home -> Lainnya -> 10 Restoran Siap Saji Terbesar di Dunia
19 Januari 2018 06:59

10 Restoran Siap Saji Terbesar di Dunia

Oleh admin dalam Lainnya pada October 19, 2014

Makanan cepat saji atau yang lebih populer di katakan sebagai fast food menjadi pilihan bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk menyajikan makanannya sendiri. Hal ini terjadi di negara maju, istilah "Time is Money" menjadi bagian dari kehidupan orang-orang di kota besar. Berikut ini adalah 10 restoran siap saji terbesar di dunia.

Hal yang perlu anda waspadai pada makanan siap saji ini adalah kandungan gizi yang tidak seimbang, kalori yang tinggi dengan serat yang rendah, kandungan lemak dan garam yang tinggi. 

10. PAPA JOHN's

papa john restoran cepat saji

Bagi anda yang tidak tinggal di Amerika, mungkin nama restoran pizza cepat saji ini akan sangat asing di telinga Anda. Namun tahukah Anda bahwa Papa John's merupakan restoran siap saji pizza terbesar ke-4 di amerika? Mereka memiliki lebih dari 4000 cabang (3200 cabang di amerika dan sisanya tersebar di 33 negara) dengan penghasilan bersih setiap tahunnya sebesar $33.2 juta di luar cabang amerika.

9. DAIRY QUEEN

dairy queen cepat saji

John Fremon McCullough dan anaknya Son Bradley merupakan tokoh dari pendiri Dairy Queen. Pada awal pendiriannya, Dairy Queen menyajikan es krim yang secara mengejutkan pada awal peluncurannya telah manyajikan 1600 porsi hanya dalam waktu 2 jam. Hingga akhirnya pada tahun 1940 restoran siap saji ini didirikan di Joliet, illinois.

Dairy Queen dapat di katakan sebagai pionir dari restoran-restoran cepat saji lainnya di dunia. Di tahun 1941, awal perkembangan Dairy Queen, mereka hanya memiliki 10 restoran namun di tahun 1947 mereka telah memiliki sekitar 100 cabang, 1446 cabang pada tahun 1950, dan 2600 restoran siap saji tersebar di amerika pada tahun 1955.

8. DUNKIN' DONUTS

Dunkin Donuts makanan cepat saji

Banyak dari Anda pasti sudah tidak asing dengan nama restoran penyaji donut satu ini. Donut yang di sajikan oleh restoran cepat saji ini memiliki lebih dari 52 variasi rasa donut serta kopi yang dapat Anda santap.

Di tahun 1949, nama Dunkin' Donuts belumlah sepopular sekarang karena mereka bukan bernama Dunkin Donuts melainkan Kettle Donuts. Kemudian 1 tahun sesudahnya, William Rosenberg memiliki ide makanan donut dan kopi popular sekarang ini, mengubah Kettle Donuts menjadi restoran cepat saji popular Dunkin' Donuts. Sekarang ini Dunkin' Donuts telah memiliki lebih dari 11.000 restoran siap saji di 33 negara.

7. DOMINO's PIZZA

Logo restoran pizza Domino

Pernahkah Anda membayangkan mengapa Domino Pizza harus menggunakan domino dengan 3 titik? Ternyata alasannya adalah karena ketiga titik itu melambangkan 3 toko utama Domino Pizza di tahun 1965. Ide ini datang dari pendirinya yaitu Tom Monaghan. Sebenarnya Tom Monaghan ingin menambahkan titik di logo Domino's Pizza di setiap cabang baru, namun ide ini tidak jadi dilaksanakan. Bagaimana tidak? Perkembangan restoran cepat saji ini sangatlah pesat dan tidaklah memungkinkan jika setiap cabang harus mengubah logo restoran siap saji ini.

Tersebar di seluruh penjuru dunia, tepatnya di 60 negara. Domino's Pizza adalah restoran Pizza siap saji terbesar ke-2 setelah Pizza Hut.

6. BURGER KING

Logo burger king

Burger King merupakan restoran cepat saji terbesar ke-3 di Amerika, terdapat lebih dari 13.000 cabang di 79 negara. Pada awal berdirinya Burger King di tahun 1954, menu yang disajikan hanya berupa burger, kentang goreng, soda dan milkshake, hingga akhirnya pada tahun 1957 ditambahkan menu Whopper. Ide dari menu Whopper itu sangat laku keras dan menjadi Ikon makanan utama dari Burger king bahkan hingga sekarang ini. Masih ingat dengan iklan promo menggoda Whopper Burger King?

5. STARBUCKS

logo starbucks coffee

Didirikan oleh 3 orang founder yaitu guru Inggris Jerry Baldwin, guru sejarah Zev Siegl, dan penulis Gordon Bowker. Mereka terinspirasi menyajikan kopi berkualitas tinggi setelah diajarkan teknik coffee roasting. Nama Starbucks sendiri pada awalnya hampir menggunakan nama "Cargo House" hingga akhirnya salah satu dari founder memberikan ide bahwa nama dari restoran siap saji ini haruslah berhuruf awal "St". Akhirnya, Bowker membuat daftar nama dari berbagai macam kata yang berawalan "St" kemudian tidak diketahui siapa orang yang memilih nama tersebut, menunjukkan nama dari sebuah kota pertambangan tua yang bernama Starbo. Itulah inspirasi dari nama Starbucks. StarBucks saat ini telah memiliki 20.737 cabang di 63 Negara seluruh dunia dan sudah sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia.

4. PIZZA HUT

logo dari pizza hut

Pertama kali didirikan pada tahun 1958 oleh 2 orang mahasiswa Universitas WIchita, bernama Frank dan Dan Carney. Tahukah Anda bahwa di balik popularitas menu-menu Pizza Hut, telah ada berbagai macam eksperimen mendalam pada setiap produk mereka dan produk-produk yang tidak populer sering dibatalkan. Salah satu produk eksperimen dari pizza hut adalah Stuffed Crust, yakni pinggiran dari pizza yang diisi Mozarella Cheese. Kemudian terdapat juga "Hand-Tossed" yaitu pizza tradisional yang tipis dan crispy. Dari hasil-hasil penelitian itulah didapatkan popularitas restoran cepat saji ini.

3. SUBWAY

Subway makanan cepat saji

Walaupun dalam arti bahasa indonesia berarti stasiun kereta bawah tanah, namun jangan salah karena restoran ini merupakan restoran siap saji yang menyediakan makanan berupa Sandwich dan Salad.

Berdiri pada tahun 1965 oleh Fred Deluca, dirinya meminjam $1000 dari temannya Peter Buck untuk memulai usaha makanan bernama "Pete's Super Submarines". Kemudian pada tahun 1966 mereka membentuk "Doctor's Associates Inc" untuk mengawasi operasi bisnis dari "Pete's Super Submarines", nama ini berasal dari keinginan DeLuca yaitu untuk memiliki penghasilan yang cukup dari bisnisnya demi membayar biaya sekolah medis dirinya dan biaya sekolah gelar dokter dari Peter's Buck. 2 tahun kemudian restoran sandiwch tersebut berubah nama menjadi restoran cepat saji popular sekarang ini yaitu Subway.

Subway memliki lebih dari 42.817 cabang restoran di 108 negara.

2. KENTUCKY FRIED CHICKEN

Logo KFC Kentucky Fried Chicken

Pada tahun 1930 Harland Sander mulai mendirikan restoran siap sajinya, dimana menu utama dari restoran ini terdiri dari ayam goreng dan beberapa masakan lain seperti steak dan ham. Hingga akhirnya pada tahun 1940, Sander menyempurnakan resep ayamnya yang sampai saat ini menjadi ciri khas dari KFC, yaitu resep cita rasa original yang terdiri dari 11 bumbu.

KFC merupakan restoran siap saji terbesar di China dengan jumlah cabang mereka di Cina mencapai 4.563 restoran. KFC juga merupakan restoran cepat saji barat pertama di Cina sejak tahun 1987. Hingga sekarang diketahui telah ada lebih dari 18 ribu cabang KFC yang dapat ditemukan di 118 negara dunia.

1. McDONALD's

Logo McDonalds klasik

Ini dia restoran cepat saji paling eksis yang ada di dunia. Tidak lain dan tidak bukan adalah si siap saji McDonalds. Walaupun sekarang ini restoran McDonald's sudah sangat dikenal dunia namun ternyata kepopularan mereka hanya terjadi sekitar 15 tahun sesudah mereka didirikan. Tepatnya pada tahun 1940 dan baru mendunia di 15 April 1955. Itulah saat dimana Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonalds. Dalam masa pimpinan Ray Kroc, ia melakukan ekspansi ke berbagai penjuru negara di dunia.

Hingga akhirnya sekarang McDonald's telah memiliki 35.000 cabang di 119 negara, dengan jumlah karyawan sebesar lebih dari 1,7 juta orang. Setiap harinya McDonald's memiliki 68 juta pelanggan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas