home -> Unik -> 10 Hewan Paling Cepat di Dunia
18 Juli 2018 17:55

10 Hewan Paling Cepat di Dunia

Oleh raza dalam Unik pada February 04, 2015

Tahukah Anda bahwa pelari tercepat di dunia adalah Husain Bolt, dan ia menorehkan rekor lari 200 m hanya dalam waktu 19.19 detik di tahun 2009. Husain Bolt memiliki kecepatan maksimal mencapai 51.49 Km/h. 

Jika Husain Bolt merupakan pelari tercepat di Dunia versi manusia, maka versi hewan bahkan mampu berlari melewati kecepatan Husain Bolt. Bayangkan seberapa cepatkah Husain Bolt jika Anda beradu lari dengannya ? dan Bayangkan apabila Anda dikejar oleh 10 hewan tercepat di Dunia ini. Berikut merupakan 10 Hewan tercepat di Dunia :

10. Kanguru - 71 Km/h

Kangaroo Taking a break

Jika Anda mendengar kata Australia tentu Anda akan mengingat salah satu hewan ikonik dari negara tersebut yaitu kanguru. Hewan kanguru termasuk hewan marsupial yaitu dengan karakteristik utama memiliki kantung ditubuhnya untuk membawa bayi / anak.

Kanguru wanita akan hamil selama 21 - 38 hari, dan biasanya kanguru akan melahirkan 1 anak, namun kanguru dapat melahirkan hingga 4 anak walaupun jarang terjadi. Bayi kanguru yang lahir ukuranya hanya sebesar biji beras / kacang dengan kisaran ukuran sebesar 5 - 25 (Milimeter). Bayi kanguru akan tinggal di kantung ibunya hingga umurnya mencapai 10 - 1 tahun.

Kanguru termasuk hewan herbivora sehingga makananya meliputi rumput, bunga, daun, lumut hijau dan serangga. Jenis Kanguru terbesar merupakan Kanguru merah, menurut National geographic, ukuran kanguru merah dari kepala hingga pantatnya mencapai 1 - 1.6 (meter), dengan ukuran panjang ekor mencapai 90 - 110 (Centimeter), berat mencapai 200 kilogram.

Fakta mengejutkan mengenai kanguru ternyata kanguru tidak dapat berjalan secara normal, dikarenakan kakinya yang terlalu panjang, sehingga jika kanguru ingin berjalan secara perlahan maka mereka akan menggunakan ekornya yang panjang sebagai tumpuan.

9. African Wild Dog - 71 Km/h

African wild dog looking for hunt

Jika sekilas Anda melihat hewan ini mungkin yang terbayangkan dipikiran Anda adalah Hyena, hewan ini memiliki bentuk dan postur yang seperti hyena. Walaupun anjing ini termasuk anjing liar, Kebanyakan anjing ini dilatih dan digunakan sebagai anjing pemburu.

African wild dog memiliki panjang ukuran tubuh mencapai 85 - 141 (Cm), dengan berat tubuh dari 18 - 34 (Kg). Dengan umur hidup dari 10 hingga 12 tahun. Hewan ini termasuk jenis karnivora dengan makanan utama yaitu seperti antelope, gazelle, warthog, wildebeest, tikus maupun burung. Hewan ini termasuk dalam hewan yang berkelompok dengan jumlah 6 - 20 di satu kelompok, jangkauan wilayah setiap kelompoknya mencapai 1.500 km2.

Fakta mengejutkan ternyata Hewan ini memiliki nama ilmiah yang unik yaitu "Painted Wolf" di karenakan corak warna pada tubuh dari setiap hewan ini tidaklah sama satu dan lainnya sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan setiap individu.

8. Jack Rabbit - 72 Km/h

Jack Rabbit in the wild

Walaupun hewan ini termasuk kelinci namun jangan disamakan dengan kelinci peliharaan anda di rumah, hewan ini sebenarnya merupakan golongan hare, hare termasuk kelinci yang memiliki ciri spesifik seperti telinga yang panjang, kaki yang besar dan panjang, dan tentunya kecepatan yang berlari lebih tinggi daripada kelinci.

Jack Rabbit termasuk dalam golong kelinci hare, mereka memiliki telinga yang panjang dan besar digunakan untuk membantu mereka dalam mendeteksi hewan pemangsa, telinga tersebut juga dapat digunakan sebagai pengatur suhu temperatur tubuh. Kelinci ini termasuk hewan herbivora dan tidak terancam kepunahannya, akan tetapi kelinci ini termasuk sebagai sumber makanan hewan predator lain seperti coyote, Elang, rubah, bobcats, dan manusia.

Umur hidup dari kelinci ini mencapai 2 - 5 tahun umumnya, namun dapat bertahan hidup hingga 8 tahun. Kelinci ini dapat melompat sejauh 3 meter dengan kecepatan 64 (Kilometer).

7. Greyhound - 74 Km/h

Greyhound in the track race for dog

Dapat dikatakan bahwa anjing ini merupakan anjing penjinakan tertua didunia, kemungkinan terbesar greyhound berasal dari mesir, ketika jaman pharaoh. Jika Anda pernah melihat anjing yan berada digunakan pada simbol-simbol pyramid, anjing tersebut merupakan jenis greyhound.

Anjing ini terbilang merupakan anjing yang paling banyak disebutkan dalam sejarah seperti di yunani maupun roma, dimana anjing ini merupakan favorit dari Alexander The Great, dan merupakan anjing setia dari Homer Odyssey. Bahkan pada tahun 1700 an di England, hak untuk memelihara greyhound hanya dimiliki oleh bangsawan saja, dan siapapun yang membunuh hewan ini akan dihukum mati.

Fakta mengejutkan ternyata greyhound merupakan satu-satunya tipe anjing yang disebutkan dalam alkitab. Greyhound juga merupakan anjing pertama yang menapakkan kakinya di dunia baru ketika Christopher Columbus membawa anjing tersebut pada ekspedisi keduanya.

6. Singa - 80 Km/h

Lion feel a breeze of wind

Hewan yang dikenal sebagai Raja Rimba, simbol dari kekuatan, keberanian dan bangsawan merupakan hewan yang paling populer didunia, bahkan terdapat film animasi dari disney yaitu Lion King.

Kebanyakan dari hewan spesies kucing biasanya hidup sendiri namun berbeda dengan singa, singa telah menjadi salah satu hewan yang menerapkan sistem kelompok, dimana didalam 1 kelompok singa terdapat 5 - 10 singa betina, dan 2 - 3 singa jantan. Didalam kelompok tersebut biasanya singa betinalah yang melakukan perburuan, sedangkan singa jantan biasanya beristirahat dan tidur, yang bahkan mencapai 16 - 20 jam per harinya, akan tetapi singa jantan lebih aktif dimalam hari.

Ternyata raungan singa dapat didengar hingga 8 kilometer jauhnya. Singa terbesar yang pernah direkor mencapai berat 375 kilogram, sedangkan rata-rata berat singa jantan dewasa adalah 180 kilogram untuk Singa Afrika, 220 kg untuk Harimau Bengal, dan 230 kg untuk Harimau Siberia.

5. Blackbuck - 80 Km/h

Blackbuck ware of predator

Hewan yang termasuk dalam golongan rusa jantan ini memiliki fitur warna yang tergolong unik dengan warna hitam yang pekat dan campuran putih biasanya yang terdapat dibagian perut, lingkaran mata, dagu, dada dan bagian kaki dalam. 

Hewan ini memiliki tanduk spiral yang panjang dan runcing, bahkan panjang dari tanduk ini bisa mencapai 79 cm. Berat dari rata-rata blackbuck adalah 32 - 43 kg dengan panjang tubuh mencapai 120 cm. Biasanya dalam 1 kelompok rusa yang terdiri dari 5 - 50 rusa hanya terdapat 1 - 3 rusa jantan.

Blackbuck termasuk hewan yang teritorial dalam kelompoknya, apalagi ketika musim kawin tiba, dimana biasanya rusa jantan ini akan bersaing dengan rusa jantan lain dalam mepertahankan kawanan kelompok rusa betina, area dari teritorial rusa ini menjadi 1.2 - 12 Hektar. Selain Blackbuck, hewan serupa yang juga termasuk ke dalam golongan rusa atau kijang dan memiliki kecepatan yang sama adalah Rusa Thomson atau Thomson's Gazelle.

4. Wildebeest - 80.5 Km/h

Old WIldebeest in the wild

Wildebeest merupakan salah satu golongan antelop yaitu hewan yang menyerupai seperti rusa, walaupun kepala dari hewan ini lebih menyerupai banteng. Wildebeest merupakan antelop terbesar didunia.

Berat dari hewan ini mencapai 120 - 300 kg, dengan jangka waktu hidup mencapai 20 tahun, panjang hewan ini mencapai 2.4 meter dan tinggi hingga 1.4 meter. Jika biasanya yang membedakan hewan antelop betina dan jantan adalah tanduk, namun wildebeest betina dan jantan memiliki tanduk.

Wildebeest merupakan salah satu sumber makanan utama dari hewan predator seperti singa dan hyena, di Afrika biasanya hewan ini menjadi buruan utama. Ketika wildebeest merasakan adanya predator akan mengeluarkan bunyi raungan untuk memperingati kawanan sekitarnya dan kemudian berlari bersama dalam satu kelompok, wildebeest yang tertinggal dari kelompoknya menjadi incaran utama predator.

3. Springbok - 88 Km/h

Spring Bok jump away

Salah satu hewan yang tergolong dalam jenis antelop yang memiliki habitat di Afrika Selatan. Ukuran dari springbok tergolong kecil untuk golongan antelop. Panjang tubuh dari springbok hanya 1.2 - 1.4 meter, tinggi 74 - 89 cm, rata-rata panjang tanduk 35 cm, dan berat yang mencapai 30 - 48 kilogram. Karakteristik warna dari hewan ini merah kecoklatan dengan warna putih dibagian bawah tubuhnya.

Hewan ini tergolong unik dalam bertahan hidup dimusim kering bahkan tanpa minum air, dikarenakan springbok hanya membutuhkan air yang berasal dari tumbuhan yang dimakannya. Biasanya springbok makan ketika sebelum subuh dimana tumbuhan tersebut memiliki kadar air yang tinggi. Dalam beberapa kasus ekstrem bahkan dikatakan springbok tidak memerlukan air minum sepanjang hidup mereka.

Springbok dapat melompat sejauh 3.5 meter dan ketika menyentuh tanah lagi mereka dapat melompat kembali dengan jarak yang sama. Springbok ternyata memiliki warna lain yaitu hitam dan putih secara keseluruhan warna tubuh.

2. Pronghorn - 88.5 Km/h

Pronghorn in the hill

Walaupun bukan termasuk dalam golongan hewan antelop, namun pronghorn merupakan hewan yang memiliki tanduk bercabang dan menjadikannya satu-satunya hewan bukan antelop yang memiliki tanduk. Biasanya tanduk betina lebih kecil daripada jantan.

Pronghorn memiliki tinggi 90 cm, tanduk yang dapat mencapai 50 cm, berat dari 35 - 70 kg, dan umur hidup mencapai 10 tahun. Hewan ini hanya dapat ditemukan di Amerika Utara, yaitu dari selatan Kanada hingga Bagian Utara Meksiko.

Walaupun Pronghorn lebih lambat daripada cheetah namun Pronghorn memiliki jantung dan paru-paru yang besar, sehingga memungkinkan mereka untuk mempertahankan kecepetan lari mereka lebih lama dibandingkan cheetah.

1. Cheetah - 120 Km/h

Cheetah looking for a prey

Hewan ini tergolong memiliki populasi yang sedikit hanya berkisaran 7000 - 10.000 di alam liar, sebagian besar ditemukan di bagian timur dan barat daya Afrika. Cheetah memiliki bobot yang cukup ringan yaitu 50 - 63 kilogram, dan memiliki waktu hidup mencapai 20 tahun.

Walaupun cheetah dapat berlari 0 - 96 km/h hanya dalam 3 detik, namun cheetah hanya dapat mempertahankan kecepatan berlari maksimum mereka selama 30 detik sebelum akhirnya kelelahan. Jarak lompatan cheetah mencapai 6 - 7 meter dan hanya dilakukan dalam 2 kali lompatan. Cheetah hanya memerlukan minum 1 kali setiap 3 atau 4 hari.

Tahukah anda bahwa dibandingkan kucing berukuran besar lainnya seperti singa maupun macan, ternyata cheetah tidak dapat meraung keras. Raungan cheetah lebih mirip seperti dengungan kucing pada umumnya. Ternyata bintik hitam dalam pola bulu cheetah merupakan hasil dari kulit mereka yang berwarna hitam juga, sehingga bulu yang tumbuh berwarna hitam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas