home -> Teknologi -> Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Email, SMS, IM, atau ...
19 Januari 2018 06:56

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Email, SMS, IM, atau Telepon?

Oleh admin dalam Teknologi pada October 31, 2014

Sekarang ini ada banyak sekali cara-cara menghubungi seseorang, baik melalui email, SMS, Instant Messaging (IM), atau telepon. Jika sekedar menghubungi orang-orang terdekat seperti teman atau keluarga mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika sudah menyangkut dunia kerja atau bisnis? Kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk menggunakan email, SMS, chatting, atau telepon?

Email, SMS, Instant Message, atau Telepon?

Bisnisman berbicara di telepon di depan komputer

Sangatlah sering terlihat bahwa komunikasi dalam dunia kerja atau dunia bisnis sekarang ini banyak yang melalui email, apalagi jika Anda bekerja di bidang IT. Sebagaimana telah dikatakan sebelumnya, jika sekedar menghubungi orang yang memang sudah dekat dengan Anda maka tidak ada masalah bagaimana cara Anda mau menghubungi mereka, tapi beda halnya jika sudah terkait formalitas kerja. Apabila Anda selalu menghubungi customer atau partner bisnis Anda melalui email maka ada kemungkinan profesionalitas Anda akan dipertanyakan.

Ternyata mengetahui mana cara yang tepat untuk berkomunikasi tidaklah sesulit yang dibayangkan. Selain dari faktor-faktor yang kompleks, hal paling mudah adalah Anda melihat waktu Anda ingin mendapat balasan dari si orang terkait. Ini dia pedoman-pedomannya.

IM (Instant Messaging)

Sedang mengetik pesan

Mari kita mulai artikel ini dengan sesuatu yang sudah sangat sering kita jumpai. Perkembangan aplikasi-aplikasi chatting di smartphone sudah berkembang sangat pesat. Ada banyak sekali aplikasi yang memperbolehkan Anda untuk mengirimkan Instant Message dengan begitu mudahnya, menghubungkan Anda dan lawan bicara Anda dengan sangat cepat. Namun apakah ini adalah cara yang dapat dikatakan formal dan professional jika sudah menyangkut komunikasi dunia kerja?

Jika Anda ingin mendapatkan jawaban dari lawan bicara Anda dalam waktu yang relatif singkat dan dengan bentuk percakapan yang timbal balik maka IM atau chatting adalah alternatif Anda. Anda mungkin dapat mempertimbangkan menggunakan telepon tapi apabila Anda ingin memiliki bentuk history dari percakapan Anda, dan juga dalam bentuk yang tidak mengganggu maka IM adalah pilihan terbaik Anda.

Namun perlu diketahui dalam urusan-urusan yang sangat formal seperti berbicara dengan atasan, investor, atau direktur perusahaan, IM sangatlah tidak disarankan. Lebih baik bertemu langsung, email, atau setidaknya menggunakan telepon.

SMS

SMS di iphone depan komputer

Mungkin terdengar sangat tradisional, tapi percayalah Anda akan menemukan orang-orang yang masih menggunakan SMS atau mungkin Anda sendiri masih menggunakannya. Walaupun memiliki pedoman yang kurang lebih sama, SMS memiliki tingkat formalitas yang lebih tinggi dibandingkan IM. Terlepas dari hal ini, pedoman lain yang dapat Anda gunakan adalah apabila Anda ingin mendapatkan jawaban dari lawa bicara Anda dalam waktu kurang lebih 2 jam. Sedangkan untuk IM Anda secara tidak tertulis Anda hanya mengharapkan jawaban kurang lebih di hari itu juga.

Email

Mengetik email pada keyboard komputer

Ini dia bentuk komunikasi yang sangat popular. Ada alasan mengapa bentuk komunikasi ini sangat popular, yaitu karena melalui email Anda dapat melampirkan file-file berkenaan dengan pekerjaan Anda. Seperti contohnya proposal penawaran, portfolio, dokumen bisnis, dan banyak lainnya. Tapi apakah email merupakan bentuk komunikasi yang dapat dibilang paling tepat?

Jawabannya adalah tergantung dari tingkat urgensi atau situasi-situasi lainnya. Apabila Anda menggunakan email sebagai bentuk komunikasi Anda, maka aturan tidak tertulis berartikan bahwa Anda tidak mengharapkan jawaban secepatnya, bisa saja 1 hari atau lebih. Hal lain yang perlu disadari adalah sekarang ini spam email sudah sangat banyak dan untuk membaca email adalah salah satu hal paling menghabiskan waktu yang dapat Anda lakukan. Jadi apabila Anda ingin menggunakan email maka hal lain yang perlu dilihat adalah apakah alamat email orang terkait merupakan alamat email perusahaan atau alamat email personal, dan seberapa sibuk orang tersebut.

Telepon

Seorang pria berpakaian bisnis sedang menelepon

Terkadang orang-orang tidak menyadari bahwa berbicara melalui telepon adalah bentuk komunikasi paling cepat, efisien, dan juga efektif. Ada banyak sekali alasan mengapa lebih baik menggunakan telepon untuk berbicara dibandingkan bentuk-bentuk komunikasi lainnya.

Hal paling pertama harus dipastikan apabila Anda ingin menelepon adalah memastikan lawan bicara Anda sedang tidak sibuk atau sedang bisa berbicara di telepon, hal ini dapat dipastikan dengan sekedar menanyakan di awal pembicaraan apakah lawan bicara Anda sedang dapat berbicara di telepon. Terlepas dari hal ini alasan-alasan tepat lainnya untuk menelepon adalah apabila hal yang ingin dibicarakan bersifat urgent atau sensitif waktu, tidak ingin ada histori percakapan, ingin terkesan lebih formal, atau juga sedang membangun relasi Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas