home -> Misteri -> 10 Benda Mitologi Paling Menakjubkan
25 Juni 2019 00:14

10 Benda Mitologi Paling Menakjubkan

Oleh raza dalam Misteri pada December 06, 2014

Di antara begitu banyaknya kisah mitologi tidaklah jarang ada berbagai objek mitologi yang dikatakan dapat memberikan kekuatan menakjubkan kepada para penggunanya, dimulai dari mengubah apapun yang disentuh menjadi emas hingga menguasai dunia. Berikut adalah 10 benda mitologi paling menakjubkan sepanjang masa.

10. Book of Thoth

Book of thoth

Menurut mitologi Mesir Kuno, buku ini merupakan buku yang awalnya dimiliki oleh Dewa Mesir. Orang yang menemukan buku ini akan terkena kutukan dari dewa yang berakhir dengan kematian, namun bagi orang yang membacanya mereka akan memiliki 2 kemampuan, satu kemampuan untuk berbicara dengan hewan dan satu lagi memahami pikiran dewa.

Dalam legendanya, diceritakan bahwa salah satu pangeran Mesir berhasil menemukan benda mitologi satu ini dan kemudian menyimpannya, namun kutukan buku ini mengakibatkan keluarga dari pangeran ini terbunuh hingga akhirnya pangeran mesir ini mengambil nyawanya sendiri dengan bunuh diri. Pangeran mesir sesudahnya juga menemukan buku ini di makam pangeran sebelumnya, dikatakan pada saat hal itu terjadi, roh pangeran terdahulu memberitahukan peringatan akan kutukan buku tersebut. Akhirnya buku ini dikuburkan kembali dan tidak pernah ditemukan.

9. Ring of Gyges

Ring of gyges

Masih ingat dengan jubah tembus pandang Harry Potter? Nah cincin satu ini dikatakan memiliki kekuatan yang serupa. Cincin dalam mitologi ini adalah objek yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan wujud pemakainya. Menurut legenda, cincin ini ditemukan oleh seorang filsuf ternama Plato, ketika dirinya sedang mengembalakan domba terjadi gempa bumi yang sebegitu dasyatnya sehingga mengakibatkan tanah disekitar nya terguncang. Pada lokasi tersebutlah terdapat goa tersembunyi yang kemudian Plato memasukinya.

Dalam penelusurannya, ia menemukan sesosok mayat dari makhluk bukan manusia, di jari tangan mayat tersebut terdapat sebuah cincin yang tidak lain dan tidak bukan adalah Ring of Gyges ini. Ketika plato memakai cincin tersebut dirinya memiliki kemampuan untuk menghilang. Dikatakan bahwa dengan kekuatan cincin tersebut dirinya membunuh raja dari kerajaan setempat dan akhirnya ialah yang menjadi raja.

8. Cintamani Stone

Cintamani stone

Anda pasti pernah mendengar legenda mengenai batu sakti bernama philosopher stone bukan? Dikatakan bahwa batu philosopher itu dibuat oleh seorang alchemist dam memiliki kemampuan untuk merubah segala macam besi menjadi emas. 

Dalam mitologi kuno, batu Cintamani ini memiliki kedudukan atau kemampuan sejajar dengan philosopher stone akan tetapi kemampuan batu ini berbeda dengan philosopher stone. Cintamani dikaitkan erat dengan artefak Buddha yang dapat mengabulkan segala macam permohonan dari pemiliknya. Dikatakan juga bahwa batu ini berada di daratan Asia Tenggara, namun sebagaimana kisah mitologi, sampai sekarang tidak diketahui keberadaan dan kebenaran dari cerita tersebut.

7. Aegis

Shield of Aegis

Nama dari benda mitologi satu ini sangatlah popular dan memang sering dikaitkan sebagai perisai yang mampu memberikan perlindungan luar biasa bagi pemakainya. Dalam kisah mitologi Yunani, Aegis adalah perisai kepemilikan Athena yang digunakan oleh Zeus.

Juga popular karena pahlawan Yunani ternama Perseus. Ketika ia diperintahkan untuk membunuh Medusa, ia menggunakan perisai aegis ini sebagai pancaran cermin untuk melindungi dirinya dari tatapan medusa. Ketika Perseus berhasil membunuh Medusa, Athena kemudian meminta kepala Medusa dan menggunakan kepalatersebut di bagian depan perisai ini. Oleh karena itu dikatakan bahwa perisai Aegis memiliki lambang atau simbol kepala medusa.

6. Helmet of Invisibility

Helmet of Invisibility

Salah satu dari 3 benda yang dibawa oleh Perseus ketika dirinya diperintahkan untuk membunuh medusa. Sebagaimana namanya, orang yang menggunakan helm ini dapat menghilangkan wujudnya seketika dan mendapatkan perlindungan dari dewa agar ia tidak terdeteksi oleh para musuhnya.

Helm ini diberikan oleh Athena kepada Perseus. Tidak diceritakan secara jelas dimana helm ini berada setelah Perseus berhasil membunuh medusa, Helmet of invisibility juga di kenal dengan nama lain yaitu Helmet of Hades.

5. Hand of Midas

Tahupedia - hand of midas

Benda mitologi satu ini cukuplah terkenal di dunia. Diceritakan bahwa pada zaman dahulu kala ada seorang raja yang memiliki kemampuan untuk mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Kisah itu adalah mengenai kisah Raja Midas. Tentu saja hal ini membawa kekayaan yang besar namun malapetaka muncul. Ironisnya, karena apapun yang ia sentu menjadi emas akhirnya semua makanan yang ia sentuh juga akan menjadi emas dan ia harus mati kelaparan diakibatkan kekuatannya sendiri.

Kisah ini memiliki versi lainnya. Di versi lain, diceritakan bahwa Raja Midas memohon kepada para dewa untuk menghilangkan kemampuannya. Para dewa mendengarkan permohonannya dan menyuruh dirinya untuk mencuci tangannya di sungai Pactolus, sebuah sungai di Turki. Ia-pun kemudian mencuci tangannya di sungai tersebut, kekuatan nya mengalir di sungai tersebut yang mengakibatkan pasir di sungai tersebut menjadi emas. Legenda inilah yang menceritakan mengapa sungai Pactolus penuh dengan emas.

4. Hand of Glory

Hand of Glory

Berbeda dengan Hand of Midas yang dapat mengubah apapun yang disentuhnya menjadi emas. Hand of Glory merupakan objek kutukan yang adalah hasil dari sihir hitam. Dikatakan bahwa Hand of Glory diciptakan dari sebuah tangan jenazah. Rambut dari jenazah tersebut digunakan sebagai sumbu sebuah lilin, yang baru dari lilin tersebut secara sedemikiran rupa cairannya diteteskan ke tangan jenazah itu sendiri. Kekuatan dari tangan ini mampu membuka kunci pintu apapun dan membuat setiap orang terhenti.

Cara membuat Hand of Glory ditulis pada buku yang berjudul Compendium Maeficarum, yakni buku sihir berbahasa latin yang dipublikasikan pada tahun 1608. Isi dari buku ini juga ada mengenai perjanjian dengan iblis.

3. Eye of Horus

Eye of horus

Kebanyakan dari Anda pasti pernah melihat simbol satu ini, umumnya pada hal-hal yang berakitan dengan ukiran mesir. Simbol yang sering terlihat di berbagai macam ukiran peninggalan sejarah Mesir ini ternyata dikatakan merupakan sebuah jimat pelindung. Dalam buku kuno Mesir, buku kematian menceritakan bahwa Eye of Horus memiliki pasangan yaitu Eye of Ra namun juga sering disebut menunjuk ke satu benda mitologi yang sama.

Kekuatan dari Eye of Horus sendiri adalah sebagai penanda dari penguasa Mesir dan ia merupakan simbol perlindungan, kekuatan kerajaan, dan kesehatan. Jimat ini adalah penjaga roh Pharaoh ketika dirinya meninggal.

2. Kusanagi

Pedang kusanagi miliki sasuke komik naruto

Sebelumnya telah pernah muncul dalam artikel 10 Pedang Misterius dan Paling Terkenal Dalam Sejarah dan Legenda. Menurut legenda Hepang, pedang ini berasal dari tubuh ular berkepala delapan yang dibunuh oleh Susanoo, yaitu Yamata no Orochi. Ketika Susanoo memenggal bagian tubuh dari ular ini muncullah pedang yang kemudian diberi nama Kusanagi.

Dalam legenda Jepang, orang yang menggunakan pedang ini bernama Yamato Takeru dan ia berhasil menghindari kematian akibat kobaran api, di samping ini ia juga dapat mengendalikan angin hanya dengan mengayunkan pedangnya.

Pedang Kusanagi dikatakan berada di Kuil Atsuta, tapi tentunya pedang Kusanagi ini tidak pernah diperlihatkan secara langsugn melainkan hanya dibalut dalam sebuah kain. Tidak ada yang dapat membuktikan kebenaran dari mitos objek mitologi yang terkenal satu ini.

1. Spear of Destiny

Spear of destiny

Spear of Destiny adalah nama dari tombak yang digunakan untuk menusuk Tuhan Yesus ketika diri-Nya disalibkan. Benda ini memiliki beberapa nama, namun nama yang palng dikenal adalah Spear of Destiny atau Spear of Longinus.

Terdapat kisah lain dari tombak ini, dikatakan bahwa Tuhan Yesus bukan meninggal karena disalibkan, melainkan justru karena Ia di tusuk oleh tombak milik seorang prajurit Romawi. Karena itu, tombak ini kemudian memiliki kekuatan khusus, orang yang memiliki tombak ini dikatakan akan menguasai dunia.

Terakhir kali terlihat pada tahun 1244, Raja Louis IX dari perancis menyimpan tombak ini namun ketika revolusi perancis terjadi, Spear of Destiny dipindahkan dari tempat asalnya dan tidak pernah ditemukan kembali.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas