home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Tidak Dapat Dibeli Uang
21 Februari 2017 03:19

10 Hal Yang Tidak Dapat Dibeli Uang

Oleh admin dalam Lainnya pada August 07, 2014

Banyak orang percaya bahwa kaya dan memiliki banyak uang berarti kebahagiaan tapi sering juga kita mendengar bahwa ada berbagai hal yang tidak dapat dibeli uang. Apakah hal ini benar? Berikut 10 hal yang dipercaya tidak dapat dibeli dengan kekayaan materi semata.

10. Impian

Impian adalah salah satu hal yang tidak bisa dibeli dengan uang

Berbahagialah Anda yang memiliki impian karena ternyata impian Anda adalah salah satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Impian adalah hal yang sangat penting untuk memotivasi kita melakukan sesuatu, namun sayangnya untuk mengetahui impian kita tidaklah semudah yang kita bayangkan. Bahkan ada orang yang hingga mereka dewasa tidak mengetahui apa sebenarnya impian mereka. Oleh karena itu selalu cobalah melakukan hal-hal baru, temukan bakat Anda, dan raih mimpi Anda.

9. Perdamaian

Perdamaian dunia atau peace yang dilambangkan dengan 6 tangan

Seandainya uang dapat membeli perdamaian maka dunia ini akan sangat tentram dan mungkin polisi tidak lagi diperlukan. Contoh nyata dan sederhana dapat dilihat dari uang yang telah dihabiskan berbagai negara dengan alasan "perdamaian." Apakah semua itu berhasil? Jawabannya adalah tidak. Perdamaian bukanlah sesuatu yang bisa dibeli Anda ataupun siapapun. Perdamaian hanay dapat tercipta pada saat kita memperlakukan sesama kita dengan adil dan manusiawi sebagaimana kita ingin diperlakukan. Hal ini berlaku lebih khusus lagi untuk kedamaian batin dalam diri kita.

8. Rasa Hormat dan Kesetiaan

Rasa hormat dan kesetiaan adalah hal yang sangat berharga

Ada perbedaan antara kepatuhan dan kesetiaan, kepatuhan adalah ketaatan semata yang dapat terjadi karena pemaksaan ataupun alasan lainnya, sedangkan kesetiaan adalah ketaatan jangka panjang yang diikuti pengertian dan rasa hormat. Sejarah dan kehidupan sekitar kita telah menunjukkan bagaimana uang dapat membeli kepatuhan namun tidak kesetiaan. Sama halnya untuk rasa hormat, hal itu adalah salah satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang.

7. Karakter

Karakter dan perilaku sopan tidak bisa dibeli uang

Ada banyak sekali orang kaya yang kasar dan tidak sopan kepada orang yang lebih miskin daripada mereka. Tidak hanya itu saja, tidaklah jarang kita dapat menemukan ada orang yang relatif miskin namun memiliki karakter lebih baik daripada orang kaya manapun di dunia. Hal ini membuktikan bahwa karakter tidaklah dapat dibeli dengan uang. 

Karakter dan perilaku yang baik tidak dapat dibeli dengan uang, mereka hanya dapat diajarkan oleh orang-orang di sekeliling kita, baik itu keluarga, sekolah, ataupun pengalaman. Uang memang bisa membuat Anda berada di kelas golongan atas namun itu tidak berarti karakter dan perilaku Anda akan menunjukkan tata krama seharusnya layaknya golongan atas.

6. Keluarga

Gambaran keluarga dalam genggaman tangan

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa uang bisa membeli keluarga melalui adopsi anak, nikah kontrak, dan sebagainya, namun tidak berarti bahwa semua itu akan menciptakan keluarga yang bahagia. Seberapa kayapun Anda, Anda tidak bisa membeli kebersamaan dan intimasi dalam sebuah keluarga hanya dengan uang semata. Semua itu hanya dapat didapatkan seiring berlalunya waktu dan melewati cita duka bersama sebagai 1 keluarga. Anda mungkin bekerja keras untuk mendapatkan uang demi keluarga Anda, namun uang itu tidak akan dapat membuat keluarga Anda mengerti siapa sebenarnya diri Anda.

5. Teman Baik

Dua perempuan yang adalah teman baik

Tidaklah dapat disangkal bahwa orang kaya selalu menarik perhatian banyak orang dan mereka terlihat selalu dikelilingi teman-teman mereka. Ironisnya adalah justru karena kekayaan itulah, tidak ada yang dapat mengetahui secara pasti manakah yang sebenarnya adalah teman baik yang sebenarnya dari si orang kaya itu, dan yang mana yang adalah teman palsu berusaha mengincar pamor dan uang dari orang kaya tersebut. Ingatlah bahwa uang mungkin bisa memulai perkenalan namun ia tidak bisa membeli pertemanan sejati.

4. Cinta

Perlambangan cinta oleh dua ekor angsa

Sudah ada banyak sekali film dan media lainnya yang menceritakan mengenai kisah bagaimana cinta tidak dapat dibeli dengan uang. Kenyataannya, hal ini benar apa adanya. Uang memang bisa membeli kepuasan nafsu, namun tidak cinta sejati. Anda tidak bisa membuat orang lain mencintai diri Anda hanya dengan uang, dan tidak ada yang dapat menghargakan seberapa mahal sebuah cinta sejati.

3. Kesehatan

Jogging bersinarkan matahari

Uang dapat membeli obat dan layanan kesehatan, namun sayangnya ia tidak dapat membeli kesehatan itu sendiri. Tidaklah jarang orang-orang kaya di dunia harus kehilangan harta mereka karena menderita penyakit tertentu. Oksigen yang tadinya dapat mereka nikmati dengan gratis sekarang harus mereka bayar karena alasan kesehatan. Walaupun mungkin Anda dapat membayar semua pengobatan itu, tentunya jauh lebih baik untuk menjaga pola hidup sehat daripada Anda menyesal suatu hari nanti bukan?

2. Waktu

Waktu dan jam pasir

Pernahkan Anda melihat uang dapat memutarbalikkan waktu? Orang terkaya di dunia saja tidak mungkin dapat membeli waktu yang telah hilang dengan uang. Model dan penulis Gloria Tesch pernah mengatakan bahwa: "Waktu adalah hadiah paling berharga yang dapat Anda berikan ke orang lain, karena jika Anda memberikan orang lain waktu Anda maka Anda telah memberikan sebagian hidup Anda yang tidak mungkin dapat Anda ambil kembali."

Jangan lupakan impian dan orang-orang sekitar Anda hanya karena uang, karena seberapa kayapun Anda dan sebagaimanapun Anda menyesalinya nanti, Anda tidak bisa membeli waktu. Ingatlah bahwa hidup kita terbatas (mungkin hingga saatnya Google menemukan keabadian).

1. Kebahagiaan

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan

"Uang tidak bisa membeli kebahagiaan," hal ini sering sekali muncul baik dalam media ataupun literatur. Kebahagiaan adalah tujuan asli dari setiap manusia, namun sayangnya banyak orang berpikir bahwa kekayaan berarti kebahagiaan. Sebelumnya kita telah melihat pengakuan 8 orang kaya, apakah kekayaan berarti kebahagiaan? Ternyata hubungan kekayaan dan kebahagiaan memang tidak sesederhana itu.

Sebagaimana kita telah melihat hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, kehidupan tanpa teman, cinta, kedamaian, keluarga, ataupun impian tidaklah bisa disebut kehidupan yang bahagia. Uniknya adalah sebuah studi menemukan bahwa uang memang bisa membeli kebahagiaan namun jika itu digunakan dengan benar.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas