home -> Unik -> 10 Fakta Unik Mengenai Kotoran
21 Juli 2019 21:58

10 Fakta Unik Mengenai Kotoran

Oleh raza dalam Unik pada November 04, 2014

Pada umumnya, tidak ada orang-orang yang ingin membicarakan mengenai kotoran dan semua orang tidak ingin menyinggung topik unik ini. Siapa yang mengira apabila ditelaah, ternyata mereka dapat cukup menarik dan unik untuk dibicarakan. Ada banyak hal-hal unik yang tidak disangka-sangka dapat dihasilkan dari kotoran manusia ataupun hewan. Berikut 10 fakta unik mengenai kotoran.

10. Kotoran Gajah

gajah di dalam kebun binatang

Sistem pencernaan gajah tidaklah sebaik yang kita bayangkan. Dengan tubuhnya yang besar ternyata ada makanan-makanannya yang tidak tercerna. Hal tersebut membuat kotorannya dapat mengandung serat yang tinggi dan dapat digunakan untuk membuat kertas bahkan kopi. Dalam 1 hari, gajah dapat makan hingga mencapai 200-250 kg, dari jumlah makanannya tersebut gajah menghasilkan 50 kg kotoran. Setelah melalui berbagai perhitungan, diketahui ternyata 1 ekor gajah dapat menghasilkan kotoran yang dapat dibuat menjadi 115 lembar kertas.

9. Mengapa Kotoran Mengambang

Toilet sedang diflush air

Pernahkah terlintas di benak Anda apa alasan mengapa kotoran dapat mengambang? Sekilas mungkin tidak terlihat unik, percayalah bahwa jika Anda pikirkan kembali maka hal tersebut akan jadi "unik." Alasan mengapa kotoran dapat mengambang adalah karena kandungan gas dan bakteri yang terdapat pada kotoran sangat tinggi, serta kotoran manusia juga memiliki tingkat kepadatan yang lebih rendah dibandingkan air. Hal-hal inilah yang menyebabkan kotoran dapat mengambang.

Terlepas dari hal ini, alasan serupa jugalah yang menyebabkan mengapa kotoran bau. Kumpulan bakteri di kotoran menghasilkan gas-gas sulfur dan berbagai senyawa organik bau lainnya. 

8. Kotoran Luar Angkasa

Astronot di bulan

Manusia pertama yang melakukan perjalanan pertama ke bulan menandakan peristiwa tersebut dengan menancapkan bendera di bulan. Namun tahukah Anda bahwa perjalanan ke bulan ternyata menyisakan beberapa sisa-sisa kotoran yang di tinggalkan oleh para astronot. Jika suatu saat nanti manusia dapat melakukan perjalanan ke bulan mungkin Anda akan menemukan sisa kotoran, muntahan, dan air seni para astronot saat mereka melakukan pembuangan.

7. Warna

gulungan tisu toilet emas

OK, tidak ada di antara kita ada yang ingin melihat lama-lama kotoran atau maaf-maaf 'tai' kita sendiri. Tapi sadarkah Anda bahwa ternyata kotoran Anda memiliki warna yang berbeda-beda setiap kali Anda buang air besar. Apa yang menyebabkan hal itu?

Beberapa warna yang ada pada kotoran manusia adalah antara lain coklat, hijau, merah, kuning, biru, putih, dan hitam. Makanan-makanan dan kondisi tubuh Andalah yang menyebabkan berbagai warna ini. Seperti contohnya warna hijau menandakan konsumsi sayuran, warna coklat adalah tanda bahwa Anda sehat dimana berarti proses daur ulang sel darah merah yang rusak terjadi dengan baik, sedangkan untuk warna kuning biasa menandakan infeksi parasit seperti diare, dan seterusnya.

6. Kotoran Yang Indah

Pantai karibia indah pasir putih

Pantai Karibia atau Caribbean Beach merupakan salah satu pantai terindah yang ada di dunia, pasir yang putih serta warna laut yang bening dapat dikatakan sebagai surga dunia. Dan tentunya tidak ada yang menyangka bahwa ternyata pasir putih indah tersebut sebenarnya adalah "kotoran indah".

Tepatnya berasal dari ikan parrotfish. Ikan ini Ikan ini mencari makanan berupa rumput laut yang terdapat di daratan, namun batu karang ikut termakan sehingga tidak tercerna secara halus dan dikeluarkan berupa kotoran butiran kecil. Dalam 1 tahun, diketahui 1 ikan ini dapat menghasilkan 100 kilogram pasir putih.

5. Bau Buku Dapat Membuat Anda ingin BAB

Tumpukan buku perpustakaan

Pada tahun 1985, seorang wanita bernama Mariko Aoki membuat 1 tulisan pada majalah jepang Han no Zasshil. Ia menceritakan pengalamannya dimana ia tidak dapat menahan keinginan untuk buang air besar ketika ia sedang mencari buku. Tulisannya kemudian dikenal secara luas dan ternyata diakui oleh banyak orang bahwa memang sering dirasakan, fenomena inilah yang akhirnya disebut-sebut fenomena Marika Aoki. Merasa ingin buang air besar saat lagi belajar?

4. Teh Termahal Dunia

2 Panda sedang makan bambu

Hmm.. Sepertinya ada rahasia di balik kotoran. Selain dari kopi termahal dunia dari Indonesia alias kopi luwak ternyata Teh termahal dunia juga berasal dari kotoran, tepatnya dari kotoran panda. 1 cangkir dari minuman teh ini mencapai harga 200 USD atau sekitar 2,4 juta.

Berbeda dengan kopi luwak yang berasal dari sisa biji kopi di kotoran luwak, minuman yang berasal dari kotoran panda ini 100% menggunakan kotoran panda murni. Namun bedanya ia digunakan sebagai pupuk dari sebuah tanaman daun teh. Ada alasan mengapa kotoran panda bisa sangat efektif, alasannya adalah karena makanan panda berupa bambu hanya 30% nutrisi makanannya yang diserap dan sisa 70% nutrisi di kotorannya dapat digunakan untuk pupuk.

3. Kopi Termahal, Kotoran Termahal?

Luwak sedang makan buah kopi sambil melihat kamera

Tahukah anda bahwa ternyata kopi terenak dan termahal di dunia berasal dari sisa kotoran hewan sejenis musang, tepatnya adalah luwak. Asal muasal kopi luwak ini dapat ditelusuri hingga abad ke-18 pada era sistem tanam paksa.

Singkatnya, para pekerja perkebunan menemukan sebuah hewan yang memakan buah kopi namun bijinya sama sekali tidak dicerna dan masih utuih di kotoran hewan tersebut. Para pekerja yang menyadari hal ini kemudian mencoba mengumpulkan biji kotoran itu, dikeringkan, ditumbuk, dan kemudian diseduh dengan air panas. Siapa yang menyangka ternyata mereka menemukan apa yang nantinya akan menjadi kopi termahal dunia, tidak lain dan tidak bukan adalah kopi Luwak. Sebagai informasi 450 gram kopi luwak memiliki harga setara dengan sekitar 100 USD.

2. Makanan Dari Kotoran

Burger kotoran professor mitsuyuki ikdea

Professor Mitsuyuki Ikeda merupakan Ilmuwan yang berasal dari jepang dan ia berhasil membuat makanan yang berasal dari kotoran manusia. Untuk membuat makanan 'unik' ini diperlukan beberapa proses. Awalnya kotoran tersebut dimasak hingga bakteri mati kemudian diekstrak proteinnya menggunakan teknik pemisahan tertentu. Setelah itu protein kedelai di tambahkan untuk meningkatkan rasa, dan barulah diolah dengan mesin reaktor kimia hingga teksturnya menyerupai daging. Untuk memberikan kesan benar-benar menyerupai daging, kotoran tersebut diberikan warna merah.

Daging kotoran ini memiliki komposisi 63% protein, 25% karbohidrat, 3% lipid dan 9% mineral, dan disebut-sebut memiliki rasa yang benar-benar mirip daging sapi. Tertarik mencoba?

1. Kotoran Manusia Paling Panjang di Dunia

Penggaris panjang

Ini dia topik yang akan sangat unik yaitu topik mengenai rekor kotoran terpanjang manusia, sekaligus topik yang tidak mungkin saya berikan gambar rekornya. Percaya tidak percaya, rekor kotoran manusia terpanjang di dunia berasal dari seorang wanita pada tahun 1995. Panjang dari kotoran tersebut mencapai 7.92 meter (26 kaki). Sebagai gambaran rentangkan jari Anda selebar-lebarnya maka kira-kira jarak jempol ke kelingking Anda adalah sekitar 25-30 cm.

Untuk mencapai rekor yang 'mengagumkan' tersebut wanita ini melakukan diet berserat tinggi dan diteliti secara langsung oleh pakar nutrisi Universitas Michigan selama 1 minggu. Kemudian selama 1 minggu itu wanita ini dilarang buang air besar alias BAB.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas