home -> Lainnya -> Tips Jitu Untuk Negosiasi Gaji
20 Juni 2018 12:20

Tips Jitu Untuk Negosiasi Gaji

Oleh admin dalam Lainnya pada October 23, 2014

Negosiasi gaji Anda adalah hal yang sensitif dan banyak orang tidak ahli dalam hal tersebut, khususnya wanita. Sulit untuk mengetahui berapa gaji yang harus Anda terima dan lebih sulit lagi untuk melakukan tawar menawar gaji yang Anda inginkan. Ini dia tips jitu untuk negosiasi gaji Anda pada saat interview atau wawancara kerja.

Kenali Siapa Anda

Analisis SWOT terbagi atas Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, dan Pesaing

Sebelum Anda mencari pekerjaan, hal paling pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui siapa diri Anda. Yang dimaksud dengan hal ini adalah melakukan introspeksi diri, apa saja kelebihan, kekurangan, keahlian, dan pengalaman Anda yang membedakan Anda dengan calon-calon pekerja lainnya. Dari kesadaran akan kemampuan diri Anda inilah pada akhirnya Anda dapat menentukan berapa kisaran gaji yang benar-benar cocok untuk Anda. Berapa gaji yang harus Anda tolak dan berapa gaji yang termasuk dalam kategori "dapat diterima."

Hindari Topik Mengenai Gaji

orang sedang membayar gaji ke orang lainnya

Berbagai perekrut ahli memberikan masukan untuk para calon pekerja agar usahakan untuk menghindari semua topik terkait atas pembicaraan gaji. Hal itu adalah hal yang paling ideal namun sayangnya pada kenyataan si pewawancara pasti akan menanyakan gaji Anda, lalu bagaimana?

Ada beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan untuk tetap menghindari pertanyaan tersebut, salah satu cara terpopular adalah dengan tetap menghindarinya menanyakan balik: "Saya sedang mencari tawaran terbaik berdasarkan pendidikan dan pengalaman saya. Berapa kisaran gaji yang wajar untuk posisi ini?"

Terkadang hal ini tidak berhasil dan si pewawancara tetap akan menanyakan Anda. Jika begitu kasusnya, maka Anda dapat mengatakan: "Saya akan mempertimbangkan semua tawaran yang wajar."

Pencari tenaga kerja, Noel Smith-Wenkle mengatakan bahwa kedua jawaban di atas biasanya akan berhasil untuk menghindari pertanyaan tersebut hingga 70%. Namun jika Anda tetap dipaksa untuk menjawab, maka apabila Anda tetap ingin menghindari pertanyaan tersebut jawabalah seperti ini: "Biar Anda yang menentukan berapa harga saya di mata Anda."

Apabila Anda merasa tidak enak untuk selalu menghindari pertanyaan tersebut maka Anda bisa menjawab: "Gaji saya sekarang adalah X, tapi saya tetap mencari tawaran terbaik berdasarkan kualitas saya ini." Jika Anda merasa bahwa mengungkapkan gaji Anda menempatkan diri Anda di posisi yang tidak menguntungkan, maka Anda dapat menambahkan: "Saya suka perusahaan saya sebelumnya, namun jujur saya, saya merasa gaji itu cukup rendah." Tapi ingatlah jangan pernah berbohong soal gaji Anda sekarang, takutnya perusahaan tersebut menanyakan perusahaan Anda sebelumnya.

Alasan untuk jangan pernah membicarakan gaji ini adalah agar si pewawancara tidak memiliki gambaran jelas akan gaji yang Anda inginkan. Pada saat si pewawancara dan perusahaan tidak memiliki gambaran jelas atas gaji yang Anda inginkan, telah terbukti bahwa mereka akan memberikan gaji di atas rata-rata apalagi jika kualitas pengalaman dan pendidikan Anda sudah sangat mendukung.

Kerjakan PR Anda

Orang sedang menggunakan teropong untuk mencari uang

Baik dalam mencari tahu perusahaan yang ingin Anda masuki hingga mencari pertanyaan wawancara paling umum, Anda tentunya tidak boleh melupakan PR terpenting Anda yaitu mencari tahu berapa rata-rata rentang gaji paling umum untuk orang dengan kualitas seperti Anda. Setelah Anda mengetahui berapa rentang gaji paling umum untuk Anda, kalau bisa cari tahu secara lebih lagi berapa gaji yang dapat dibayarkan si perusahaan terhadap orang-orang dengan kualitas Anda. Anda dapat mencari tahunya dengan menanyakan orang yang telah bekerja di perusahaan itu baik melalui Internet ataupun kenalan Anda.

Ketahuilah bahwa walaupun semua calon pekerja mempunyai bayangan akan berapa gaji yang mereka inginkan namun begitu halnya juga dengan setiap perusahaan. Mereka mempunyai limitasi atas berapa jumlah yang dapat mereka bayarkan.

Berikan Perkiraan daripada Detail

Hanya perkiraan yang digambarkan dengan tangan dan garis merah

Dalam proses tawar menawar atau negosiasi gaji, setelah Anda diberikan jumlah spesifik akan gaji yang akan diberikan, terkadang Anda tentu ingin menawar lebih bukan? Jika Anda menawar kembali maka itu adalah hal yang tepat, karena minimal untuk mendapatkan gaji yang ideal Anda harus menawar kembali setidaknya sekali.

Untuk semua detail gaji, jangan pernah berikan jumlah spesifik akan gaji yang Anda inginkan, melainkan perkiraannya saja atau rentangnya saja. Kebanyakan perusahaan akan selalu berusaha memenuhi perkiraan Anda tersebut. Ini karena mereka tidak ingin memulai kerjasama Anda dan mereka dimulai dengan pandangan yang negatif. Di sisi lain jika Anda memilih untuk memberikan detail, berikanlah angka yang aneh agar seakan-akan Anda terlihat telah melakukan riset mendalam mengenai gaji yang seharusnya untuk Anda.

Latihlah Kemampuan Negosiasi Anda

Pria an wanita sedang bersaing satu sama lainnya

Pada akhirnya, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Pelajari berbagai tips dan trik untuk melakukan negosiasi dan lakukanlah sering-sering, Anda akan terkejut telah menjadi seberapa ahlinya Anda dalam tawar menawar harga.

Cobalah minta teman, kerabat, atau keluarga Anda untuk memainkan peran seorang manajer HRD atau peran pewawancara. Kemudian minta juga mereka untuk pada akhirnya menawarkan Anda gaji yang lebih rendah daripada gaji rata-rata atau lebih rendah daripada gaji yang Anda inginkan. Coba lihat bagaimana jawaban Anda dan latih hal tersebut untuk memembujuk si manajer meningkatkan tawaran mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas