home -> Lainnya -> 10 Fakta Unik Tentang Hiu Yang Anda Tidak Tahu
18 Januari 2018 07:13

10 Fakta Unik Tentang Hiu Yang Anda Tidak Tahu

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 02, 2015

Masih ingatkah kalian dengan film Jaws? Banyak orang yang menganggap hiu adalah hewan mematikan dalam air yang juga menyeramkan. Padahal tidak semua hiu itu menyeramkan dan berbahaya bagi manusia. Selain gambaran yang menyeramkan akan hiu, ternyata ada banyak juga fakta unik tentang hiu yang mungkin tidak Anda tahu. Ini dia 10 fakta uniknya.

1. Beberapa Jenis Hiu Dapat Berhenti Berenang

Selama ini kita percaya bahwa bila hiu berhenti berenang, berarti hiu itu tidak lagi bernafas dan tenggelam dengan cepat dalam air. Kenyataan yang ada sebenarnya jauh lebih rumit, ada beberapa jenis hiu yang dapat berhenti berenang tapi dapat terus bernafas.

Mayoritas hiu menggunakan cara bernafas yang disebut ram ventilation dimana mereka memaksa air masuk melewati paru-paru dengen gerekan maju yang cepat. Ada juga beberapa hiu yang menggunakan cara bernafas lama yang disebut dengan buccal pumping. Cara ini digunakan ketika hiu beristirahat. Cara bernafas ini menggunakan otot mulut untuk menarik air sehingga mereka tetap bisa bernafas.

2. Hiu Dapat Bertahan Hidup Dalam Jangka Waktu Yang Lama

whale shark

Di Greenland pernah diketahui terdapat 1 jenis hiu yang dapat tumbuh sepanjang 6,4 meter dan hidup sampai 200 tahun. Hiu jenis ini tercatat sebagai salah satu binatang bertulang punggung dengan hidup terlama. Mereka cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut.

Selain Hiu Greenland, Hiu Paus juga diketahui memiliki umur yang panjang. Diketahui bahwa Hiu Paus dapat hidup sampai 100 tahun.

3. Serangan Hiu Terlalu Dibesar-besarkan

Serangan hiu dilaporkan bertambah berdasarkan data media pada tahun 2015 terutama di utara dan selatan pantai Carolina. Normalnya hanya 6 serangan per tahun pada daerah tersebut, tapi pada awal agustus 2015 telah ada 11 serangan hiu.

Menurut hasil studi Florida Program for Shark Research di Florida Museum of Natural History. Burgees percaya bahwa persentasi rata-rata serangan hiu semakin berkurang. Permasalahannya, jumlah orang yang pergi ke pantai semakin bertambah. Jadi walaupun serangan hiu berkurang, jumlah manusia yang diserang semakin bertambah karena banyaknya orang yang berenang di pantai.

4. Hiu Bukan Predator Utama Di Lautan

Banyak orang beranggapan bahwa hiu adalah hewan yang tidak memiliki predator atau pemuncak rantai makanan di lautan. Ternyata anggapan itu salah. Sebenarnya ada 1 hewan yang menjadikan hiu sebagai menu makanannya. Hewan tersebut adalah orca ato sering disebut paus pembunuh, walaupun orca masih termasuk dalam keluarga lumba-lumba. Orca telah memburu, membunuh dan memakan hiu besar seperti hiu mako dan great white shark.

5. Beberapa Hiu Dapat Bereproduksi Tanpa Hiu Jantan

hiu kepala martil

Biasanya hanya dapat dilakukan oleh ular dan hewan reptil, parthenogenesis adalah tipe reproduksi dimana bayi menetas dari telur yang tidak dibuahi oleh pejantan. Salah 1 jenis hiu yang dapat melakukannya adalah hiu kepala martil. Walaupun betinanya tidak pernah melakukan kontak dengan hiu jantan dalam jangka waktu 3 tahun dalam kurungan. Walaupun betina dapat menyimpan sperma, tidak diketahui jika mereka bias menyimpan dalam jangka waktu yang lama.

6. Hiu Merupakan Hewan Yang Terancam

Kita sering mendengar perburuan sirip hiu untuk dijadikan sup. dimana hal tersebut banyak terjadi di beberapa daerah Asia. Adapun berbagai alasan mengapa mereka sering diburu untuk dijadikan sup, khususnya karena alasan kesehatan. Hal ini jugalah yang membuat sirip hiu sangat mahal dan termasuk sebagai makanan 'elit'.

Untuk sup yang dikatakan 'sehat' inilah, banyak perburuan hiu terjadi dengan kejam. DImulai dengan menangkap, memotong, hingga melepasnya kembali untuk dibiarkan mati secara perlahan hanya demi sirip mereka.

7. Hiu Tidak Bebas Kanker

Mungkin hiu memiliki sistem pertahan yang baik dalam melawan kanker. Bukan berarti kita bisa menyembuhkan kanker dengan mengkonsumsi hiu. Sangat sulit mempelajari bagaimana hiu mendapatkan kanker. Bisa saja hiu yang sakit tidak dapat dipelajari karena telah menjadi santapan predator lain. Pada beberapa kasus, mengkonsumsi tulang rawan hiu tidak menghasilkan sesuatu yang efektif dalam melawan kanker.

8. Konsekuensi Dari Cage Diving

Setelah banyaknya film yang bertemakan tentang hiu, banyak perusahaan yang ingin melihat hiu langsung di habitatnya. Sekarang ini di beberapa dunia membuka bisnis usaha yang disebut cage diving. Dimana turis dapat menyelam sembari melihat hiu secara dekat di dalam menggunakan kurungan besi. Turis menaiki kapal, memakai pakaian menyelam yang disediakan kemudian masuk ke dalam kurungan besi yang nantinya akan dimasukan ke dalam air. Kemudian petugas akan memancing hiu kea rah turis. Dengan memancing hiu dekat pada manusia, ini bisa mengakibatkan hiu menjadi semakin terbiasa dan agresif terhadap manusia.

9. Mengorbankan Manusia Kepada Dewa Hiu

hiu berhenti berenang

Pada jaman dulu ada beberapa kelompok manusia yang menjadikan hiu sebagai dewa. Seperti yang terjadi di Hawai dan India, pemujaan terhadpa hiu terkadang melibatkan manusia sebagai korban. Di Hawai, beberapa dewa memiliki nama salah 1 nya adalah dewa hiu Kauhuhu.

Beberapa korban manusia ini tidak dilakukan dengan paksaan melainkan didasari oleh keinginan sendiri. Hal itu dilakukan karena merupakan bagian dari ritual atau sistem kepercayaan yang dianut pada masa itu.

10. Tidak Semua Hiu Berukuran Besar

hiu pgymy

Ini dia fakta unik hiu yang mungkin tidak pernah Anda tahu, ternyata tidak semua hiu selalu berukuran besar. Contohnya saja Hiu Pygmy, salah satu pengecualian ikan hiu yang berukuran sangat kecil, tepatnya spesies hiu terkecil di dunia.

Panjangnya hanya berkisar 8-10 inci yang dapat ditemukan di beberapa lokasis seperti Tenggara Atlantik dekat pulau Ascensio, Timur Noronha, Cape of Good Hope, Samudra India Madagaskar, sampai barat Australia. Makanan Hiu Pygmy sendiri adalah cumi-cumi, tulang ikan, dan udang. Hiu ini hidup di perairan dalam, jauh dari jangkauan ikan-ikan besar. Hiu Pygmy ini juga memiliki perut yang bercahaya dan berguna untuk menarik mangsa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas