home -> Lainnya -> Kekuatan Dari Berpikir Positif
17 Juni 2019 17:43

Kekuatan Dari Berpikir Positif

Oleh admin dalam Lainnya pada August 18, 2014

Berpikir secara positif adalah salah satu aset terbesar yang dapat dimiliki seseorang. Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang menganggap hal itu omong kosong dan mengartikan kata ini sebagai keras kepala. Tapi ternyata orang-orang sukses di dunia telah membuktikan kekuatan dari berpikir secara optimis ini. Kekuatan dari berpikir positif tidaklah bisa diremehkan.

Apa Yang Dilakukan Pikiran Negatif Terhadap Diri Anda?

Dampak dari pemikiran yang negatif di dalam diri kita

Dalam berbagai situasi baik dalam situasi dimana kita sedang marah ataupun ketakutan, tidaklah jarang kita mendengar nasihat untuk selalu tenang dan menilai segala sesuatu dengan pikiran dingin. Nasihat itu terbukti bukanlah sesuatu yang hanya omong kosong belaka. Berpikir negatif tidak akan membantu kita dalam mengambil keputusan, bahkan malah dapat memperburuk pengambilan keputusan tersebut. Contoh sederhana dapat dilihat dari permisalan berikut ini.

Mari katakan karena alasan tertentu Anda sedang berjalan-jalan di hutan dan tiba-tiba saja seekor harimau melompat ke depan Anda. Otak Anda akan secara cepat merespon kejadian tersebut dengan memberikan perasaan negatif, yakni rasa takut yang mungkin disertai rasa panik. Karena rasa takut dan panik inilah maka Anda akan langsung lari ke arah yang berlawanan dari si harimau. Padahal mungkin saja jika Anda berpikir dengan tenang maka ada banyak opsi seperti memanjat pohon, mengambil kayu, dan berbagai opsi lainnya untuk melawan seekor harimau. Sayangnya, Anda yang merasa takut hanya berlari tanpa peduli akan hal-hal yang ada di sekitar Anda.

Contoh paling sederhana lainnya adalah saat Anda memutuskan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Tapi karena Anda berpikir pekerjaan tersebut tidak akan berakhir baik maka ada kemungkinan Anda akan berhenti di tengah jalan. Padahal mungkin saja jika Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut, Anda akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, dimulai dari promosi hingga kesuksesan. 

Inilah yang dilakukan pikiran negatif. Pikiran negatif mencegah Anda mempertimbangkan berbagai alternatif yang ada dan membuat Anda hanya fokus ke pikiran negatif tersebut, seperti rasa panik, marah, stres, ketakutan, dan seterusnya.

Kekuatan Dari Pikiran Positif

Kekuatan dari berpikir positif semua jadi memungkinkan

Contoh di atas menunjukkan bahwa pikiran manusia memang mengagumkan. Banyak orang mengatakan ini adalah contoh dari hukum ketertarikan (law of attraction) di dunia, yakni sebuah konsep kepercayaan dimana apa yang kita pikirkan pada akhirnya akan benar-benar menjadi hidup kita ke depannya.

Jika kita berpikir secara rasional, sebenarnya hukum ketetarikan ini hanyalah istilah yang menunjukkan betapa kuatnya pikiran manusia baik dalam hal berpikir negatif atau berpikir secara positif. Contoh nyata dapat kita lihat di produk-produk yang ada di sekitar kita. Apabila Bill Gates adalah seseorang yang selalu berpikir negatif maka ia tidak akan menjadi orang terkaya di dunia, Jika Steve Jobs adalah seseorang yang pesimis maka iPhone atau Apple tidak akan pernah ada, Jika Mark Zuckerberg adalah orang yang berpikir negatif maka Facebook tidak akan pernah ada. Alasannya adalah karena jika mereka semua adalah orang-orang pesimis, besar kemungkinan mereka akan keluar di tengah jalan saat mengembangkan produk-produk ternama dunia ini.

Melalui pikiran yang positif inilah, orang-orang sukses dunia dapat melihat kelebihan dari produk mereka dan bagaimana produk-produk itu dapat mencapai kesuksesan di ke depannya. Tidak hanya itu saja, berpikir positif juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti berikut ini.

Kebahagiaan

Berpikir positif dan kebahagiaan

Dengan pikiran yang positif, kita akan dapat merasakan perasaan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Hal itu membawa perasaan cerah ke tubuh Anda, lebih berenergi, dan tentunya lebih bahagia. Bahkan kesehatan Anda dapat terpengaruh dalam cara yang positif. Anda dapat membandingkannya dengan orang yang selalu berpikir negatif.

Pikiran Positif Itu Menular

Banyak muka smiley berderet

Dunia ini bagaikan cermin, baik pikiran yang positif ataupun pikiran yang negatif dapat menular ke orang-orang di sekitar Anda. Contoh paling sederhana dapat terlihat dari pelayanan di kafe atau restoran. Hanya dengan ucapan terima kasih berenergi dari si kasir, Anda akan dapat merasakan perasaan yang juga positif. Bayangkan jika kasir tersebut mengucapkan kata terima kasih dengan tidak iklas? Inilah sebabnya mengapa pikiran positif sangatlah penting dalam kerjasama tim.

Keberhasilan Dalam Kegagalan

Bill Gates young Traf O Data

Dunia ini sangatlah keras, Anda tidak bisa mengharapkan kesuksesan dari sekedar pikiran yang positif dan tidaklah jarang Anda akan menemukan kegagalan. Dengan berpikir positif maka Anda akan dapat melihat keberhasilan dalam kegagalan tersebut dan akhirnya meraih kesuksesan. Hal inilah yang dicapai oleh orang terkaya dunia, Bill Gates.

Tahukah Anda bahwa sebelum ia menjadi orang ternama sekarang ini, Bill Gates harus mengalami kegagalan dalam perusahaan yang ia dirikan sebelumnya yaitu Traf-O-Data. Walaupun begitu ia bersama dengan Paul Allens (Co-Founder dari Microsoft), tetap melihat sisi positif dari kegagalan itu dan belajar banyak hal. Paul Allens sendiri mengatakan bahwa Traf-O-Data membantu mereka mempersiapkan diri mereka untuk meluncurkan produk Microsoft yang pertama.

--

Jadi sudah siapkah Anda untuk mulai berpikir positif?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas