home -> Lifestyle -> 7 Efek Samping Minuman Sehari-hari Anda
18 Agustus 2019 12:39

7 Efek Samping Minuman Sehari-hari Anda

Oleh raza dalam Lifestyle pada June 19, 2015

Manusia memiliki kandungan Air didalam tubuh mencapai 55-75%. Oleh karena itu apabila Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat maka kandungan Air didalam tubuh Anda akan menurun dan mengakibatkan keletihan. Efek jangka panjang dari tidak meminum air dapat mengakibatkan penurunan kadar konsentrasi bahkan dehidrasi yang dapat mengakibatkan kematian.

Sebagian besar orang umumnya mengkonsumsi minuman seperti teh ataupun kopi dipagi hari. Efek samping dari kafein dalam minuman ini mampu meningkatkan daya konsentrasi, bahkan teh memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kulit. Walaupun begitu mengkonsumsi terlalu banyak minuman tersebut memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh. 

Berikut merupakan 7 minuman umum yang memiliki efek samping :

7. Minuman Olahraga

minuman khusus untuk olahraga

Semakin banyak sekarang produk minuman yang ditujukan untuk orang yang banyak beraktifitas seperti olahraga. Umumnya minuman ini digunakan untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang ketika Anda melakukan aktifitas olahraga. Tahukah Anda bahwa keringat yang keluar dari hasil olahraga Anda mengandung Kalsium, elektrolit, sodium, potasium, magnesium, pospat.

Minuman olahraga memiliki efek untuk mengurangi dehidrasi dimana tubuh akan kekurangan cairan dikarenakan peningkatan suhu tubuh setelah aktifitas olahraga. Terlalu banyak meminum minuman olahraga ternyata dapat mengakibatkan batu ginjal maupun osteoporosis dikarenakan kadar kandungan sodium yang tinggi, dimana sodium ini mengakibatkan kalsium keluar dalam air kencing Anda. Sisa-sisa dari sodium yang tidak tercerna dalam ginjal mengakibatkan penyakit yaitu batu ginjal.

6. Jus Buah

jus buah-buahan

Salah satu cara lain dalam menikmati makanan buah-buahan yaitu disajikan sebagai minuman dingin. Jus buah-buahan juga populer sebagai salah satu sajian dalam meningkatkan imunitas tubuh dikarenakan jus memiliki kandungan nutrisi yang sehat maupun untuk diet.

Tahukah Anda bahwa ternyata mengkonsumsi terlalu banyak minuman jus dalam 1 hari tidak memiliki efek yang bagus pada tubuh Anda. Salah satunya adalah jus apel, apabila Anda mengkonsumsi terlalu berlebihan jus apel dapat mengakibatkan diare, maupun gas berlebihan didalam perut, hingga dapat mengakibatkan batu ginjal. Meminum jus juga ternyata dapat meningkatkan resiko obesitas dikarenakan gula dalam buah-buahan tidak terserap seutuhnya.

5. Alkohol

beer minuman beralkohol

Minuman alkohol yang paling umum dijual merupakan bir. Walaupun bir merupakan minuman beralkohol namun kadar kandungan alkohol dalam minuman ini tergolong rendah atau sekitar 2%. Minuman beralkohol yang paling keras memiliki kandungan hingga mencapai 60 - 80%.

Walaupun alkohol termasuk dalam minuman yang dilarang, namun minuman ini memiliki beberapa keuntungan tersendiri antara lain seperti meningkatkan gairah, mencegah dingin, mengurangi resiko diabetes dan bahkan memperpanjang umur jika anda meminumnya secara teratur. Walaupun begitu meminum alkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan resiko kecelakaan, kanker, penyakit ginjal maupun malnutrisi.

4. Soda

minuman bersoda coca cola

Soda merupakan salah satu minuman populer yang dapat Anda temukan dan beli dimanapun Anda berada. Negara dengan konsumsi minuman soda terbesar adalah Amerika. Jika Anda pergi ke berbagai restoran cepat saji, maka minuman bersoda merupakan salah satu minuman pendamping dari makanan Anda.

Tahukah Anda walaupun rasa soda yang tergolong nikmat ternyata Soda tidak memiliki nustri sama sekali yagn terkandung di dalam minuman ini. Bahkan jika Anda terlalu sering meminum minuman bersoda dapat meningkatkan resiko obesitas bahkan diabetes. Dalam 1 kaleng minuman soda ternyata mengandung kadar gula setara 10 sendok berbentuk cair, kandungan asam yang terkandung dalam soda juga dapat mengakibatkan kerusakan pada tulang.

3. Teh

minuman teh hijau

Jika Anda pergi ke berbagai warung makan seperti restoran, maka minuman teh sudah tidak asing lagi sebagai salah satu minuman yang tersedia. Teh memiliki beberapa manfaat jika dikonsumsi secara teratur antara lain kecantikan seperti memperhalus kulit, bahkan meminum teh dapat mengurangi stress dan sakit kepala, kemudian menghilangkan kantung mata yang menghitam.

Ternyata meminum teh juga dapat mengakibatkan kesulitan tidur ringan, teh memiliki kandungan kafein walaupun kadar kafein dalam teh tidak sebesar kopi. Efek insomnia ini akan bereaksi jika Anda meminum teh dalam jumlah 5 - 8 gelas. Meminum teh terlalu banyak juga dapat mengakibatkan osteoporosis, dimana terjadinya peningkatan pembuangan zat kalsium dalam tubuh Anda ketika Anda buang air kecil.

2. Kopi

minuman berkafein tinggi kopi

Jika Anda merupakan penikmat kopi ternyata minuman ini memiliki beberapa efek baik antara lain , mencegah penyakit diabetes tipe 2, kanker paru-paru maupun kanker payudara. Bahkan kopipun digunakan sebagai alat bantu perawatan dalam penakit sakit kepala, tekanan darah rendah maupun obesitas.

Akan tetapi ternyata meminum kopi secara berlebihan memiliki efek buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan pada orang di dalam tubuh Anda salah satunya adalah ginjal. Kopi juga memiliki kafein yang dapat mengakibatkan insomnia pada sebagian orang jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika Anda mengalami diare, sakit kepala, kesulitan bernapas dan peningkatan dalam pembuangan air kecil, dianjurkan agar Anda mengurangi minum kopi dan memperbanyak minum Air putih.

1. Air Putih

minuman murni air putih

Air putih merupakan satu-satunya minuman yang dapat di minum setiap hari tanpa adanya efek samping berlebihan. Sebagian besar orang di anjurkan untuk meminum sebanyak 2.5 liter air setiap harinya atau setara dengan 10 gelas air putih.

Fakta mengejutkan ternyata jika Anda makan sambil meminum air putih dapat meningkatkan porsi konsumsi buah-buahan maupun sayuran setelah sebagai hidangan penutup. Meminum Air secara berlebihan dalam jangka waktu pendek juga ternyata memiliki efek samping buruk dimana terjadinya peningkatan volume aliran darah, sehingga jantung dan ginjal Anda akan bekerja ekstra untuk menjaga agar volume air di dalam tubuh Anda dalam takaran yang aman.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas