home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Rutin Olahraga Bagi Tubuh Manusia
20 September 2018 18:16

10 Manfaat Rutin Olahraga Bagi Tubuh Manusia

Oleh reagan dalam Lifestyle pada November 13, 2015

Sibuk adalah alasan utama bagi kebanyakan orang untuk malas berolahraga dimana pekerjaan adalah fokus nomor satunya. Bekerja memang dapat menghasilkan uang dan dapat membelikan Anda berbagai hal, tapi jika bekerja sudah sampai membuat kita melupakan tubuh kita maka itu sudah salah maknanya. Uang yang dikumpulkan bertahun-tahun akan hanya akan menjadi biaya medis untuk saat diri sakit nanti.

Olahraga adalah aktivitas yang diketahui semua orang dapat memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik. namun jika ditanya apa sih manfaat sehat itu? Beberapa orang mungkin akan menjawab, 'ya lebih sehat saja'. Nah, supaya lebih jelas mengapa olahraga itu sangat baik, berikut ini adalah 10 manfaat sehat dari rutin berolahrga dan mengapa kita harus melakukannya.

10. Tidur Lebih Nyenyak

tidur nyenyak

National Sleep Foundation mengatakan bahwa bila manusia rutin berolahraga, maka hal itu dapat membantu Anda semua untuk tidur lebih nyenyak. Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga adalah di pagi hari atau sore hari. Mengapa bukan malam hari kan kalau sudah lelah bisa langsung tidur nyenyak? Berbagai survey mengatakan bahwa olahraga malam hari yang terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan membuat diri Anda menjadi terlalu lelah dan sulit tidur.

Tapi perlu diketahui bahwa apabila Anda menderita insomnia dan gangguan tidur lainnya, maka utamakan untuk menyembuhkan masalah tersebut lebih dahulu. Karena Dokter Kelly Glazer Baron dari Feinberg School of Medicine mengatakan bahwa bagi mereka yang tidak memiliki kondisi gangguan tidur, olahraga rutin memang membantu tidur nyenyak tapi apabila ternyata orang tersebut memilki insomnia dan sejenisnya maka hal itu tidak akan membantu banyak.

9. Mengurangi Stress

mengurangi stress

Sedikit stres mungkin memang baik untuk tubuh Anda tapi kalau sudah menjadi beban maka beda ceritanya. Ada banyak cara mengatasi stres, dan salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Jadi kalau Anda mengalami stress karena pekerjaan di kantor, masalah pribadi, ataupun banyak alasan lainnya, cobalah berolahraga dan hilangkan perasaan stres tersebut. Alasan ini jugalah yang menjadi alasan mengapa tidak sedikit orang gemar berolahraga.

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri

percaya diri

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga dapat memberikan bentuk tubuh yang ideal, baik bagi pria maupun wanita. Khususnya untuk pria, mereka yang sering melakukan olahraga angkat beban di gym juga dapat mendapatkan bentuk tubuh yang ideal yang jauh lebih cepat apabila dilakukan dengan benar. Tubuh yang ideal tersebut akhirnya akan memberikan rasa percaya diri tersendiri. Selain mendapatkan tubuh yang ideal, olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme yang lebih baik.

7. Meningkatkan Kekuatan Tulang

kekuatan tulang

Semakin bertambah usia seseorang, tidak dapat dipungkiri bahwa kekuatan tubuh manusia juga semakin berkurang. Hal Inipun juga berlaku untuk tulang manusia. Semakin tua seseorang, tulang merekapun akan semakin berkurang ketahanannya. Hal ini disebabkan karena berkurangnya mineral dalam tubuh sehingga membuat tulang semakin keropos.

Selain dari berolahraga, tentu saja hal ini juga bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi mineral yang dibutuhkan oleh tulang seperti kalsium contohnya. Salah satu olahraga yang dapat menambah kekuatan tulang adalah dengan angkat beban.

6. Meningkatkan Massa Otot

massa otot

Salah satu lagi alasan sehat mengapa kita harus sering-sering turin dan rajin berolahraga adalah karena olahraga dapat meningkatkan massa otot kita. Tubuh manusia terdiri dari banyak sekali otot. Otot-Otot inilah yang memberikan diri kita kekuatan untuk melakukan berbagai aktivitas baik dari yang ringan hingga yang terberat.

Selain itu otot juga berfungsi sebagai pengatur metabolisme tubuh. Selain merasakan bertambahnya kekuatan tubuh, mereka yang memiliki otot-otot kekar pasti juga merasakan bahwa metabolisme tubuh mereka juga meningkat. Perlu diketahui bahwa otot sering diibaratkan seperti kompor pada tubuh yang dimana kompor ini bertugas untuk membakar lemak.

5. Meningkatkan Daya Ingat

daya ingat

Rutin berolahraga dapat memberikan efek fisik yang sehat tapi tahukah Anda kalau ternyata olahraga juga dapat memberikan efek yang tidak hanya terlihat secara fisik tapi juga pada pemikiran Anda? Sebuah penelitian membuktikan bahwa rutin berolahraga akan dapat meningkatkan daya ingat kita sehingga kerja otak akan lebih maksimal. Bahkan ada yang menyarankan bahwa sebelum melakukan ujian atau presentasi, ada baiknya kita mencoba untuk berolahraga agar kerja otak lebih maksimal.

Sebuah jurnal berjudul Behaviour Brain Research menulis bahwa olahraga aerobik selama 1 sesi penuh dapat meningkatkan peredaran ke otak dan membuat otak dapat bekerja lebih maksimal.

4. Menambah Energi

energi bertambah

Beberapa orang menganggap ini tidaklah masuk akal. Hal ini karena mereka berasumsi selesai berolahraga pasti membuat diri kita lelah bukannya malah menambah energi. Ternyata hal itu tidaklah tepat, olahraga secara teratur terbukti dapat membuat kita merasa lebih berenergi. Hasil studi mengatakan dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari sebelum bekerja, dapat meningkatkan energi sehingga kita bisa mengerjakan aktivitas sesudahnya dengan lebih baik.

3. Menambah Daya Tahan Tubuh

daya tahan tubuh

Ini dia salah satu alasan utama mengapa olahraga adalah aktivtias sehat yang sudah terbukti. Menurut sebuah hasil studi, orang-orang yang rutin berolahraga memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Rutin berolahraga setidaknya dua hingga tiga kali seminggu terbukti dapat membuat tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit-penyakit seperti flu, batuk atau demam. Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, olaharaga juga mampu mengurangi resiko terserang penyakit diabetes.

2. Memperpanjang Hidup

usia panjang

Semua manfaat sehat olahraga di atas pada akhirnya akan memberikan kita satu manfaat utama, yaitu umur yang lebih panjang. Di dunia ini ada banyak sekali hal yang dapat 'memperpendek' umur kita, seperti contohnya merorok, mabuk, tidur telat, hingga duduk saja dapat memberikan kondisi medis yang serius. Lalu bagaimana caranya kita meminimalisir hal-hal yang memperpendek umur tersebut? Ya, tidak lain dan tidak bukan dengan olahraga tapi tentu saja yang terbaik adalah olahraga dengan tidak lagi melakukan hal-hal 'negatif' ini.

1. Olahraga Membuat Kita Bahagia

bahagia

Bahagia, siapa sih orang yang tidak mau memiliki hidup yang bahagia? Inilah alasan utama dan paling terutama dari mengapa kita hidup sebagai manusia. Sebagaimana kita melihat 10 Tips Sederhana untuk Hidup Lebih Bahagia, olahraga adalah salah satu tips tersebut. Dengan tubuh sehat, kita bisa lebih maksimal bekerja, menjalani hidup dengan perasaan diri yang lebih baik, tidak perlu takut sakit, memiliki percaya diri yang lebih baik, dan umur yang panjang.

Riset dari Universitas Bristol menemukan bahwa mood orang yang rutin berolahraga itu memang jauh lebih bahagia daripada orang yang tidak berolahraga. Jadi dengan berbagai manfaat positif dari berolahraga, baik secara fisik maupun mental tidak ada alasan sibuk lagi bukan? Setidaknya Anda bisa menggunakan 5-10 menit Anda untuk melakukan olahraga ringan jika memang kesibukan adalah salah satu hal utama yang membuat Anda malas berolahrga.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas