home -> Teknologi -> Facebook Di Tahun 2024
19 Januari 2018 07:00

Facebook Di Tahun 2024

Oleh admin dalam Teknologi pada November 08, 2014

Sekarang ini Facebook mungkin dikenal sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, lalu bagaimana dalam 5 atau 10 tahun ke depan? Perkembangan di dunia teknologi Internet sangatlah tidak pasti, ada yang naik dan ada yang turun. Tapi ternyata Mark Zuckerberg sudah mempunyai rencana konkrit akan jadi seperti apa Facebook di tahun 2024. Ini dia gambaran Facebook di tahun 2024 nantinya.

Naik Turunnya Kejayaan Di Dunia Digital

Jejaring sosial sekarang ini

Seperti yang telah dikatakan di atas, kejayaan dalam dunia teknologi online sangatlah tidak pasti ada yang naik dan juga banyak yang turun. 10 tahun sebelum sekarang ini, Friendster baru saja mulai memperkenalkan apa yang kita sekarang kenal dengan namanya jejaring sosial, dan Facebook hanyalah sekedar ide dari seseorang tidak dikenal bernama Mark Zuckerberg. Bahkan ide dari Twitter dan Google+ saja belum ada.

Siapa yang menyangka bahwa jejaring sosial ternama Friendster pada zaman itu akan digantikan dengan sebuah jejaring sosial yang akan jauh lebih booming, tidak lain dan tidak bukan Facebook. Lalu apakah hal yang sama akan terjadi ke Facebook di 10 tahun ke depan? Menyadari akan hal ini, Mark Zuckerberg sebagai CEO facebook telah memiliki rencana konkrit akan bagaimana caranya mempertahankan kejayaan Facebook sebagai raja jejaring sosial hingga tahun 2024 nantinya.

Facebook Sekarang Ini

evolusi perubahan dari monyet hingga ke facebook

Sekarang ini Facebook mungkin terlihat dan dikenal sebgai raja jejaring sosial tapi nyatanya ia dapat dideskripsikan sebagai teknologi yang sudah mulai "membosankan." Sehari-hari dalam dunia Facebook hanyalah me-post gambar, status, artikel, atau video. Melihat apa yang di-post oleh orang lain, jarang-jarang menuliskan komen, dan secara garis besar hanya melakukan scroll ke bawah sembari membaca post-post orang.

Hal ini mungkin terdengar membosankan, namun tidak dapat dipungkiri banyak orang tetap melakukan hal ini. Hingga sekarang perkembangan Facebook tetap melaju dengan baik dimana sudah ada sekitar 1,23 miliar user terdaftar sebagai pengguna Facebook. Tidak hanya itu saja, Facebook juga terus memperluas 'pangsa pasarnya' tersebut dengan membeli berbagai aplikasi ternama seperti Instagram, WhatsApp, dan yang terbaru adalah Oculus Rift.

Facebook di 3 Tahun Ke Depan

Facebook melakukan banyak akuisis di 3 tahun ke depan

Mark Zuckerberg mengatakan bahwa rencana Facebook di 3 tahun ke depan dari sekarang tidaklah berbeda banyak dari bagaimana Facebook sekarang ini. Tujuan mereka tetap akan memperluas komunitas di dalamnya dan juga membantu berbagai bisnis mencapai potensial optimal mereka. Mark tetap ingin mempertahankan kemajuan Facebook yang dapat dikatakan tetap relatif kuat yakni dari 1,23 miliar user yang terdaftar ada sekitar 864 juta orang menggunakan Facebook setiap harinya.

Kemudian Mark juga ingin lebih mempopularkan berbagai produk Facebook seperti platform video Facebook contohnya. Yang secara mengejutkan tidak kalah popular dari YouTube, pada saat "ice bucket challenge" sedang popular platform Video Facebook mereka telah menarik perhatian lebih dari 10 miliar penonton yang mencakup 440 juta pengguna. Hal yang serupa juga dapat terlihat pada perkembangan Instagram.

Dari sisi monetasinya, Facebook akan terus memiliki nilai tersendiri sebagai bidang pemasaran digital. Kualitas iklan dan artikel yang ditawarkan akan terus dikembangkan dan ditujukan untuk dapat mencapai orang-orang yang lebih tepat.

Facebook di 5 Tahun Ke Depan

facebook sebagai platform teknologi

Pada 5 tahun ke depan, Mark mengatakan bahwa rencana mereka adalah membawahi berbagai aplikasi layanan next-gen seperti Instagram, Messenger, WhatsApp, dan juga pencarian Facebook Graph untuk dapat menghubungkan miliaran orang dan memiliki nilai bisnis yang lebih daripada sekarang. Fokus utama akan lebih ke arah IM (Instant Messaging) melalui Messenger dan WhatsApp. Permulaan dari hal ini telah terlihat dari kemunculan aplikasi Facebook di smartphone-smartphone seperti iOS dan Android agar orang-orang dapat dengan mudah mengaksesnya tanpa perlu repot-repot buka browser. 

Kemudian dalam rentang waktu 5 tahun ini, Facebook juga akan menjadi dasar yang kuat bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi mereka melalui platform Facebook, atau singkatnya menghubungkan tidak hanya dalam hal pengguna namun juga hal aplikasi. Hal ini dapat digambarkan seperti mereka ingin menjadi Android sekarang ini sebagaimana kita bisa melihat banyaknya smartphone-smartphone yang menggunakan Android sebagai OS mereka.

Facebook Pada Tahun 2024

Facebook menghubungkan dunia

10 tahun dari sekarang, Facebook akan mencatatkan perubahan penting dalam dunia yaitu dengan mulai mencapai misi mereka untuk menghubungkan seluruh dunia, kemajuan dalam hal AI (Artifical Intelligence), dan juga mengembangkan platform generasi lanjut.

Untuk mencapai impian masa depan ini, Mark sebagai CEO dari Facebook akan lebih agresif untuk melakukan investasi. Contoh nyata dapat dilihat dari akuisisi Oculus Rift. Oculus Rift adalah bentuk nyata dari komputasi masa depan, bahkan sebelum dirilis telah ada banyak sekali antisipasi akan produk tersebut dimana 100.000 developer kit (prototype) telah dikirimkan ke lebih dari 130 negara.

Di samping ini, sama halnya seperti Project Loon Google, Facebook juga ingin agar semua atau setidaknya 2/3 penduduk di dunia mendapatkan akses Internet. Hal ini ingin ia capai melalui Internet.org dengan tujuan utamanya yaitu menghubungkan semua orang di dunia. Internet.org dan Oculus Rift hanyalah 2 peluang yang terlihat sekarang ini, namun Mark akan terus mencari peluang lain yang tetap dengan tujuan akhir menghubungkan seluruh dunia.

--

Secara singkat, rencana Facebook baik untuk 3, 5, atau 10 tahun ke depan adalah mendapatkan pengguna yang lebih banyak melalui berbagai produk, seperti WhatsApp, Messenger, Search, Video, NewsFeed, Oculus, atau Instagram yang diharapkan untuk setiap produk dapat menghubungkan setidaknya 1 miliar pengguna. Sesudah hal ini dicapai maka setiap orang dapat terhubung dan monetasi lebih lanjut akan dilakukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas