home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Minum Air Putih
17 Oktober 2018 20:28

10 Manfaat Minum Air Putih

Oleh reagan dalam Lifestyle pada November 18, 2015

Tubuh manusia terdiri dari 60% air, di otak sebanyak 70% dan di paru-paru hampir 90%. Tanpa minum air, kinerja tubuh akan terganggu. Karena itulah kita disarankan untuk minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas perhari. Semua Ini demi menjaga agar tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Berikut ini 10 alasan lainnya kenapa kita harus sering banyak minum air putih.

10. Mencegah Dehidrasi

kekurangan air

Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana tubuh telah kehilangan banyak cairan tubuh. Lalu bagaimana caranya kita bisa kehilangan cairan tubuh ini? Tubuh kita kekurangan cairan melalui banyak sekali hal, dimulai dari keringat, urin, bahkan saat bernafas. Walaupun pada awalnya tidak bersifat fatal, namun seiring berjalannya waktu kinerja tubuh akan menurun dan fatalnya berujung kematian. Alasan inilah yang menyebabkan kita harus mengisi kembali cairan tubuh tersebut dengan banyak meminum air putih.

Adapaun berbagai tanda bahwa Anda mulai mengalami dehidrasi adalah dengan rasa haus, pusing, jumlah urin berkurang dan berwarna kuning, kulit kering, hingga sembelit. Bila sudah mengalami hal-hal ini, ada baiknya kita segera mengambil segelas air putih dan langsung meneguknya bukan? Memang, tidak harus air putih, tapi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa ini adalah salah satu manfaat atau keuntungan utama dari minum air putih.

9. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

cairan tubuh seimbang

Banyak dari Anda pasti sudah sering sekali mendengar hal ini. Sekitar 60% tubuh manusia itu terdiri dari cairan. Cairan di dalam tubuh ini memiliki banyak fungsi seperti membantu pencernaan, penyerapan, sirkulasi tubuh, pembuatan air liur, transportasi nutrisi tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Lalu yang mengontrol semua cairan di dalam tubuh ini dilakukan oleh otak kita. Contohnya, otak akan memberi peritnah kepada ginjal untuk membuang seberapa banyak cairan dalam tubuh melalui urin atau menyimpannya sebagai cadangan cairan. Tapi sayangnya, otak sendiri juga sangat bergantung pada air, dimana dikatakan bahwa otak sendiri terdiri dari 70% air.

Ketika manusia mengalami dehidrasi, otak akan memicu mekanisme tubuh untuk memberi tanda haus pada tubuh. Inilah penyebab mengapa kita bisa tiba-tiba merasa haus saat melakukan aktivitas-aktivitas yang mungkin saja sangat ringan. 

8. Mencegah Kram Otot

kram otot

Pernahkah kalian tiba-tiba bangun di tengah malam karena merasakan kram pada kaki? Hal tersebut ternyata terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Kram otot merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh kita sudah kekurangan cairan tubuh alias sudah mau dehidrasi. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kram pada otot, salah satunya dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh atau sederhanya dengan hanya meminum air putih. Selalu ingat untuk selalu minum banyak air saat beraktivitas khususnya sebelum olahraga, selama berolahraga, dan juga sebelum tidur.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh

Salah satu manfaat paling utama dari minum air putih adalah menjaga kekebalan tubuh. Terkadang, penyakit ringan seperti sakit kepala juga bisa terjadi karena tubuh kekurangan cairan. Sistem pembuangan tubuh kitapun membutuhkan air agar dapat bekerja dengan maksimal. Bila kebutuhan air tidak terpenuhi, jumlah urin akan berkurang dimana zat-zat yang tidak terpakai dalam tubuh akan terus tersimpan dan bisa berakibat fatal yang pada akhirnya menjadi racun ke tubuh kita sendiri.

Bahkan, beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa minum air putih dapat mengurangi resiko penyakit kanker seperti kanker usus besar dan juga kanker kandung kemih. Siapa yang menyangka bukan?

6. Menjaga Kinerja Usus

kinerja usus

Dengan meminum air putih yang cukup, hal itu akan membantu pergerakan usus sehingga tetap sehat dan bebas dari rasa nyeri. Perlu diketahui dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah medis serius seperti salah satunya adalah sembelit. Sembelit sendir dapat terjadi karena kotoran dalam usus terus menumpuk sehingga pergerakan usus menjadi berkurang. Lalu apa yang menyebabkan penumpukan tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah kekurangan cairan,

Maka dari itu selalu disarankan untuk meminum air setiap saat, khususnya air putih karena air putih adalah yang paling sehat dan tidak mengadung pemanis ataupun pewarna buatan. Hal itu berlaku lebih benar lagi apalagi di saat perut sedang kosong.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

ginjal sehat

Ginjal adalah salah satu organ yang paling mengagumkan dari tubuh manusia, dimana organ inilah yang membuang dan menguraikan racun dalam tubuh. Ketika kondisi cairan dalam tubuh terpenuhi, urin akan mengalir dengan lancar, tidak berbau dan warnanya akan berwarna pucat kekuningan. Warna pucat kekuningan ini memiliki arti bahwa Anda minum air dalam jumlah yang cukup, berbeda halnya dari warna putih.

Sayangnya, saat Ginjal mulai kekurangan air, dari sanalah ada banyak sekali komplikasi yang bisa muncul. Seperti contohnya rasa ngantuk meningkat, kulit kering, sakit kepala, hingga dapat berakibat ke kondisi medis yang disebut batu ginjal.

4. Memberikan Energi Pada Otot

energi otot

Hal bermanfaat lain yang didapat dengan banyak mengkonsumsi air putih adalah dapat memberikan energi pada sel otot. Di sisi lain, kekurangan air putih dapat mengakibatkan fungsi-fungsi sel otot berkurang dan terganggu. Apabila Anda adalah seseorang yang sangat sering berolahraga, banyak-banyaklah minum air putih karena ketika melakukan aktivitas seperti angkat beban dan melatih otot, akan banyak sekali sobekan-sobekan kecil yang terjadi pada otot. Di sinilah air akan berfungsi sebagai pengantar nutrisi yang bermanfaat untuk pemulihan otot. Kekurangan air akan membuat pertumbuhan otot akan terganggu.

American College of Sports Medicine mengungkapkan bahwa kita harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, sebelum dan selama melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut bermanfaat untuk mengganti cariran tubuh yang berkurang pada saat berkeringat.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

kelembapan kulit

Pernah mendengar yang namanya "Kulit Lembab" atau "Kulit Kering"? Hal itu karena memang kulit kita ini mengandung air dalam jumlah yang tidak sedikit. Dengan meminum air putih yang cukup, kelembapan kulit akan terjaga dan sangat bermanfaat dalam mendapatkan kulit yang mulus. Karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita, maka manfaat lain dari kulit manusia sendiri justru adalah melindungi tubuh dari kekurangan air yang diakibatkan rasa panas sekitar. Kekurangan air akan berdmapak pada keringnya kulit sehingga kulit menjadi berkerut. 

Kita juga bisa membantu agar kulit tetap lembab dengan mengoleskan pelembab pada kulit. Pelembab kulit berfungsi untuk menciptakan pelindung bagi kulit sehingga kelembapan kulit akan tetap terjaga.

2. Air Putih Dapat Mengontrol Kalori

kalori kontrol

Selama bertahun-tahun, orang-orang yang melakukan diet selalu meminum air putih untuk membantu program diet mereka. Tapi tujuannya untuk apa? Air putih sendiri mungkin tidak memiliki rahasia khusus untuk membantu membantu diet, tapi air mengandung 0 kalori, jadi daripada meminum air lain yang memilki kalori relatif besar lebih baik meminum air putih yang juga mengontrol konsumsi kalori kita. 

Makanan yang mengandung air dalam jumlah besar akan terlihat lebih besar dari makanan yang jarang mengandung air. Jumlah air yang banyak tersebut akan membuat makanan tersebut memerlukan waktu lebih lama untuk dikunyah dan butuh waktu lebih lama untuk dapat diserap oleh tubuh. Hal tersebut menyebabkan tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

1. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain

sakit kepala

Sering merasakan sakit kepala dan migrain? Minumlah banyak air putih, karena mungkin saja hal itu disebabkan oleh Anda kekurangan cairan tubuh. Inilah sebabnya mengapa para penderita migrain lebih sering merasakan rasa sakit saat musim panas.

Dari jurnal yang berjudul European Journal of Neurology, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa peningkatan asupan air dalam tubuh dapat mengurangi terjadinya rasa sakit di kepala ataupun migrain. Hal itu karena saat tubuh manusia kekurangan air maka volume darah juga akan menurun, yang berakibat pada kurangnya aliran oksigen otak kita. Tubuh kita juga akan merespon dengan melebarkan pemuluh darah. Peneliti memperkirakan bahwa kedua hal inilah yang menyebabkan saraf-saraf di otak kita merespon dengan menghasilkan sinyal rasa sakit.

--

Jadi minumlah air putih sekarang dan dapatkan segala macam manfaat dari meminum air putih tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas