home -> Lainnya -> Suara Manusia Bisa Memecahkan Gelas Kaca?
24 November 2017 23:57

Suara Manusia Bisa Memecahkan Gelas Kaca?

Oleh admin dalam Lainnya pada November 16, 2014

Banyak rumor yang mengatakan bahwa suara penyanyi opera yang sangat keras dapat dengan mudah memecahkan kaca, tepatnya gelas kaca. Lalu apakah hal ini benar adanya atau hanya sekedar mitos belaka? Jika benar, bagaimana mungkin manusia dapat memecahkan gelas kaca hanya dengan suara mereka? Bagaimana dengan objek-objek lainnya, langsung saja kita lihat faktanya.

Memecahkan Gelas

Gelas kaca yang pecah bertaburan

Salah satu yang paling sering terlihat di berbagai media dan literatur fiksi adalah suara yang begitu kencangnya hingga mereka dapat memecahkan kaca-kaca di dalam ruangan. Terlepas dari karya fiksi beberapa sumber juga mengatakan bahwa penyanyi opera dapat memecahkan gelas yang terbuat dari kaca hanya dengan suara mereka. Apakah ini semua adalah fakta aktual atau sekedar mitos belaka?

Singkat kata, hal ini adalah benar apa adanya alias merupakan fakta nyata. Kepercayaan ini memang telah ada sejak lama namun baru dibuktikan secara nyata melalui sebuah video oleh mythbuster dan mereka tidak hanya membuktikan sekedar suara keras namun juga adalah suara manusia, tepatnya oleh suara rocker Jamie Vandera di tahun 2005. 

Bagaimana Mungkin Suara Manusia Dapat Memecahkan Kaca?

Memecahkan gelas hanya dengan suara

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya suara manusia bisa memecahkan sebuah gelas kaca? Seperti yang Anda ketahui, suara dapat tercipta karena adanya getaran dalam bentuk gelombang frekuensi suara melalui medium-medium seperti udara atau air. Nah setiap benda di sekitar kita memiliki apa yang dikenal dengan nama "natural frequency" atau frekuensi natural yakni frekuensi alami dimana sebuah objek bergetar. Layaknya gelas kaca yang diketuk dengan garpu, mereka akan mengeluarkan sebuah suara natural bernada tinggi selagi mereka bergetar.

Secara teori, suara manusia dapat memecahkan objek tersebut dengan menyamai frekuensi natural atau nada tinggi yang dikeluarkan objek tadi. Dengan begitu maka objek tersebut akan bergetar cukup kuat, retak, dan akhirnya pecah. Hal inilah yang dibuktikan oleh mythbuster. Mereka membuktikannya dengan melakukan eksperimen terhadap gelas kaca anggur alami yang belum melalui proses damping.

Proses damping sendiri adalah sebuah proses sintetik dengan menggunakan kaca tertentu agar gelas tidak bergetar membuatnya lebih tahan pecah.

Kondisi-Kondisi Tertentu

Gelas anggur yang pecah karena amplifier suara

Setelah kita mengetahui teori di balik suara yang dapat memecahkan kaca ini, tidak berarti semua objek dapat Anda pecahkan dengan suara Anda. Ada beberapa kondisi yang juga menentukan seberapa mudah atau seberapa sulit objek tersebut dapat pecah.

Kondisi yang pertama harus dipastikan adalah objek itu sendiri. Alasan mengapa mythbuster memilih gelas anggur sebagai ojek mereka adalah karena gelas anggur berbentuk silinder dan mereka lebih rapuh atau lemah dibandingkan objek-objek lainnya. Bentuk gelas anggur yang silinder akan mengurung suara yang masuk dan menyebabkan getaran dapat tercipta lebih kuat. Di samping itu kaca di gelas anggur juga lebih tipis. Jadi jika kita membicarakan kaca yang tebal dengan bentuk yang solid maka Anda harus menggunakan suara yang sangat kuat atau amplifier yang juga sangat kuat dan itupun belum tentu berhasil.

Kondisi berikutnya adalah seberapa dekat sumber suara ke objek terkait. Sebagaimana kita tahu semakin dekat sumber suara maka tentunya akan semakin kuat frekuensi yang sampai ke objek terkait dalam kasus ini adalah gelas kaca. Bahkan dalam episode mythbuster, Jamie Vandera meletakkan mulutnya sangat dekat ke gelas anggur dan itupun ia coba berkali-kali.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah seberapa kuat suara Anda dan juga kecacatan pada objek Anda. Walaupun tidak terlihat secara kasat mata, apabila si gelas kaca sudah memiliki retak kecil maka suara yang kencang dapat lebih mudah untuk memecahkannya. Dari sini kita bisa melihat bahwa agar suara manusia dapat memecahkan kaca tidaklah semudah yang dibayangkan kecuali jika Anda menggunakan amplifier yang akan membuat suara Anda jadi jauh lebih keras serta kuat.

Penyanyi Opera

Penyanyi opera berusaha memecahkan gelas kaca

Sebagaimana telah dikatakan di atas, ada banyak sekali rumor-rumor yang mengatakan bahwa penyanyi opera dapat dengan mudah memecahkan gelas kaca hanya dengan suara nyanyian mereka. Ini karena setiap suara yang kita dengar dan keluarkan dapat diukur kekencangan dalam satuan yang dikenal dengan nama desibel (dB).

Umumnya suara manusia adalah sekitar 50-60 desibel dan pada saat berteriak mencapai sekitar 80 dB. Diperkirakan untuk dapat memecahkan gelas anggur layaknya di atas dibutuhkan sekitar 100 desibel. Penyanyi opera sendiri telah terlatih untuk menghasilkan suara lebih dari 100 dB dan itu adalah frekuensi yang cocok dengan frekuensi natural dari si gelas anggur.

--

Tertarik mencoba? Jika iya, pastikan Anda terlebih dahulu membaca instruksi-instruksi di wikiHow agar mengetahui tingkat keamanan apa dan bagaimana tepatnya Anda harus melakukan 'eksperimen' Anda itu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas