dunia yaitu Sungai Kapuas. Sungai yang terletak di hutan Kalimantan ini akan mengantarkan kalian menuju pedalaman hutan tempat tinggal dari suku asli Kalimantan, suku Dayak. Dengan pemandangan yang luar biasa dan keanekaragaman yang bermacam-macam, mengendarai perahu dari Pontianak menjadi salah satu alternatif perjalanan wisata yang menarik untuk merasakan indahnya Indonesia.

Di pedalaman kita dapat melihat bagaimana cara hidup dari suku Dayak, bagaimana cara mereka membuat obat tradisional, dan juga dapat melihat upacara ritual yang mereka lakukan. Kalimantan sendiri adlaah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dimana Anda dapat melihat bunga anggrek hitam, orangutan, dan juga lumba-lumba air tawar. Hal-Hal seperti inilah yang membuat Pontianak di Kalimantan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia.

1. Raja Ampat, Papua

raja ampat

Kepulauan yang terletak di provinsi Barat Papua ini merupakan tempat wisata utama bagi turis yang mau menikmati keindahan laut di indonesia. Dengan memiliki 1300 spesies ikan, 530 spesies batu koral, dan sekitar 700 jenis moluska, adalah banyak sekali alasan mengapa Raja Ampat disebut-sebut adalah salah satu kepulauan paling indah di Indonesia.

Sayangnya, untuk mencapai tempat ini sendiri bukanlah hal yang mudah dan membuat para turis harus melakukan usaha lebih bila ingin menikmati keindahan alam laut yang dimiliki Raja Ampat. Bagi para penyelam, Raja Ampat sendiri merupakan tempat wisata yang paling direkomendasikan para penyelam lainnya. Baik Anda turis maupun bukan, Raja Ampat adalah tempat yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali di Indonesia sebelum Anda dapat menjelaskan keindahan Indonesia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas