home -> Unik -> 10 Makanan Di Dunia Yang Wajib Dicoba Semasa Hidup...
19 Oktober 2018 02:18

10 Makanan Di Dunia Yang Wajib Dicoba Semasa Hidup Anda

Oleh admin dalam Unik pada September 11, 2014

Menemukan makanan enak dan menakjubkan dari berbagai belahan dunia adalah salah satu hal paling ditunggu-tunggu dalam berwisata. Tentunya setiap kebudayaan yang Anda kunjungi pasti memiliki makanan wajib coba mereka sendiri alias makanan khas setiap negara. Oleh karena itu, berikut ini adalah 10 makanan di dunia yang memang wajib dicoba semasa hidup Anda.

1. Cina - Xiao Long Bao

Xiao Long Bao Cina

Dari negara sebesar Cina, sangatlah sulit untuk hanya menyebutkan satu makanan yang memang wajib dicoba jika mengunjungi negara ini. Walaupun begitu di antara semuanya, makanan yang Anda coba saat mengunjungi Cina dan tidak akan dapat dilupakan mungkin adalah Xiao Long Bao. Aslinya berasal dari Shanghai tepatnya Nanxiang, merupakan dumpling yang di dalamnya tidak hanya berisikan daging namun juga sedikit kuah sup yang akan memberikan Anda pengalaman kuliner tidak terlupakan.

Makanan Lainnya yang tidak kalah menarik: Bebek Peking, Huo Guo: Chengdu Hot Pot dan Sichuan Hot Pot, Bao Zi, Liang Pi (Mi Dingin), Jian Bing

2. Italia - Neapolitan Pizza

Neapolitan Pizza Italia

Pizza adalah makanan yang memang sering dikaitkan dengan negara asalnya yaitu Italia tepatnya Naples. Oleh karena itu makanan yang memang wajib Anda coba di Itali adalah pizza tradisional yaitu Neapolitan Pizza atau jika di dalam Bahasa Itali, "La Pizza Napoletana." Dideskripsikan sebagai pizza dengan rasa yang kenyal, gurih, bertoppingkan tomat segar, buffalo mozarela, basil, serta sedikit daging. Pizza ini juga disebut-sebut sebagai salah satu dari daftar makanan terenak di dunia.

Memiliki variasi lain yang dikenal dengan nama Pizza Marinara dan Pizza Margherita. Perlu diketahui bahwa pizza ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan pizza normal yang biasanya berukuran 14 inci, karena Neapolitan Pizza hanya berukuran 12 inci.

Makanan Lainnya: Zucchini Flowers, Lampredotto, Sphagetti with Borttarga, Ricotta and Spinach Ravioli, prosciutto, Tiramisu

3. USA - Reuben Sandwhich

Reuben Sandiwch di USA

Di Indonesia ini sangatlah sulit jika kita harus menyebutkan 1 makanan wajib coba di US. Alasannya adalah karena kebudayaan Barat telah dengan sangat besar mempengaruhi kebudayaan Indonesia dan banyak makanan Amerika yang dapat kita lihat di Indonesia ini, berbedanya mungkin hanya di ukuran porsi.

Oleh karena itu, kita tidak akan melihat makanan-makanan kompleks yang memang sudah ternama melainkan makanan sederhana yang popular di Amerika yaitu Reuben Sandwich. Reuben Sandwich sendiri adalah sandwich berukuran relatif besar dengan banyak lapisan daging sapi di dalamnya. Beberapa tempat popular untuk Anda yang ingin mencobanya adalah Sheman's Deli di Palm Springs, CA atau Pastrami Reuben Sandwich di Katz's Delicatessen, E Houston, NY.

Makanan Lainnya: Barbecue Ribs, Thanksgiving Turkey, S'Mores, White Pizza, Burger dan Hot Dogs, Delmonico Steak, Gumbo, Poke

4. Perancis - Boeuf Bourguignon

Boeuf Bourguignon di perancis

Banyak sekali makanan-makanan unik yang hanya dapat ditemukan di Perancis dan banyak di antara mereka adalah makanan enak yang juga tidak kalah menakjubkan satu sama lainnya. Di antara semua itu salah satu yang paling ternama dan wajib Anda coba adalah Boeuf Bourguignon, yakni makanan trandisional Perancis berupa stew rebusan daging sapi yang ditambahkan dengan anggur merah, kaldu sapi, jamur, bawang, serta rempah-rempah segar.

Makanan Lainnya: Escargot, Moules-Frites, French Bread dan Croissant au Beurre, Aioli, Soupe a l'oignon, Coq Au Vin, Blanquette de Veau, Cheese Souffle

5. Jepang - Kobe Beef

Daging Sapi Kobe Dipanggang

Terkadang sering dikenal dengan nama daging wagyu tapi perlu diketahui bahwa daging sapi Kobe (Kobe Beef) memang dapat disebut daging wagyu namun daging wagyu tidak dapat disebut Daging Kobe. Hal ini karena daging sapi Kobe adalah daging yang hanya dapat didapatkan dari keturunan murni sapi Kobe, berbeda halnya dengan daging wagyu yang dapat dibiak silangkan dengan sapi lokal atau sapi lain.

Harga dari Kobe Beef sendiri juga tidaklah dapat dibilang murah sebagaimana daging wagyu adalah salah satu daging termahal maka daging sapi Kobe juga sama mahalnya. Oleh karena itu beberapa restoran menawarkan paket makanan daging sapi Kobe dalam bentuk Teppanyaki Kobe Beef. Jadi jika Anda mempertimbangkan memakan daging wagyu maka mungkin daging Kobe adalah pilihan yang lebih baik?

Makanan Lainnya: Okonomiyaki, Tonkatsu, Fugu Sashimi (Perlu diketahui bahwa ikan fugu adalah ikan beracun), Warabi Mochi, Yakiniku, Nabe, Onigiri

6. Thailand - Tom Yum Goong

Tom Yum Goong Thailand dengan udang tampak lezat

Singkatnya Tom Yum Goong adalah Sup Udang Thailand yang Pedas, lengkapnya adalah sup popular Thailand yang berisikan udang, jamur, tomat, sereh, lengkuas dengan rasa unik akan asam, asin, pedas, tergantung dari pilihan dan cara memasaknya. Merupakan makanan otentik Thailand yang disukai penduduk lokal serta telah berkembang sangat luas ke dunia sampai-sampai masuk ke dalam daftar makanan terenak dunia.

Makanan Lainnya: Massaman Curry, Som Tam, Pad Thai, Panang Curry, Khao Soi, Thai Green Curry, Tom Kha Kai

7. Korea Selatan - Gogi-Gui (Korean Barbecue)

Gogi Gui atau BBQ Korea berikut dengan makanan pendamping

Apa saja sih makanan yang popular di Korea Selatan? Kimchi? Samgyeopsal? Bulgogi? Sogogi? Banchan? Semua makanan popular ini dapat dinikmati dalam satu makanan saja, yaitu Gogi-Gui atau BBQ Korea. Dengan panggangan di tengah-tengah meja, makanan pendamping (Banchan) sebagai tambahan, soju sebagai pendamping kebersamaan, dan teman-teman sepanjang meja, maka tidaklah heran jika Gogi-Gui adalah salah satu bentuk makanan paling digemari yang wajib Anda coba di Korea Selatan.

Makanan Lainnya: Kimchi, Samgyeopsal, Haejangguk, Dolsot Bibimbap, Banchan, Tteokbokki, Jjajangmyeon, Sundubu Jjigae

8. Spanyol - Jamon Iberico

Jamon Iberico di Spanyol

Spanyol sangatlah terkenal akan daging babi mereka, bukan sembarangan daaging babi melainkan daging babi hitam Iberia yang tepatnya pada bagian kaki belakang babi. Jamon Iberico sendiri adalah makanan ikonik Spanyol yang merupakan kombinasi terbaik dengan anggur dan roti gurih. Setiap lapisan dagingnya dideskripsikan sebagai rasa yang sangat lembut, sedikit asin dan biasa disajikan bersamaan dengan keju.

Bagi Kaum Muslim mungkin makanan ini terdengar tidak menarik, oleh karena itu beberapa menyarankan makanan seperti Patatas Bravas dan Paella.

Makanan Lainnya: Paella, Crema Catalana, Gambas Ajillo, Tortilla Espaniola, Pulpo a La Gallega, Patatas Bravas, Mel i Mato

9. India - Tandoori Chicken

Tandoori Chicken Lezat di India

Di India, hidangan makanan sangatlah variatif tergantung di wilayah mana Anda tinggal. Sebagai contoh, di Utara, hidangan mereka lebih berfokuskan daging yang kaya akan kari dan roti lezat, sedangkan di Selatan lebih banyak makanan vegetarian yang terkenal akan bumbu kuatnya.

Masih banyak perdebatan akan makanan India mana yang wajib dicoba semasa hidup Anda, tapi melihat banyaknya non-vegetarian di dunia maka mungkin Tandoori Chicken adalah pilihan yang lebih baik. Merupakan ayam yang dibumbui dengan bumbu Tandoori Masala, dimasak dengan sejenis oven tanah liat bernama Tandoor yang dihidangkan dengan sayuran, saus yogurt dan juga nasi.

Makanan Lainnya: Masala Dosa, Biryani, Indian Curry, Seekh Kebabs, Pani Puri, Puran Poli, Rogan Josh

10. Rusia - Borscht

Borscht sederhana, tidak lain dan tidak bukan adalah makanan wajib di Rusia

Borscht adalah sup yang dibuat dari sari buah bit atau tomat dengan alternatif kombinasi daging serta kaldu sapi.  Walaupun biasanya dimakan sebagai makanan pembuka, namun sebenarnya sudah dapat dikatakan bisa menjadi makanan utama, apalagi jika dimakan dengan roti hitam dan vodka Russia. Kombinasi dengan akar buah bit biasanya tidak disukai oleh non-vegetarian, jika begitu maka mungkin pilihan yang lebih baik adalah pelmeni atau solyanka.

Makanan Lainnya: Solyanka, Pelmeni Salmon atau Jamur, Golubtsy, Blini, Ikra Baklazhanaya, Shashlyk, Okroshka

--

Tentunya sebelum Anda mencoba setiap makanan di daftar ini, pastikan Anda telah menemukan restoran terbaik yang memang terkenal akan khas makanan ini. Anda tentu tidak mau pengalaman Anda mencoba makanan ini menjadi pengalaman tidak mengenakkan yang sebenarnya enak di lidah orang lain bukan? Tambahannya, jangan lupa juga melihat bahwa makanannya memang yang Anda sukai seperti tomat, sayuran, sapi, dan seterusnya.

Tambahan makanan wajib coba di negara-negara lainnya: Quora

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas