home -> Lainnya -> Apakah Tumbuhan Dapat Berpikir?
17 Oktober 2018 21:12

Apakah Tumbuhan Dapat Berpikir?

Oleh admin dalam Lainnya pada September 19, 2014

Pernahkah terlintas di benak Anda apakah tumbuhan itu dapat berpikir? Beberapa studi menemukan bahwa tanaman memiliki ingatan dan mereka cukup pintar dalam makna tersendiri bahkan memiliki jaringan sosial mereka sendiri. Lalu apakah hal ini benar? Berikut berbagai argumen mengenai apakah tumbuhan dapat berpikir dan memiliki definisi kepintaran mereka sendiri.

Evolusi yang Merugikan

Pohon di hutan dengan sekitarnya blur

Dilansir dari AsapScience menjelaskan Jika kita melihat teori evolusi bahwa pada awalnya semua manusia terbentuk dari sebuah sel yang berevolusi menjadi mahluk hidup memiliki tingkatan lebih tinggi, maka berarti tumbuhan memiliki kemajuan evolusi yang sangat merugikan. Bagaimana tidak? Mereka hanya diam begitu saja di tempat dan harus menerima bagaimanapun kondisi lingkungan di sekitar mereka, baik adem, panas, dingin, hingga badai tanpa bisa kabur atau melawannya.

Tapi siapa yang sangka bahwa setiap tanaman telah beradaptasi dalam berbagai cara yang mengagumkan yang membuat mereka terlihat pintar. Berikut ini adalah berbagai hal menakjubkan tersebut.

Juga Memiliki Penciuman?

Pohon dengan buah yang etilennya mematangkan 1 sama lain

Kika manusia memiliki indera penciuman tersendiri maka tanaman juga memiliki kemampuan serupa. Pada saat sebuah buah telah matang, buah terkait akan melepaskan sebuah bahan kimia ke udara yang bernama etilen. Uniknya, buah lain juga dapat merasakan etilen yang terbawa udara tersebut dan membuat mereka matang lebih cepat sehingga seakan-akan mereka terlihat matang bersamaan. 

Inilah sebabnya mengapa buah yang belum matang sering dipasangkan dengan buah yang sudah matang, karena buah yang sudah matang akan membantu buah yang belum matang menjadi lebih cepat matang.

Mekanisme Bau Yang Cerdas

Bunga bangkai alias rafflessia arnoldii

Sebagamaimana tumbuhan tidak dapat bergerak namun tetap harus mempertahankan kelanjutan "generasi" mereka, maka mereka menciptakan mekanisme yang dapat dikatakan cukup cerdas. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tumbuhan pasti memiliki bau mereka sendiri, baik itu wangi sampai berbau busuk. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian berbagai serangga dan membantu mereka dalam proses penyerbukan. Contoh paling mudah dapat terlihat pada bunga Rafflesia Arnoldii yang melepaskan bau busuk untuk menarik serangga seperti lalat atau kumbang sebagai penyerbuk .

Dapat Mendengar?

Cacing dan tawon di atas daun jagung

Walaupun pada tahun 2006, acara televisi Mythbuster melakukan sebuah eksperimen yang membuktikan bahwa tumbuhan tidak memiliki perasaan tapi mereka sepertinya memiliki kemampuan serupa yang terlihat seakan-akan mereka dapat "mendengar." Sebuah spesies jagung diketahui memiliki kemampuan pertahanan diri dimana pada saat mereka diserang (digigit cacing), mereka akan melepaskan senyawa kimia ke udara yang menarik perhatian tawon untuk menyerang si cacing.

Sebuah eksperimen dilakukan dengan merekam suara gigitan cacing pada spesies jagung tersebut, kemudian suara itu diputar kembali pada jagung yang berbeda dan uniknya mereka melakukan pertahanan yang serupa. Mekanisme pertahanan diri ini juga dimiliki oleh tanaman lain namun dalam bentuk berbeda sebagaimana kita bisa melihatnya di 10 tanaman paling mematikan di dunia.

Memiliki Komunikasi Sosial?

Wood wide web

Dalam skala yang lebih besar, tumbuhan juga terlihat seakan-akan mereka dapat bekerjasama satu sama lainnya. Hal ini terlihat pada akar pohon-pohon di hutan yang akar-akar mereka berkaitan dengan jamur bawah tanah dan terhubung ke sebuah jaringan akar raksasa. Peneliti juga menemukan bahwa melalui jaringan akar inilah pohon yang satu berbagi air, nutrisi dan informasi ke pohon yang lain.

Sebagai contoh, pohon yang tetap hijau sepanjang tahun berbagi nutrisi ke pohon yang kehilangan daunnya, dan pohon yang lebih tinggi berbagi air serta nutrisi ke pohon yang lebih kecil. Mengagumkannya adalah perilaku itu seperti komunikasi sosial dimana setelah pohon yang dibantu dapat mandiri, mereka akan membayarnya kembali ke pohon yang sudah membantu mereka.

Memiliki Ingatan?

Daun putri malu yang menutup saat disentuh

Riset yang lebih mengejutkan dan banyak dipublikasi adalah riset yang membuktikan bahwa tumbuhan terlihat seperti memiliki ingatan. Hal ini memang tidak secara langsung mengatakan bahwa mereka dapat berpikir namun menunjukkan bahwa mereka seakan-akan dapat memiliki ingatan. Cukup aneh bukan?

Eksperimen tersebut dilakukan ke tumbuhan putri malu atau Mimosa Pudica dimana tumbuhan ini akan menutup jika disentuh dengan tujuan menakuti predator seperti serangga. Peneliti menemukan bahwa pada saat dijatuhkan dari ketinggian 15 cm, putri malu akan menutup daun-daun mereka. Namun setelah dilakukan sekitar 4-5 kali, mereka mulai tidak menutup. Anehnya adalah jika dirangsang lagi dengan cara yang berbeda, daun mereka akan menutup kembali namun jika dijatuhkan lagi dengan ketinggian serupa mereka tidak akan menutup. Hal ini seakan-akan menunjukkan bahwa mereka sudah mengingat rangsangan itu tidaklah berbahaya.

Lalu Apakah Itu Semua Berarti Tumbuhan Dapat Berpikir?

ladang bunga matahari

Walaupun semua kemampuan di atas menunjukkan kemampuan yang mengagumkan namun sangatlah sulit untuk menilai apakah tumbuhan dapat berpikir atau tidak. Jika hanya dari persepsi umum bahwa berpikir itu berarti mengolah informasi, memiliki kesadaran, atau memiliki otak, maka itu berarti tumbuhan tidak dapat berpikir. Hal ini berarti semua kemampuan di atas hanyalah bentuk respon atas stimuli atau rangsangan yang terjadi di sekitar tanaman terkait. Seperti contohnya jika Anda memiliki sel darah putih untuk membantu penyembuhan luka, maka apakah Anda dapat dikatakan sedang berpikir? Daniel Chamovitz, direktur dari Manna Center for Plant Biosciences Universitas Tel Aviv mempercayai hal ini dan mengatakan bahwa tumbuhan tidak dapat berpikir.

Tapi jika kita melihat sisi lain bahwa semua kemampuan di atas adalah bentuk evolusi yang berbeda dari manusia, maka tumbuhan dapat dikatakan memiliki pikiran sendiri. Definisi kata "berpikir" yang kita mengerti sekarang ini hanyalah sebuah pengartian yang dimengerti oleh manusia, lalu bagaimana jika Anda berargumentasi bahwa tumbuhan juga memiliki definisi kata "berpikir" mereka sendiri dan semua bentuk kemampuan di atas adalah pembuktian tersebut? Singkatnya mereka memiliki definisi pikiran yang lebih modern namun kita tidak ingin mengakuinya. Willian John Lucas, professor biologi tumbuhan UC-Davis mengatakan kemampuan mereka hanya bentuk yang tidak dapat kita mengerti secara penuh.

--

Jadi apabila definisi kata berpikir Anda adalah memecahkan masalah, bekerja bersama dalam grup, dan berinteraksi maka tanaman memiliki kepintaran mereka sendiri bukan? Hal itu tergantung atas persepsi Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas