home -> Lainnya -> Inilah Bagaimana Orang-Orang Sukses Berkata 'Tidak...
25 Juni 2019 00:15

Inilah Bagaimana Orang-Orang Sukses Berkata 'Tidak'

Oleh admin dalam Lainnya pada September 04, 2014

Berkata 'tidak' kedengarannya sangatlah mudah, namun kenyataannya untuk menolak seseorang dan mengatakan kata itu sangatlah sulit. Sayangnya untuk mengatakan 'tidak' adalah hal yang sangat penting. Lalu bagaimana caranya mengatakan tidak dalam sebuah cara yang tetap mempertahankan reputasi Anda? Berikut ini adalah bagaimana orang-orang sukses di dunia berkata tidak ke orang lain.

Berkata Tidak Bukanlah Hal Yang Mudah

3 orang mengeja no! alias tidak!

Ada banyak alasan mengapa terkadang untuk berkata "tidak" adalah hal yang sangat sulit. Beberapa alasan paling umum adalah karena biasanya orang terkait takut merusak relasi yang telah ada atau malah menyebabkan konflik, khususnya dalam dunia kerja. Alasan lainnya adalah karena kita telah terbiasa menjadi orang baik yang selalu berkata ya dan jarang mengucapkan tidak.

Seperti yang telah dikatakan di atas, untuk menolak sesuatu mungkin terdengar sangat mudah. Kenyataannya memang benar, hal ini cukup mudah untuk dilakukan namun sayangnya untuk menyampaikannya dalam sebuah cara yang relatif ramah dan profesional sangatlah sulit.

Cara Berkata Tidak Secara Sukses

Dilansir dari LinkedIn, Brian de Haaff, co-founder dan CEO dari Aha! membagi cara berkata tidak secara profesional ini menjadi 4 tahap mudah. Berikut cara-caranya.

Menjadi Pendengar Yang Baik

Pendengar yang baik dalam tim kerja

Walaupun Anda sudah tahu bahwa Anda akan menolak permintaan lawan bicara Anda namun tentu bukanlah sesuatu yang ramah dan profesional jika Anda tidak terlebih dahulu mendengarkan permintaan mereka. Karena berbagai alasan, tentu permintaan yang diminta lawan bicara Anda adalah hal yang cukup penting untuk mereka, jika tidak maka mereka tidak akan bertanya kepada Anda.

Inilah sebabnya mengapa tugas Anda adalah menjadi pendengar yang baik, mengerti permintaan mereka, dan mengetahui apa alasan mereka meminta Anda mengerjakannya. Mempelajari terlebih dahulu permintaan mereka walaupun hanya untuk waktu yang singkat akan membuat lawan bicara Anda mengetahui bahwa Anda menghargai mereka, berbeda halnya jika Anda hanya setengah hati mendengarkan permintaan mereka.

Ketahui Prioritas Anda

Gol bola ke gawang

Setiap permintaan memang dapat ditangani dengan sangat cepat baik dengan berkata "ya" ataupun "tidak," namun apakah Anda yakin bahwa Anda sudah dengan tepat menangani setiap permintaan? Darimana Anda tahu bahwa permintaan yang Anda tolak ataupun Anda terima adalah permintaan yang sesuai dengan prioritas visi Anda ke depannya? Di sinilah sebabnya mengapa Brian menasihatkan Anda untuk mendefinisikan terlebih dahulu apa visi Anda, jika tidak maka Anda akan mengalami kesulitan untuk mengetahui permintaan mana yang harus Anda terima dan permintaan mana yang sebenarnya harus Anda tolak.

Sebagai contoh, jika Anda tahu visi Anda ke depannya adalah Anda akan menjadi seorang desainer grafis ternama dalam bidang website, dan dihadapkan dalam sebuah dimana Anda mendapatkan 2 permintaan. Permintaan yang satu adalah terkait bidang website sedangkan yang satu lagi terkait desain interior, tentu bukan keputusan yang tepat apabila Anda malah mengatakan tidak ke permintaan desain website tersebut bukan?

Jawab Dengan Cepat dan Jelas

Jawab dengan jelas iya atau tidak

Hal yang selanjutnya harus diingat adalah setelah kedua hal di atas Anda lakukan, maka jawablah dengan cepat dan jelas. Di samping karena alasan menghabiskan tenaga dan waktu, alasan lainnya adalah karena Anda juga tidak ingin menghabiskan waktu dari orang yang meminta Anda. Menjawab dengan cepat di sini bukan berarti sekedar dengan cepat berkata ya atau tidak tanpa benar-benar mengetahui terlebih dahulu permintaan orang terkait, yang dimaksud adalah menjawabnya secepat yang Anda bisa sesudah Anda mengetahui bahwa permintaan tersebut memang tidak sejalan dengan prioritas visi Anda.

Jelaskan Kenapa

Berikan penjelasan yang detail

Salah satu kesalahan paling umum saat seseorang berkata tidak adalah mereka terkadang tidak menjelaskan dengan baik alasan di balik jawaban mereka. Dengan menjelaskan mengapa Anda menolak permintaan mereka, maka itu berarti Anda memperbolehkan lawan bicara Anda untuk melihat jawaban tersebut melalui perspektif Anda. Memperbolehkan mereka untuk mengerti kenapa dan mengapa, tidak sekedar jawaban yang negatif.

Cara ini juga dapat diterapkan pada saat Anda terpaksa berkata "ya." Tidaklah dapat dipungkiri bahwa terkadang Anda akan menemukan kondisi dimana Anda harus berkata ya ke sebuah permintaan. Jika begini maka sebelum terpaksa berkata "ya," cobalah jelaskan kesulitan apa yang akan ditemui seperti contohnya jelaskan Anda sedang sibuk dengan pekerjaan lain dan mengerjakan permintaan tersebut akan memakan waktu yang lebih lama.

--

Berkata tidak adalah hal yang sangat penting untuk membantu kesuksesan Anda, Steve Jobs sendiri pernah berkata bahwa inovasi adalah berkata tidak ke ribuan hal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas