home -> Unik -> 10 Hewan Paling Terkenal di Dunia
20 Januari 2018 13:47

10 Hewan Paling Terkenal di Dunia

Oleh admin dalam Unik pada January 19, 2015

Di dunia ini ada banyak sekali para pecinta hewan dan tidaklah membingungkan jika para pecinta hewan ini mengetahui keberadaan binatang yang popular. Tapi ternyata ada banyak juga hewan yang popularitasnya dapat kedengaran hingga telinga orang awam bahkan mereka lebih eksis dibandingkan orang-orang umumnya. Berikut adalah 10 hewan paling terkenal yang ada di dunia.

10. Marjan

Si Singa Marjan dan kucing

Sebagai akibat kekerasan di Afghanistan, kebun binatang Kabul yang tadinya di tahun 1960 membuat lebih dari 500 binatang harus mengalami kerugian yang cukup signifikan. Hingga di tahun 1978, seekor singa bernama Marjan diberikan ke kebun binatang tersebut oleh sekelompok grup dari Jerman. Selama 23 tahun Marjan telah melihat naik turunnya kehidupan Afghanistan, dimulai dari Pesta Demokrasi Orang Komunis, Revolusi Great Saur, hingga penyerangan USSR.

Di tahun 1996, seorang pria menyelinap ke kebun binatang tersebut dan memasuki kandang Marjan. Sesudah ia mencoba memegang si gina, Marjan membunuhnya. Tidak suka atas kematian temannya, salah satu teman dari si pria memasuki kebun binatang itu dan melemparkan 3 granat ke dalam kandang Marjan. Ledakan tersebut membuat Marjan buta, tuli, dan cacat. Orang yang melemparkan granat tersebut diserang masa dan dibunuh beberapa minggu sesudah kejadian itu.

Pada saat pasukan dari Barat memasuki Afghanistan, kondisi buruk kebun binatang Kabul baru terungkap ke dunia. Marjan, singa yang buta tiba-tiba saja mendapatkan popularitas dan menjadi selebritis secara instan. Para aktivis pelindung hak binatang berdatangan untuk membantu Marjan dan binatang lainnya. Walaupun ada banyak sekali respon positif untuk membantu singa ini, Marjan mati di Januari 2002. Ia kemudian dikubur dan di makamnya kemudian dituliskan: "Di sini berbari Marjan, berumur 23. Ia adalah singa paling terkenal di dunia."

9. Mao Mao

Panda Bersin Kaget

Apakah Anda pernah melihat video, gif, atau meme anak panda yang bersin membuat ibunya kaget? Video, gif, atau meme lucu itu berasal dari sebuah video singkat yang hanya berdurasi 16 detik tapi dapat membuat ibu dan anak panda di video tersebut begitu terkenal dengan jumlah penonton lebih dari 210 juta orang. Walaupun mungkin tidak banyak yang diketahui mengenai panda tersebut selain dari video lucu tersebut. Nama dari anak panda yang bersin itu tidak banyak diketahui namun tahukah Anda kalau nama dari ibu panda yang kaget adalah Mao Mao?

Menyedihkannya adalah ibu panda, Mao Mao, dalam video itu dilaporkan telah mati karena terlibat dalam bencana alam gempa bumi yang menyerang Wolong, Cina, di tahun 2008. Akan tetapi ada harapan dalam kabar buruk tersebut yaitu bayi panda dalam video tersebut selamat.

8. Endal

Endal Si Anjing Asisten

Endal adalah nama dari seekor anjing Pedigree Labrador Retriever yang dilatih secara khusus untuk memberikan bantuan operasional sehari-hari. Ia dapat merespon banyak sekali instruksi dan perintah berkode, seperti dalam hal berbelanja, menyala matikan saklar, menjalankan elevator, hingga menggunakan mesin cuci. Bahkan ia adalah anjing pertama yang dapat menggunakan ATM, memasukkan kartu ke dalamnya, menarik uang, dan menempatkannya ke dalam dompet.

Di akhir tahun 1990an, ia kemudian menjadi anjing yang melayani seorang penyandang cacat mantan angkatan laut, Allen Parton. Dalam tugasnya, Parton mengalami luka d kepala yang menyebabkan ia kehilangan setengah ingatannya. Di sinilah Endal bertugas untuk membantu Parton dalam aktivitas sehari-harinya. Endal kemudian diliput dalam berbagai acara televisi dan digunakan sebagai lambang anjing pembantu di pelatihan dan berbagai acara amal. Dalam masa hidupnya, Endal telah diliput oleh 340 kru, beberapa stasiun televisi di berbagai negara seperti Jepang, Australia, USA, Kanada, Eropa, dan Cina. Ia juga mendapatkan penghargaan medali emas untuk Animal Gallantry.

Barulah di tahun 2001, Endal mendapatkan perhatian dunia saat dirinya dilaporkan telah menyelamatkan nyawa Allen Parton. Dalam sebuah cara, Parton secara tidak sengaja terdorong jatuh dari kursi rodanya karena sebuah mobil menyebabkan dirinya tidak sadar. Endal kemudian menarik Allen ke posisi yang lebih baik, membawakan ponselnya, mengambilkan selimut, dan mencari pertolongan ke hotel terdekat untuk memberitahukan pihak berwajib. Sayangnya di 2009, tepatnya pada 13 Mei, Endal meninggal dengan namanya diabadikan sebagai anjing asisten terbaik di dunia.

7. Sockington

Sockington si kucing

Dunia digital Internet sangatlah penuh dengan kucing, namun di antara semua kucing itu ada satu yang dapat berdiri di paling atas, dia adalah seekor kucing lokal bernama Sockington. Sebenarnya tidak ada yang benar-benar spesial dengan Sockington hanya saja secara menakjubkan ia dapat memiliki sekitar 1,35 juta pengikut di akun Twitternya.

Merupakan kucing domestic liar dengan bulu pendek berwarna abu putih yang ditemukan di Stasiun Kereta Bawah Tanah Boston pada tahun 2004. Salah satu pemiliknya, Jason Scott, kemudian membuat akun Twitter untuk Sockington pada tahun 2007 dan secara terus menerus meupdate tweet untuk akun tersebut seakan-akan Sockingtonlah yang meupdatenya.

6. Laika

Laika si anjing di atas meja

Sebelumnya pernah masuk dalam artikel 10 Hewan Yang Pernah Diluncurkan Ke Luar Angkasa, Laika adalah anjing liar yang ditemukan di jalanan Moscow, Rusia dan ia akan menjadi anjing pertama yang pernah diluncurkan ke luar angkasa. Kisah resmi mengatakan bahwa Laika mati karena kehabisan oksigen sesudah 6 hari (pada saat itu belum ada teknologi untuk mengembalikan pesawat luar angkasa, jadi Laika memang adalah anjing yang sudah ditujukan mati di luar angkasa).

Setelah penelusuran lebih dalam, barulah diketahui abhwa ternyata Sputnik 2, pesawat yang meluncurkan Laika ke luar angkasa adalah pesawat luar angkasa yang pengerjaannya diuber-uber dan hanya memperbolehkan waktu 4 minggu untuk penyelesaiannya. Hal itu menyebabkan kegagalan pengatur temperatur dalam pesawat saat peluncuran yang ternyata menyebabkan Laika mati hanya sekitar 6 jam sejak peluncuran karena panas berlebihan. Nama Laika akhirnya dikenang melalui sebuah patung memorial di Star City, Rusia. Ia juga diabadikan dalam bentuk gambar perangko di tahu 1959.

5. Christian

Christian si singa, john randall, dan ace bourke

Christian Si Singa atau Christian The Lion adalah nama dari singa yang diadopsi oleh John Rendall dan Ace Bourke di tahun 1969. Christian kemudian dirawat dengan sangat baik dan iapun menjadi layaknya keluarga John dan Ace. Namun seiring pertumbuhan Christian, tubuhnya semakin besar, biaya perawatannya juga semakin mahal. Teman John dan Ace menyarankan mereka untuk meminta bantuan seorang pelestari lingkungan bernama George Adamson, yang dari sana disarankan agar Christian dilepaskan kembali ke alam liar.

Hal ini melihat bagaimana kehidupan di alam liar lebih cocok untuk Christian. Walaupun dirinya sangat dekat dengan John dan Ace, ia tidak dapat menikmati kehidupan besar di perkotaan seperti tidak mungkin ia berjalan-jalan di kota contohnya. Singkat cerita, Christian kemudian dilepaskan ke alam liar.

Beberapa tahun sesudah itu, John dan Ace ingin mengunjungi Christian. Mereka telah diperingati bahwa hal itu dapat berbahaya, karena Christian sekarang adalah kepala dari kelompoknya dan ia pasti sudah melupakan John dan Ace. Walaupun begitu John dan Ace tetap bersikukuh ingin menemui Chrsitian kembali. Setelah sampai pada awalnya Christian terlihat waspada namun setelah memasikan, ia berlari ke arah John dan Ace, memeluk mereka dengan hanya berdiri di kaki belakangnya. Kejadian mengharukan ini dipublikasikan dalam sebuah buku dan video dokumenter yang dapat Anda lihat di YouTube. Kisah ini juga diabadikan dalam sebuah buku cerita anak-anak yang mendapatkan 2 penghargaan atas kisahnya.

4. Paul

Paul si Gurita di akuarium

Anda yang mengikuti pertandingan bola khususnya pada Euro 2008 dan World Cup 2010 mungkin pernah mendengar nama dari Paul Si Gurita. Walaupun gurtia memang dikenal sebagai spesies yang pintar dengan ingatan dan kemampuan pembelajaran yang baik, namun ada yang membuat Paul Si Gurita menjadi hewan yang cukup terkenal. Ia disebut-sebut memiliki kemampuan meramal.

Kemampuan meramal Paul digunakan untuk memprediksi score hasil pertandingan bola Jerman dalam 2 kompetisi besar yaitu Euro 2008 dan World Cup 2010. Hal ini dilakukan dengan menempatkan 2 kotak makanan yang memiliki lambang bendera dalam akuarium Paul di Sea Life Center,Jerman dan kemudian melihat yang mana yang dipilih Paul. Walaupun seakan-akan terlihat Paul hanya ingin mendapatkan makanan, probabilitas Paul memilih jawaban yang benar tidaklah boleh diremehkan. Ia berhasil menebak 11 dari 13 pertandingan Jerman, bahkan ia berhasil memprediksi siapa pemenang final kompetisi itu.

Uniknya saat semi-final World Cup antara Jerman dan Spanyol, Paul memilih Spanyol dan menyebabkan masyarakat Jerman memandang remeh dirinya. Siapa yang menyangka bahwa Paul Si Guritalah yang akhirnya akan tertawa karena prediksinya benar.

3. Dolly

Dolly si domba kloning

Masih ingat dengan Dolly si domba kloning dalam pelajaran Biologi? Itu dia Dolly yang dimaksud. Dolly sendiri adalah mamalia pertama yang berhasil di-clone dari sebuah sel dewasa. Ia juga adalah "Domba paling terkenal di dunia," walaupun mungkin kompetisi untuk gelar tersebut sulit ditemukan. Walaupun keberhasilan clone ini adalah sebuah tembusan tersendiri dalam hal ilmu pengetahuan, ada kontroversial yang mengitari hal tersebut dimana beberapa orang melihat bahwa kloning ini pada dasarnya seperti kita bermain menjadi Tuhan.

Setelah proses kloning berhasil, Dolly dapat hidup sebagaimana domba umumnya bahkan ia mempunyai 6 anak sebelum akhirnya harus disuntik mati karena penyakit pencernaan. Dolly dapat hidup selama 6 setengah tahun, sedikit lebih lama dari setengah ekspetasi hidup domba umumnya. Tidak diketahui apakah yang menyebabkan penyakit itu adalah karena hasil kloning.

2. Boo

Boo si anjing lucu

Merasa pernah melihat anjing lucu di atas? Tidak perlu bingung karena jika Sockington adalah kucing paling eksis, maka anjing di atas adalah anjing paling eksis dan popular di jejaring sosial yaitu Boo. Anjing dengan muka TED ini mulai popular di tahun 2010, saat penyanyi pop Ke$sha me-tweet ke halaman twitternya dan juga selebritis TV realita Khloe Kardashian menyebutnya "anjing paling lucu di plane ini".  Terhitung sejak Januari 2015, Boo mempunyai lebih dari 17 Juta Likes di Facebook.

Boo sendiri adalah anjing ras pomeranian yang dipunyai oleh seorang karyawan Facebook yang berlokasikan di San Fransisco, US.  Ia kemudian menciptakan sebuah halaman Facebook untuk anjingnya tersebut yang tidak akan ia sangka-sangka dapat menjadi anjing paling terkenal di Internet, dibuatkan photobooknya sendiri, sampai cinderamatanya sendiri.

1. Hachiko

Patung Hachiko tampak perkotaan malam

Ini dia hewan paling terkenal di dunia, Hachiko. Baik Anda adalah penggemar hewan ataupun bukan, pasti banyak dari Anda yang sudah mendengar nama anjing satu ini. Hachiko sendiri adalah nama dari anjing ras Akita yang akhirnya menjadi simbol kebersamaan keluarga dan terlebih lagi kesetiaan abadi. Disebut-sebut anjing paling terkenal di sejarah Jepang, ia juga dikenal dunia melalui film yang menceritakan dirinya yaitu film dengan judul sama, Hachiko.

Kisahnya menceritakan mengenai dirinya yang memiliki seorang tuan bernama Professor Hidesaburo Ueno. Setiap pagi, Professor Ueno akan pergi bekerja menaiki kereta yang sama untuk pergi ke Universitas Tokyo dan kembali di sore hari dengan Hachiko menunggunya di sana. Hal ini terus terjadi selama 2 tahun hingga akhirnya si Professor meninggal karena sebuah kondisi medis. Walaupun si Professor telah meninggal, selama 9 tahun ke depan, setiap harinya Hachiko akan tetap pergi ke stasiun kereta untuk menunggu kepulangan tuannya yang tidak akan pernah kembail.

Mendengar hal ini, salah satu murid Professor Ueno mulai menuliskan sebuah cerita mengenai Haciko dan ras Anjing Akita. Orang-orang yang memang juga sudah terbiasa menaiki kereta di stasiun tersebut sudah terbiasa dengan keberadaan Hachiko, mereka kemudian akan membawa makanan dan minuman untuk dirinya, bahkan Hachiko akhirnya diberikan ranjang sendiri untuk menunggu. Hingga akhirnya Hachiko meninggal di tahun 1935 dan tubuhnya kemudian diabadikan menjadi sebuah patung yang dapat dilihat di National Museum of Nature and Science, Tokyo. Selain Hachiko ada anjing-anjing yang memiliki kisah serupa seperti Fido The Dog, Shep, atau Greyfriars Bobby namun yang paling terkenal adalah Hachiko.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas