home -> Lainnya -> Rahasia Kesuksesan Seorang Pemimpin: Kesadaran Dir...
23 November 2017 16:14

Rahasia Kesuksesan Seorang Pemimpin: Kesadaran Diri

Oleh admin dalam Lainnya pada September 12, 2014

Tahukah Anda bahwa ternyata semua pemimpin yang sukses memiliki 1 rahasia besar yang dapat ditemukan secara bersamaan, yaitu kesadaran diri. Seberapa besar kesadaran diri yang dimiliki seseorang dapat menentukan bagaimana ia meraih kesuksesan dan memiliki kualitas kepemimpinan lainnya. Berikut mengapa kesadaran diri sangat penting dalam kesuksesan.

Kesadaran Diri

Siapakah diri Anda? pentingnya kesadaran diri

Sebelum kita membahas bagaimana kesadaran diri dapat menjadi rahasia kesuksesan semua pemimpin, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui apa sih yang dimaksud dengan kesadaran diri itu? Secara singkat, kesadaran diri adalah kemampuan seseorang untuk mengenali serta menginstropeksi dirinya sendiri yang secara umum mencakup akan kelebihan, kekurangan, motivasi, kepercayaan, dan emosi.

Lebih lanjut lagi mereka yang memiliki kesadaran diri tinggi juga dapat menyadari orang lain dengan menempatkan diri mereka di posisi orang lain, untuk menilai bagaimana orang lain mempersepsikan diri mereka. Tentu jika dijabarkan lebih lanjut lagi, penjelasan dari kesadaran diri sangatlah panjang tapi yang ingin kita bahas di sini bukanlah itu, melainkan bagaimana kesadaran akan diri sendiri dapat membantu seseorang menjadi pemimpin yang sukses.

Pentingnya Kesadaran Diri Dalam Kesuksesan

Berbagai kepribadian diri

Jika dibandingkan dengan kualitas kepemimpinan lainnya, secara sekilas kesadaran diri bukanlah kapasitas yang terlihat berarti, seperti contohnya visi, karisma, kemampuan komunikasi, dan pemikiran strategis. Walaupun begitu jika ditelusuri lebih dalam, semua yang mendorong kualitas kepemimpinan lainnya untuk berkembang lebih jauh ternyata adalah kesadaran diri. Ia dapat diibaratkan sebagai sebuah roda gigi kecil yang mendorong roda gigi besar lainnya untuk bergerak.

Alasannya adalah mereka yang tidak memiliki kesadaran diri dapat diibaratkan sebagai seorang pria egois yang berpikiran bahwa dirinya telah berdiri di puncak tertinggi dunia, padahal di belakangnya secara jelas masih banyak puncak yang lebih tinggi di sekitarnya. Mudahnya adalah bagaimana bisa seseorang yang tidak mengetahui kekurangan dirinya, mengembangkan dirinya lebih jauh?

Ya, salah satu kelebihan kesadaran diri adalah bagaimana Anda bisa mengetahui keunikan diri Anda termasuk kekurangan diri Anda. Dengan mengetahuinya, maka Anda akan terus berusaha mengembangkan diri Anda, belajar lebih banyak, dan pada akhirnya meraih kesuksesan. Terlebih lagi dengan mengetahui keunikan Anda, maka Anda akan dapat mengembangkan keunikan Anda hingga membuatnya menjadi kelebihan yang hanya dimiliki Anda sendiri.

Kesadaran Diri Sebagai Rahasia Pemimpin Yang Sukses

Pemimpin yang buruk marah-marah

Selain dari poin di atas, alasan mengapa seorang pemimpin yang sukses harus memiliki karakter ini adalah karena mereka harus bisa menyadari bagaimana dirinya dinilai di mata orang lain. Salah satu kualitas yang peling sering diasosiasikan dengan manajemen dan kepemimpinan adalah mengenai seberapa otoritatif, tegas, serta suka mengontrolkan pemimpin tersebut.

Sebagai contoh, jika seorang pemimpin dinilai sebagai seseorang yang egois di mata karyawannya dan ia tidak mau menyadari hal tersebut, maka hingga akhir hidupnya ia akan menjadi pemimpin yang egois. Seberapa tinggikah kemungkinan pemimpin egois tersebut meraih kesuksesan? Anda sendirilah yang akan menilai.

Mengembangkan Kesadaran Diri

Untuk mengembangkan kapasitas kesadaran diri bukanlah sesuatu yang mudah. Terkadang walaupun kita diberitahukan kekurangan ada di diri kita, kita tidak mau mendengarkannya karena tidak jarang hal itu cukup menyinggung bahkan dapat membuat diri kita marah. Biasanya muncul dalam bentuk kritik. Oleh karena itu berikut adalah berbagai cara untuk mengembangkan kesadaran diri Anda.

Johari Window

Jendela johari dalam pengembangan kesadaran diri

Salah satu alternatif yang paling sering ditemui untuk melatih kesadaran diri seseorang adalah menggunakan teknik Johari Window. Johari Window adalah sebuah teknik psikologi yang dapat membantu seseorang untuk mengerti hubungan dengan diri dan orang lain. Biasanya digunakan dalam bentuk kelompok karena kelebihan dari Johari Window adalah ia juga menjabarkan secara langsung bagaimana orang lain memandang diri Anda.

Mendapatkan Umpan Balik

Mendapatkan umpan balik dengan teknik 360 feedback

Jika ide dari Johari Window terdengar terlalu menyulitkan Anda maka cara termudah adalah mendapatkan umpan balik mengenai diri Anda dari orang yang mengenal Anda. Baik dari teman, keluarga, saudara, hingga klien Anda. Dengan mengetahui apa kekurangan Anda di mata orang lain, lalu berusaha menyempurnakannya, maka itu adalah langkah penting Anda menjadi pemimpin yang sukses. Bentuk lebih lanjut dari cara ini adalah 360-degree feedback.

Mencoba Kuis dan Tes

Mengambil tes online di internet

Di luar sana, ada banyak sekali media yang menawarkan berbagai bentuk pengujian yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam meningkatkan kesadaran diri. Mudahnya adalah di Internet. Di Internet, Anda dapat menemukan banyak sekali kuis sederhana hingga tes psikologi kompleks yang dapat membantu diri Anda terkait hal ini.

Introspeksi Diri

Introspeksi diri dan berpikir

Terkadang karena berbagai alasan, kita tidak mau melihat apa yang sudah ada di depan mata kita. Baik karena kita benar-benar tidak tahu atau tidak mau tahu. Mungkin yang Anda butuhkan hanyalah mencoba introspeksi diri dan menilai apa saja sih karakter, kelebihan, kekurangan, dan diri Anda di mata orang lain.

--

Jadi mulailah menyadari siapa diri Anda yang sebenarnya dan jadilah orang yang lebih sukses dalam arti kata sebenarnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas