home -> Top -> 10 Hewan Peliharaan yang Unik
19 Desember 2014 08:28

10 Hewan Peliharaan yang Unik

Oleh admin dalam Top pada February 22, 2013

Apakah Anda melihat memelihara hewan biasa itu membosankan? Atau mungkin Anda membutuhkan hewan peliharaan unik untuk melambangkan kepribadian Anda yang unik juga? Berikut 10 hewan peliharaan unik yang mungkin dapat menjadi masukan bagi Anda dalam memilih hewan peliharaan yang tidak biasa.

Sebelum Anda mencoba untuk memelihara hewan-hewan berikut ini, Anda harus mungkin harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai bagaimana pemeliharaan hewan tersebut atau mendapatkan izin untuk pemeliharaannya.

1. Marmut (Guinea Pigs)

hewan unik marmut

Jika Anda mempunyai anak yang masih kecil, maka memelihara marmut adalah pilihan yang tepat. Marmut tidaklah selemah dan sekecil hamster, tetapi mereka tetap berbulu, lucu dan menyenangkan. Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati jika anak Anda terlalu kecil seperti balita atau TK untuk memastikan mereka tidak melukai marmut peliharaan ini.

2. Tupai Terbang (Sugar Glider)

hewan unik tupai terbang

hewan berkantung berukuran saku atau kantong ini sangatlah lucu, sangat ramah, tetapi mungkin sulit untuk dilatih agar buang air pada tempatnya, mungkin karena ini Anda harus menempatkannya di kandang yang cukup leluasa. Mereka adalah hewan nokturnal, jadi waktu yang tepat untuk mengeluarkan mereka dari kandang adalah pada malam hari.

Beberapa pemilik yang memelihara tupai terbang akan mengebiri hewan ini karena mereka berkembang biak seperti kelinci. Anda juga harus dapat menghadapi kekacauan atau kotoran mereka karena pada saat mereka makan, tupai terbang akan hanya mengambil nutrisinya dan memuntahkan lagi makanan itu.

3. Burung Kutilang (Finches)

kasuari unique pet

Jika Anda suka dengan burung tetapi tidak menyukai burung yang berisik seperti burung nuri atau beo, pilihlah burung kecil yang pendiam seperti Burung Kutilang. Walaupun mereka terkadang dapat berisik, burung ini jauh lebih pendiam daripada burung parkit, nuri atau burung peliharaan lainnya. Dalam membeli peliharaan ini, pastikan Anda membeli sepasang (dua) karena mereka membutuhkan teman.

4. Chinchillas

unique pet chinchillas

Chinchillas adalah hewan yang menyerupai tupai tanah tetapi lebih kuat dan besar serta bertelinga besar dan aslinya berasal dari Amerika Selatan. Jika Anda tinggal di daerah dengan iklim yang dingin maka hewan ini dapat menjadi pertimbangan Anda sebagai peliharaan. Hewan nokturnal ini memiliki bulu yang lembut dan seperti semak.

Mereka tidak dapat hidup di daerah dengan yang cukup panas, jadi Anda harus memastikan hewan peliharaan ini tetap dingin. Mereka juga membutuhkan kandang yang cukup luas dan leluasa untuk dapat bergerak dengan bebas.

5. Umang-Umang (Hermit Crab)

hermit crab hewan unik

Hermit Crab atau di Indonesia dikenal juga dengan nama umang-umang. Cocok untuk orang yang tinggal di apartemen dan mencari hewan peliharaan yang pemeliharaannya mudah serta murah. Anda hanya membutuhkan tangki ikan atau aquarium tua, kerikil-kerikil, cangkang atau tempurung dengan berbagai ukuran karena mereka berganti cangkang seiring pertumbuhan mereka, makanan dan air.

Walaupun pada awalnya ada kemungkinan Anda dicapit oleh mereka, semakin sering Anda bermain dengan hewan peliharaan ini, maka kemungkinan Anda dicapit juga akan berkurang.

6. Landak (Hedgehog)

hewan unik landak

Landak sangatlah lucu sebagai peliharaan, tetapi selain faktor 'lucu' tersebut, ada banyak alasan lain kenapa Anda dapat mempertimbangkan landak sebagai peliharaan Anda. Hewan peliharaan ini tidak memiliki alergi, pendiam dan kecil jadi tidak memakan ruang. Tetapi pastikan Anda telah mengecek perizinan pemeliharaan dalam negara Anda sebelum memelihara landak karena di beberapa negara hal ini tidak diperbolehkan.

7. Sigung (Skunk)

unique pet sigung

Walaupun bau, sigung sangatlah lucu, jadi tidaklah membingungkan jika beberapa orang memelihara sebagai hewan peliharaan. Yang tidak kita ketahui adalah sigung yang menjadi hewan peliharaan biasanya kantung untuk mengeluarkan bau mereka telah dibuang jadi tidaklah perlu takut mereka bau. Mereka adalah hewan dengan penglihatan yang buruk, jadi membutuhkan tempat yang agak tertutup.

Pastikan Anda telah mengecek izin pemeliharaan sigung di negara Anda sebelum memelihara sigung karena hanya belasan negara yang di-izinkan memelihara hewan ini.

8. Fennec Fox

hewan unik fennec fox

Fennec Fox adalah rubah nokturnal yang berasal dari Afrika Utara dan mereka lucu serta cantik. Perilaku mereka menyerupai anjing tetapi Anda harus berhati-hati hewan ini kabur karena mereka sangatlah cepat. Anda juga harus memastikan izin dari pemeliharaan hewan ini.

Hewan ini sangat aktif, cepat, nokturnal, bersih dan lincah serta bersuara tinggi, tetapi mereka sangatlah mudah untuk dilatih seperti anjing. Mereka bahkan dapat dilatih agar pada saat dipanggil mereka datang.

9. Pot-bellied Pigs

pot boilled pig

Pot Bellied Pig adalah babi domestik dari Vietnam. Jika Anda mempunyai ruang yang cukup luas, pertimbangkan hewan ini sebagai hewan peliharaan. Walaupun ketertarikan untuk memelihara hewan ini sudah berkurang, tetapi mereka tetap merupakan hewan peliharaan keluarga yang sangat ramah.

Hewan ini memang bersih, tetapi tempat makan dan kandangnya akan cukup kotor dan berantakan. Jadi jika Anda tidak siap atas hal ini, mungkin Anda dapat mencari hewan peliharaan lain. Jika Anda keberatan atas besarnya hewan ini, maka coba Anda cari teacup pig sebagai miniatur dari hewan ini.

10. Semut (Ant Farm)

hewan_unik_semut

Jika Anda atau anak Anda tertarik dengan pengetahuan dan tidak ingin menghabiskan ruang atau waktu untuk sebuah peliharaan, pertimbangkan untuk memelihara semut. Memelihara semut sangatlah mudah setelah Anda mengatur tempat atau lahannya pertama kali, Anda tidak perlu membersihkan atau selalu memberikan makan setiap hari. Tahukah Anda kalau semut memiliki tempat penguburan spesiesnya sendiri? Ya, mereka memiliki tempat penguburan yang disebut Ant Bed.

Hanya pastikan Anda tidak membiarkan lahan atau tempat Anda memelihara semut  terbuka, atau Anda akan memiliki semut di seluruh rumah Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Artikel Serupa dari Portal Tahupedia
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas