home -> Unik -> 10 Hewan Teraneh di Dunia
17 Januari 2017 00:14

10 Hewan Teraneh di Dunia

Oleh admin dalam Unik pada October 22, 2014

Setiap tahunnya para peneliti selalu menemukan berbagai spesies hewan baru dan banyak di antara spesies tersebut sulit untuk diklasifikasikan. Oleh karena itu berbagai hewan ini menjadi binatang yang sangat aneh bagi kita apalagi jika memang dari bentuknya saja sudah tidak biasa. Berikut 10 hewan teraneh di dunia yang semoga saja belum Anda tahu.

10. Mexican Mole Lizard

Mexican Mole Lizard tampak dekat

Dikenal juga sebagai Ajolote atau Bipes, Mexican Mole Lizard adalah sebuah kadal aneh yang dapat digambarkan sebagai ular berkaki. Kadal ini memiliki bentuk tubuh yang panjang menyerupai ular namun mereka memiliki sepasang kaki (atau mungkin tangan) di dekat kepala mereka. Tidak hanya bentuknya yang aneh, cara berjalan Mexican Mole Lizard juga cukuplah unik dimana mereka setengah berjalan dan setengah merayap.

9. Dumbo Octopus

Dumbo Octopus saat masih kecil

Anda masih ingat dengan Dumbo dari Disney? Ya, si gajah berkuping lebar yang dapat terbang. Penemu dari hewan ini menberikan nama Dumbo Octopus, didasarkan dari Dumbo pada film Disney tersebut. Hal ini karena gurita Dumbo memiliki keserupaan seakan-akan memiliki kuping yang sebenarnya adalah sirip mereka. Jangan salah mengira bahwa mereka akan selalu terlihat imut layaknya gambar di atas, percayalah, pada saat mereka dewasa Anda tidak akan ingin melihat mereka.

8. Aye-Aye

Jika biasanya kukang memiliki bulu yang imut maka Aye Aye adalah hewan yang sangat aneh

Berada di kedalaman Madagascar, Aye-Aye adalah primata nokturnal terbesar di dunia. Jika biasanya kukang memiliki penampilan dan bulu yang cukup lucu. namun tidak untuk spesies kukang satu ini. Selain dari wajah mereka yang sangat aneh, mereka juga dapat diketahui dari salah satu jari mereka yang sangat panjang. Tujuan dari jari itu adalah untuk mengorek larva dari lubang pohon.

7. Saiga Antelope

Kijang dengan hidung yang aneh ini bernama Saiga Antelope

Merupakan kijang dengan penampakan yang sangat unik layaknya alien. Saiga Antelope dapat dengan mudah diketahui dari hidungnya yang turun sampai ke mulut mereka. Sayangnya keberadaan mereka semakin terancam punah setiap tahunnya. Bagaimana tidak, Saiga Antelope adalah salah satu fossil hidup yang tetap bertahan hingga sekarang sejak 250.000 tahun yang lalu. Menyadari bahwa mereka dapat bertahan hingga ratusan ribu tahun saja sudah cukup mengagumkan.

6. Promachoteuthis Sulcus

Promachoteuthis Sulcus adalah spesies cumi-cumi aneh yang memiliki gigi layaknya manusia

Promachoteuthis Sulcus adalah nama dari hewan aneh di atas. Alasan mengapa nama hewan ini sangatlah ilmiah adalah karena hewan ini diketahui secara kebetulan, hanya dari 1 spesimen tunggal yang ditemukan di wadah riset Jerman pada kedalaman sekitar 6000 kaki di bawah laut. Merupakan spesies cumi-cumi yang secara mengerikan memiliki gigi menyerupai manusia, berkaki delapan, dan 2 tentakel.

5. Red-Lipped Batfish

Ikan bibir tebal Red Lipped Batfish

Dilansir dari Mother Nature Network, Red Lipped Batfish adalah salah satu hewan terjelek di dunia. Ini bukanlah sebuah ikan yang diberikan lipstik melainkan mereka benar-benar memiliki mulut merah tebal seakan-akan menggunakan lipstrik berlebihan. Uniknya adalah walaupun mereka disebut sebagai ikan, mereka tidak ahli dalam berenang dan "berjalan" dengan menggunakan sirip mereka. Tujuan dari bibir merehanya adalah menarik perhatian mangsa mereka.

4. Piure

Piure merupakan organisme yang popular sebagai makanan di Chili

Percayakah Anda bahwa ada batu yang dapat mengeluarkan darah? Tepatnya adalah Piure atau secara ilmiah, Pyura Chilensis. Walaupun sangat primitif dan hampir tidak bisa bergerak, mahluk ini pada kenyataannya adalah sebuah hewan. Secara sekilas hewan ini benar-benar berbentuk menyerupai batu kuno, namun di dalamnya ternyata adalah daging berwarna merah terang layaknya darah. Jangan salah, ternyata hewan aneh ini adalah binatang yang cukup popular di Chile untuk menjadi makanan.

3. Goblin Shark

Ikan hiu yang seakan-akan berasal dari mimpi terburuk kita Goblin Shark

Selain sebagai salah satu ikan teraneh di dunia, tidak banyak yang diketahui mengenai ikan hiu satu ini. Sedikit yang diketahui adalah mereka hidup di laut dalam dan merupakan salah satu dari ikan purba yang masih hidup hingga sekarang ini, tepatnya sejak 125 juta tahun yang lalu. Memiliki penampilan yang cukup mengerikan seakan-akan berasal dari mimpi terburuk Anda, yaitu moncong panjang dengan gigi panjang yang tidak bearturan. 

2. Sea Pig

Bagian dari Spesies Teripang bawah laut yaitu Sea Pig

Hewa laut dalam ini sebeenarnya sangatlah erat kaitannya dengan teripang atau timun laut. Alasan mengapa mereka diberikan nama Sea Pig atau Babi Laut adalah karena perilaku dan warna tubuh mereka yang menyerupai babi, hanya saja bentuknya mungkin sudah "termutasi". Dapat dengan mudah ditemukan bergerombol di dasar laut Samudera Atlantik, Pasifik, dan India.

1. Blobfish

Ikan dengan bentuk teraneh, blobfish

Dapat ditemukan di laut dalam perairan Australia adalah sebuah "ikan" dengan bentuk teraneh yang pernah Anda lihat, tidak lain dan tidak bukan adalah Blobfish. Tidak perlu panjang lebar, hanya dari gambar di atas saja, Anda dapat mengetahui mengapa binatang ini masuk dalam daftar hewan paling aneh di dunia. Sering juga disebut-sebut sebagai hewan terjelek di dunia.

Alasan mengapa ia memiliki bentuk seperti ini adalah karena sebagian besar massa dagingnya menyerupai jelly yang bahkan kepadatannya lebih kecil daripada kepadatan air. Karena kondisi tubuh seperti inilah mereka berenang seakan-akan hanya dengan mengambang dan hanya memakan makanan yang kebetulan lewat di depan mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas