home -> Unik -> 10 Organ Tubuh Manusia Paling Tidak Berguna
18 November 2017 09:48

10 Organ Tubuh Manusia Paling Tidak Berguna

Oleh admin dalam Unik pada October 05, 2014

Tubuh manusia adalah hal yang sangat menakjubkan dengan banyak sekali ogan dan berbagai bagian tubuh yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan kita. Tapi pernahkah Anda membayangkan bahwa ada ternyata ada beberapa organ tubuh dalam diri Anda yang benar-benar tidak berguna? Berikut ini adalah 10 organ tubuh manusia yang paling tidak berguna alias organ paling vestigial.

10. Auricular Muscle

Kuping yang bergerak karena mendengar sesuatu

Anda mungkin pernah mendengar beberapa orang yang dengan percaya dirinya mengatakan bahwa mereka dapat menggerakkan telinga mereka, atau mungkin Anda termasuk di orang yang bisa melakukan hal tersebut? Jika iya, maka itu berarti Anda atau orang tersebut adalah beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan otot-otot di telinga Anda, tepatnya Auricular Muscle yang terkadang dikenal juga sebagai otot telinga ekstrinsik.

Sangat sering dijumpai pada binatang, biasanya mereka akan dapat menggerakkan telinga mereka ke arah sebuah suara berasal. Tapi sayangnya hingga sekarang belum jelas apakah kegunaan sebenarnya dari otot ini pada manusia selain sebagai sebuah "bakat tambahan." Beberapa orang percaya bahwa kelainan pada otot ini dapat menyebabkan kelainan bentuk telinga yang dikenal sebagai "lop ears," namun banyak juga yang percaya bahwa otot ini adalah salah satu otot yang tidak berguna.

9. Sinus

Perbandingan sinus yang sehat dengan penyakit sinusitis

Kebanyakan dari kita mengenal nama sinus dari sebuah penyakit yang bernama Sinusitis, yaitu peradangan atau pembengkakkan pada organ-organ sinus. Sedangkan sinus sendiri adalah rongga-rongga pada tengkorak kita yang dapat dikatakan terhubung dengan hidung. Tapi sebagaimana kita sedang membahas berbagai organ tidak berguna pada tubuh manusia maka seperti perkiraan Anda, Sinus adalah salah satu organ tubuh manusia paling tidak berguna.

Para dokter tidak mengetahui banyak akan Sinus sendiri selain dari bahwa kita memiliki banyak sinus dan mereka hanya berisikan udara. Banyak asumsi muncul terkait kegunaan organ ini dimulai dari sekat mata, menghangatkan udara, hingga pengaturan volume suara, namun ironisnya mereka lebih terkenal sebagai tempat infeksi.

8. Coccyx (Tulang Ekor)

Tulang ekor pada manusia

Tahukah Anda bahwa pada dasarnya Anda memiliki sebuah ekor yang dapat terlihat selagi masih janin? Dan sebagaimana jika kita mempercayai teori evolusi Darwin, maka nenek moyang kita pada awalnya juga memiliki ekor nyata. Di sinilah terlihat kegunaan dari Coccyx atau tulang ekor yang menjadi dasar pertumbuhan ekor tersebut. Ekor di mamalia memang mempunyai tugas untuk membantu keseimbangan dan pergerakan, namun pada manusia fungsi tersebut telah hilang.

Selain dari banyaknya orang yang mengatakan bahwa tulang ekor adalah salah satu bagian tubuh yang tidak berguna di manusia, beberapa lainnya mengatakan ia memiliki beberapa peran yang masih signifikan. Seperti contohnya pada saat kita duduk dengan posisi badan agak maju maka tumpuan keseimbangan akan lebih banyak terjadi di tulang ekor ini.

7. Vomeronasal Organ

Organ Vomeronasal di manusia

Vomeronasal Organ (VNO) atau Jacobson Organ pada awalnya dipercaya berguna untuk membantu kita mencium pheromone sesama spesies namun seiring kita berevolusi, organ tersebut mejadi salah satu organ vestigial yakni organ yang tidak memiliki kegunaannya pada manusia. VNO ini sendiri terletak berdampingan dengan rongga hidung.

6. Arrector Pili

Contoh bulu kuduk yang berdiri merinding

Merasa bulu kuduk Anda merinding? Jangan-Jangan itu adalah pertanda keberadaan hantu? Apapun itu, jika Anda merasakan hal ini maka itu disebabkan oleh organ yang dikenal dengan nama Arrector Pili. Arrector Pili sendiri adalah serabut-serabut sangat kecil serabut otot yang sangat kecil dimana terletak pada dasar setiap pori rambut tubuh Anda.

Arrector Pili dapat ditemukan pada beberapa mamalia termasuk manusia yang ditandai dengan berdirinya rambut-rambut atau bulu-bulu di kulit, seperti saat kucing kaget contohnya. Namun organ ini sendiri hanya diketahui berguna bagi hewan yang memiliki bulu tebal yaitu untuk insulasi dan juga menakuti predator. Sayangnya manusia sendiri tidaklah termasuk di dalamnya dan Arrector Pili ini sekarang hanya memberikan kita rasa merinding dan bulu berdiri. Satu lagi organ tidak berguna pada tubuh kita.

5. Usus Buntu

Usus buntu pada seorang wanita yang kesakitan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa usus buntu adalah salah satu organ yang sering diangkat dari tubuh manusia dalam kasus infeksi. Setelah pengangkatan selesai, tubuh kita sendiri tidak merasakan adanya gangguan walaupun telah kehilangan salah satu organnya. Inilah yang sering menjadi basis mengapa usus buntu sering disebut adalah salah satu organ paling tidak berguna pada tubuh manusia.

Pada awalnya nenek moyang kita dipercaya memiliki kebiasaan herbivora untuk memakan makanan berkualitas rendah atau tidak dimasak seperti rumput contohnya. Pada saat itu usus buntu ini memiliki kegunaan untuk membantu memproses fermentasi dan membantu pemecahan selulosa. Di manusia modern, usus buntu telah mengalami pengecilan dalam hal ukuran dan tidak memiliki bakteri yang dibutuhkan untuk memproses sebuah makanan. Selain sebagai yang organ misterius sekarang ini usus buntu hanya menjadi suatu kekhawatiran akan kemungkinan infeksi.

4. Darwin's Point

Darwin's point contoh evolusi dari monyet

Hanya dimiliki oleh sekitar 10% populasi, Darwin's Point atau disebut juga Darwin's Tubercle adalah kondisi telinga bawaan yang dikatakan menunjukkan tanda-tanda evolusi kita. Ditandakan dengan bagian telinga yang lebih tebal pada ujung luar atas daun telinga. Sebagaimana namanya, bagian tubuh ini dipublikasikan oleh Charles Darwin sebagai pertanda keberadaan bagian tubuh tidak berguna (vestigial) yang menjadi bukti evolusi dari primata. Hingga sekarang tidak diketahui apa tepatnya kegunaan dari Darwin's Point selain dari memang salah satu bagian tubuh yang tidak berguna.

3. Gigi Bungsu

Gigi bungsu sebagai gigi graham ketiga yang tidak berguna

Popularnya disebut sebagai Wisdom Teeth adalah gigi geraham ketiga yang tumbuh di paling belakang gusi kita. Karena gigi bungsu ini adalah gigi geraham yang tumbuhnya paling belakangan maka apabila gusi Anda sudah penuh dan tidak memiliki ruang lagi, hal ini akan menyebabkan seseorang merasakan kesakitan saat gigi bungsu tumbuh. Dalam kasus terburuk maka gigi bungsu akan tumbuh miring yang dapat menyebabkan tertekannya saraf di mulut kita.

Jika kasus seperti itu terjadi maka dokter dapat memiliki pilihan untuk mencabut gigi bungsu atau mencabut gigi geraham agar gigi bungsu dapat memiliki ruang untuk tumbuh. Pada zaman dahulu rahang nenek moyang kita memiliki ukuran yang lebih besar sehingga pertumbuhan gigi bungsu membantu proses mengunyah, sekarang ini rahang manusia telah semakin kecil dan gigi bungsu dipandang sebagai salah satu organ tubuh manusia yang tidak berguna selain harus menjadi hal yang diwaspadai.

2. Plica Semilunaris (Kelopak Mata Ketiga)

Kelopak mata ketiga pada manusia atau Plica Semilunaris

Anda mungkin tidak tahu, tapi Anda, saya, dan kita semua ternyata memiliki kelopak mata ketiga. Plica Semilunaris atau kelopak mata ketiga ada di ujung mata dekat hidung kita. Kelopak mata ketiga ini adalah sisa-sisa dari apa yang dikenal dengan nama "membran niktitans" yang sering terlihada pada kodok namun juga ada di hewan-hewan lain seperti burung dan reptil. Tujuannya adalah menjaga mata tetap basah untuk perlindungan.

Bayangkan Anda dapat berkedip dari samping? Wah, pasti hal yang sangat mengejutkan bukan layaknya alien. Sayangnya di manusia ukurannya menjadi sangat kecil dan hampir sama sekali tidak memiliki kegunaan pada diri kita.

1. Puting Laki-Laki

Puting pada laki-laki adalah contoh organ yang tidak berguna di manusia

Tidak hanya untuk laki-laki, pernahkah Anda baik perempuan ataupun laki-laki memikirkan apa sih tujuannya puting di laki-laki? Alasan keberadaan puting tersebut adalah karena selagi kita di rahim, pada awalnya semua janin akan dimulai perempuan baru kemudian berubah menjadi laki-laki sesuai tingkat testosterone. Namun pengetahuan akan hal ini tidak membantu mengetahui apa kegunaan dari puting laki-laki selain sebagai "dekorasi."

Dalam kasus yang sangat langka, pria juga dapat menghasilkan susu atau berlataksi namun pada kenyataanya hal itu sangatlah aneh dan sesuatu yang tidak patut dibanggakan. "Punya susu?" "Ya, saya punya" Bagaimanapun, Anda pasti sudah dapat gambarannya. Jadi inilah alasannya mengapa puting laki-laki ada di daftar teratas dari bagian tubuh manusia yang paling tidak berguna.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas