home -> Lainnya -> Mengatasi Rasa Gugup Dalam Segala Situasi
22 Juni 2018 06:41

Mengatasi Rasa Gugup Dalam Segala Situasi

Oleh admin dalam Lainnya pada September 24, 2014

Kita semua pasti pernah merasakan yang namanya gugup. Baik saat interaksi sosial, naik panggung, berbicara depan umum, atau bahkan saat ada ancaman tertentu. Gugup yang popularnya disebut nervous ini bukanlah perasaan yang menyenangkan dan terkadang dapat merusak semua persiapan kita. Berikut adalah tips mengatasi rasa gugup dalam segala situasi.

Rasa Gugup Alias Nervous

Gugup karena takut berbicara di depan umum

Baik pada saat Anda menunggu hasil nilai ujian, sebelum kompetisi, bertemu wanita pertama kali, hingga sebelum berbicara di depan umum, banyak di antara Anda pasti pernah mengalami apa yang namanya gugup. Gugup atau lebih popularnya dikenal Nervous ini adalah sebuah perasaan tertekan menyerupai rasa takut yang muncul dalam bentuk khawatir, gelisah, atau cemas. Rasa gugup ini terkadang terlihat secara nyata dengan kebiasaan gigit kuku, hiperaktif, menguap terus-terusan, dan bentuk-bentuk lainnya, namun terkadang juga tidak terlihat secara nyata. Yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengakui bahwa Anda sedang gugup.

Lalu darimanakah rasa gugup ini berasal? Pada saat Anda berada dalam situasi tertekan, otak Anda akan mengirimkan sebuah sinyal ke kelenjar adrenalin dalam tubuh Anda. Kelenjar adrenalin itu kemudian akan menghasilkan adrenalin yang menyebabkan detak jantung meningkat, pupil melebar, dan pengikatan sirkulasi darah di otot.

Layaknya saat kita menangis, semua perasaan ini adalah perasaan dasar manusia yang bertujuan membantu manusia bertahan hidup dengan menentukan kapan saatnya mereka harus melawan dan kapan saatnya mereka harus lari dari hal yang menekan mereka. Hanya saja rasa gugup adalah perasaan yang muncul karena bentuk tekanan yang lebih ringan seperti interview, memulai presentasi, dan seterusnya, bukan seperti serangan singa serta hal-hal ekstrim lainnya.

Mengatasi Rasa Gugup

Rasa gugup ini sendiri sangatlah menjengkelkan. Saat-saat dimana pemikiran yang tenang dibutuhkan, Anda malah merasa tertekan akan hal yang tidak jelas. Mengagumkannya, para pembicara terlatih, para atlit profesional, hingga mereka yang sudah berpengalaman seakan-akan tidak memiliki apa yang namanya rasa gugup ini. Bagaimana mungkin? Di sinilah kita akan membahas bagaimana orang-orang profesional mengatasi semua kekhawatiran, kegelisahan, hingga kecemasan yang muncul dalam rasa gugup tersebut.

Mental Imagery

Bayangan oleh seorang atlit golf

Singkatnya, mental imagery adalah sebuah cara yang sering digunakan oleh para atlit profesional dengan membayangkan keadaan mental mereka sendiri. Mental imagery ini dapat dilakukan dengan 3 cara yang berbeda. Cara yang pertama adalah membayangkan diri Anda melakukan sebuah simulasi berkali-kali dan hal ini terbukti memang dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan Anda dalam simulasi tersebut.

Cara yang kedua dikenal dengan motivational imagery, yaitu dengan mengingat bagaimana perasaan berhasil memenangkan atau menyukseskan hal terkait dengan dasar membantu motivasi diri.

Yang terakhir dikenal dengan nama motivational general mastery yakni membayangkan diri Anda sebagai seseorang yang kuat, terfokus, dan percaya diri maka itu memang akan membantu Anda lebih percaya diri yang sebagaimana kita tahu tanpa adanya percaya diri maka tidak akan ada keberhasilan.

Persiapan dan Latihan

Latihan berbicara dengan berbicara di depan kaca

Biasanya hal ini terbukti bekerja untuk sebuah kejadian yang berbasis prestasi sebagai contoh seperti presentasi, interview kerja, atau berbicara di depan umum. Sebagaimana telah dibicarakan dalam artikel Kalahkan Rasa Takut Berbicara di Depan Umum, persiapan dan latihan memang adalah salah satu cara terbaik untuk membantu Anda mencapai prestasi yang lebih baik. Jika Anda sudah sangat terbiasa karena persiapan yang matang maka kemungkinannya sangatlah kecil Anda akan merasa gugup saat menjelang hari "H". Tapi perlu diketahui bahwa cara ini tidaklah efektif untuk sebuah kejadian yang membutuhkan pemikiran di tempat, seperti saat sedang kencan contohnya.

Alihkan Perhatian

Pria berbicara dengan teman wanita

Mungkin saja alasan Anda gugup adalah karena Anda terlalu memikirkan kejadian yang akan Anda hadapi. Sebagaimana tubuh manusia tidak diciptakan untuk multitasking, dengan mengalihkan perhatian Anda maka tubuh Anda akan kesulitan untuk memikirkan atau merasakan dua hal sekaligus. Beberapa pengalihan yang dapat Anda lakukan adalah berbicara ke orang lain, berjalan-jalan, olahraga, menyelesaikan sebuah tugas, menonton sebuah acara, dan apapun yang intinya membuat pikiran Anda terlepas dari kejadian yang membuat Anda gugup tersebut.

Hati-hatilah karena tips mengalihkan perhatian ini bukanlah cara efektif untuk menghilangkan rasa gugup dalam jangka yang panjang. Hal ini karena Anda tidak melawan kebiasaan gugup Anda, tapi walaupun begitu cara ini terbukti berhasil untuk jangka pendek.

Mengambil Nafas Dalam-Dalam

Seorang wanita sedang mengambil nafas dalam-dalam

Ya, beberapa dari Anda pasti pernah melihat literatur atau media yang menunjukkan cara ini untuk melawan rasa gelisah, khawatir, panik, ataupun gugup. Hal ini karena tips mengambil napas dalam-dalam membuat diri Anda lebih fokus ke proses pernapasan tersebut dan sebenarnya adalah salah satu cara untuk mengalihkan perhatian. Caranya adalah dengan menarik nafas perlahan melalui hidung Anda, tahan nafas tersebut selama beebrapa detik, dan barulah lepaskan nafas itu dari mulut Anda. Lakukan berulang.

Sebutkan Konsekuensi Terburuk jika Anda Gagal

Membayangkan kegagalan diri sendiri

Rasa gugup sebenarnya merupakan salah satu bentuk rasa takut akan suatu hal yang tidak pasti. Padahal pada kenyataannya jika Anda coba menayakan diri Anda sendiri konsekuensi terburuk apa yang akan Anda hadapi jika Anda gagal, Anda akan menyadari bahwa konsekuensi itu bukanlah akhir dari dunia alias cuma berdampak kecil. Setelah Anda menyadari hal ini, mungkin Anda akan merasa lebih relaks dan untuk maju saja, toh konsekuensi kegagalannya tidak terlalu buruk.

Tapi Anda tetap perlu mengingatkan diri Anda untuk mencoba yang terbaik karena terkadang dengan pemikiran seperti ini, akan dapat membuat mental seseorang menjadi terkesan malas-malasan.

Bagaimana dengan Gugup Saat Kencan?

Keadaan aneh karena rasa gugup saat kencan

Oke, kebanyakan cara di atas mungkin dapat diterapkan untuk rasa gugup dalam sebuah kejadian yang terkait atas performa Anda, lalu bagaimana dengan saat Anda baru bertemu wanita/pria idaman Anda pertama kali atau saat Anda kencan pertama kali? Dalam kasus kencan pertama kali terkadang dapat lebih mudah, walaupun ada, tapi kemungkinan besar Anda memulai kencan tersebut dengan status awal pertemanan bukan? Jadi bayangkan saja bahwa Anda sedang berpergian layaknya seorang teman.

Tips lainnya untuk mengatasi rasa gugup yang dihadapi saat kencan pertama, atau bertemu wanita/pria idaman pertama kali adalah sadarilah bahwa hubungan Anda terasa aneh jika Anda membayangkan keanehan tersebut. Jadi santailah dan bersosialisasilah layaknya Anda biasa berkomunikasi.

--

Sebagai tambahan terakhir, hindari minum kopi karena kopi diketahui malah meningkatkan rasa gugup, gelisah, bahkan panik. Jadi, sudah siapkah Anda untuk mengatasi semua kegugupan Anda?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Artikel Serupa dari Portal Tahupedia
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas