home -> Teknologi -> eSports Gamer, Dari Anti Sosial Jadi Selebritis
19 Januari 2018 07:00

eSports Gamer, Dari Anti Sosial Jadi Selebritis

Oleh admin dalam Teknologi pada November 12, 2014

Bermain video game sebagai pekerjaan adalah impian banyak orang selagi masih muda. Percaya atau tidak, nyatanya memang ada gamer yang melakukan hal tersebut dan uang penghasilan mereka sangat besar. Siapa yang menyangka gamer, dari yang tadinya dipersepsikan sebagai anti sosial bisa menjadi selebritis dalam bidang mereka sendiri bahkan ada yang dikenal secara mendunia.

Electronic Sports

Para gamer dan penonton di electronic sports

Pada zaman sebelum munculnya apa yang kita kenal sebagai Electronic Sports alias eSports, tidaklah jarang orang-orang melabel penggila game atau gamer sebagai seseorang yang anti-sosial. Mereka dilabelkan sebagai seorang "geek", introvert, dan tidak suka bersosialisasi. Walaupun pada kenyataannya pandangan itu tidak benar sama sekali namun label-label seperti ini sering sekali terlihat. Kemudian sejak muncul apa yang dikenal sebagai eSport, padangan tersebut mulai perlahan-lahan berubah.

Electronic Sport atau eSport sendiri adalah sebutan untuk kompetisi-kompetisi video game yang biasanya mengacu ke kompetisi antara para gamer profesional, dan hadiah yang ditawarkan kompetisi-kompetisi ini tidaklah boleh diremehkan. Pada tahun 2013, kompetisi eSport Dota 2, The International, memberikan hadiah utama sebesar 1,4 Juta US Dollar atau sekitar 17 Miliar Rupiah. Sedangkan untuk tahun ini adalah tahun yang paling mengagumkan dimana kompetisi The International tersebut memecahkan rekor hadiah terbesar, yaitu dengan total hadiah sebesar 10 Juta US Dollar.

Professional Gamer

Anggota tim Na'Vi Saat memenangkan kompetisi dota 2

Berdasarkan atas besarnya jumlah hadiah inilah mulai muncul "karir" yang berlabelkan Professional Gamer. Walaupun masih sangat baru, Hal ini sering terdengar di negara-negara asing seperti di US contohnya. Bahkan di negara-negara asing telah dibentuk berbagai tim professional yang memang dibuat untuk memenangkan kompetisi-kompetisi eSports. Tim-tim ini disponsori oleh berbagai perusahaan teknologi ternama seperti Razer, NVidia, Corsair, dan banyak lainnya dengan satu tujuan yaitu memenangkan semua kompetisi yang mereka ikuti.

Sayangnya, di Indonesia hal ini masih sangat baru dan sangat jarang terdengar kecuali mereka yang memang penggila game. Salah satu yang paling dikenal di Indonesia adalah Monica Carolina, founder dari Nixiagamer, yang juga adalah gamer wanita asal Indonesia yang telah memenangkan berbagai kompetisi eSport lokal maupun Internasional.

Namun sepertinya pemerintahan mulai mengakui keberadaan e-sport. Pada 24 Juni 2014 tepatnya di gudang serba guna KONI senayan, pemerintahan Indonesia mengukuhkan sebuah asosiasi yang ditujukan untuk komunitas gamer eSport. Nama dari asosiasi ini adalah IeSPA yang merupakan kependekan dari Indonesia e-Sports Association.

Menjadi Selebritis

Dendi, selebritis dota 2 seorang millionaire

Dengan kemunculan banyaknya platform yang mendukung keberadaan dunia gaming maka tidaklah dapat dipungkiri bahwa pasti ada beberapa penggila game atau gamer yang pada akhirnya dikenal juga secara mendunia. Beberapa orang yang dikenal secara mendunia berkat eSports adalah Fatal1ty, Lee "Jaedong", dan Danil "Dendi" Ishutin. Selain ketiga orang ini masih ada banyak gamer professional lainnya yang juga tidak kalah terkenal keberadaannya.

Pewdiepie, orang terkaya di YouTube

Mengagumkannya adalah terlepas dari eSport, ada juga orang yang berkarir sebagai gamer dan mendapatkan penghasilan yang disebut-sebut sangat luar biasa bahkan melebihi para professional gamer nyata, dan ia adalah bintang YouTube. Tahukah Anda siapa? Dia adalah PewDiePie atau seorang pria kelahiran Swedia bernama lengkap Felix Arvid Ulf Kjellberg. Tidak ada yang tahu tepatnya berapa besar penghasilan yang ia dapatkan dari YouTube, namun akunnya adalah akun dengan subscriber terbanyak di YouTube. Beberapa orang berasumsi setiap tahunnya ia memiliki penghasilan sekitar 4 Juta US Dollar atau sekitar 48 Miliar Rupiah hanya dari video game YouTubenya.

Tertarik Menerjuni eSports?

Oke, melihat penghasilan-penghasilan luar biasa dari para gamer ini mungkin kita akan sangat terkagum-kagum. Lalu apakah Anda harus mulai menerjuni dunia eSports? Tunggu dulu, ketahuilah bahwa hal ini tidaklah segampang yang Anda bayangkan. Para gamer professional ini telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan keahlian mereka dengan memainkan game yang sudah tidak terhitung banyaknya. Dan Anda juga perlu mengetahui bahwa ribuan orang telah mencoba untuk menerjuni dunia ini namun hanya sedikit yang berhasil.

Saya sendiri tidak ingin menakut-nakuti Anda namun apabila Anda merasa Anda memang memiliki keahlian yang pantas untuk memasuki dunia Internasional eSports maka Anda mungkin boleh mencobanya. Tapi ketahuilah bahwa waktu itu adalah hal yang sangat berharga, pastikan Anda sudah memikirkannya matang-matang, pastikan juga Anda memang adalah penggila video game. Video di atas akan menunjukkan bagaimana susahnya berkarir sebagai seorang gamer professional.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas