home -> Lainnya -> 10 Hewan Paling Setia Di Dunia
21 Agustus 2018 02:15

10 Hewan Paling Setia Di Dunia

Oleh admin dalam Lainnya pada August 06, 2014

Banyak literatur dan media telah menceritakan mengenai kesetiaan binatang terhadap majikannya, namun bagaimana dengan terhadap sesama mereka? Berikut ini adalah 10 hewan paling setia di dunia dimana dikatakan bahwa mereka hanya kawin 1 kali untuk seumur hidup, bahkan sering sekali dijadikan lambang kesetiaan.

Walaupun begitu ada beberapa orang yang berargumen bahwa monogami dalam dunia hewan hanyalah sebuah mitos belaka. Sama halnya seperti pada manusia jika dicari akan ada hewan yang memiliki banyak pasangan dan kawin banyak kali demi ketahanan hidup mereka. Tapi tetap saja tidak ada salahnya kita mengetahui 10 hewan yang sering dijadikan perlambangan cinta berikut ini. Benar atau salah, persepsi umum dunia tetap merupakan suatu hal yang dipercaya benar oleh banyak orang.

1. Angsa

Angsa adalah hewan yang terkenal akan kesetiaan terhadap pasangan mereka

Banyak dari Anda pasti pernah melihat gambaran angsa seperti di atas bukan? Ya, ini karena angsa sering sekali dijadikan simbol cinta dan kesetiaan. Ini karena kebiasaan mereka untuk menggabungkan kepala mereka bersama membentuk sebuah gambaran berbentuk hati. Mereka juga sangatlah terkenal sebagai hewan setia yang monogamus.

Walaupun hal ini sudah sangatlah umum, dalam beberapa kasus mereka juga diketahui akan "bercerai." Alasannya adalah karena kegagalan bersarang, pasangannya mati, atau menjadi mangsa predator. Jika begitu maka seekor angsa diketahui akan mencari pasangan lain, namun apabila semuanya berjalankan dengan baik mereka akan setia satu sama lainnya seumur hidup mereka.

2. Penguin Kaisar

Penguin kaisar yang setia kepada pasangannya

Walaupun Penguin Kaisar atau lebih dikenal sebagai Emperor Penguin sering dikutip sebagai hewan yang sangat setia kepada pasangan mereka, sebagaima lucupun mereka pada kenyataannya mereka hanya monogami per tahunnya. Maksudnya adalah sepasang penguin hanya akan bertahan dengan pasangan mereka untuk 1 tahun, kemudian di tahun berikutnya saat sedang musim berkembang biak si penguin akan mencari pasangan lainnya.

Uniknya seorang peneliti juga menemukan bahwa ada saja penguin yang berpasangan lagi dengan pasangan yang sama dan itu terbukti bertahan sampai 16 tahun lamanya. Itulah baru namanya cinta yang setia.

3. Rayap

Rayap ternyata adalah serangga yang setia

Melihat hewan-hewan lainnya di daftar ini mungkin tidak membuat Anda terkejut tapi percayakah Anda bahwa serangga seperti rayap juga termasuk di antara mereka? Bahkan pada kenyatannya mungkin saja yang paling setia. Dari sebuah koloni rayap yang begitu banyak dan sangat besar ada kisah cinta tragis mereka sendiri. Seekor ratu serangga hanya akan kawin sekali dengan rayap jantan, menyimpan gamet seumur hidup sebagai ratu, sedangkan si rayap jantan tidak lama kemudian akan mati, tidak pernah kawin lagi.

Namun di koloni rayap tertentu ditemukan bahwa dalam jangka hidup yang lebih panjang, ada struktur kesetiaan seperti hanya akan ada seekor "ratu" dan seekor "raja", yang bersama-sama akan melahirkan keseluruhan koloni.

4. Serigala

Serigala adalah salah satu hewan paling setia di bumi

Dalam dongeng modern, serigala sering sekali digambarkan sebagai hewan yang licik dan digambarkan sebagai hewan yang jahat. Kenyatannya mereka memiliki kehidupan berkeluarga yang mungkin lebih setiap daripada hubungan relasi manusia. Pada umumnya, sekumpulan serigala akan berisikan seekor serigala jantan, seekor serigala betina, anak-anak mereka, dan diulang lagi. Hal ini sangatlah serupa dengan keluarga nuklir (keluarga inti: ayah, ibu, anak) pada manusia.

5. Elang Laut

Elang laut atau Albatross adalah burung yang setia

Elang Laut yang lebih dikenal dunia sebagai albatross adalah burung yang sering sekali dijumpai di lautan. Sebagai hewan yang selalu terbang mengitari laut maka tentu perjalanan mereka bukanlah perjalanan yang pendek, tapi walaupun begitu burung-burung ini akan terus ekmbali ke tempat yang sama untuk menunjukkan bahwa mereka termasuk salah satu hewan paling setia di dunia. Pada saat musim kawin, mereka akan kembali ke tempat berkumpul mreka untuk berpasangan kembali dan hal ini dikatakan akan terus terjadi hingga akhir hidup mereka.

Ada sebuah cerita oleh seorang fotografer Australia yang menuliskan kisah mengenai seekor elang laut kesepian. Fotografer ini memberikan catatan bahwa sepanjang waktu ia memantau elang laut tersebut yang ia dapatkan adalah perasaan kesepian. ternyata pasangan burung itu telah mati, mungkin karena predator atau kelelahan, apapun alasannya pasangannya ini akan terus kembali ke tempat yang sama menunggu kekasihnya yang tidak kunjung muncul.

6. Berang-Berang

Berang berang adalah hewan yang setia terhadap pasangan mereka

Berang-berang sering digambarkan sebagai hewan yang sangat berdedikasi terhadap keluarga mereka dan itu juga membuat mereka digambarkan sebagai binatang yang setia terhadap pasangan mereka. Dikatakan bahwa sepasang berang-berang akan secara aktif membesarkan anak-anak mereka hingga anak-anak mereka berumur 2 tahun. Anak-anak itu kemudian akan pergi untuk mencari keluarga mereka tersendiri, membangun bendungan mereka sendiri, dan mengulang siklus kesetiaan ini lagi.

7. French Angelfish

French Angelfish akan selalu bersama pasangan mereka

Salah satu ikan yang sangat menyukai kebersamaan pasangan mereka adalah ikan French Angelfish. Baik dalam hal tempat tinggal, berkelana, hingga berburu, semuanya dilakukan bersama-sama dengan kekasih pilihan mereka. Hubungan mereka begitu setia hingga sering ditemukan bahwa mereka berpasangan untuk seumur hidup, bahkan dikatakan dalam suatu kasus saat 1 ekor french angelfish meninggal maka pasangannya akan memilih hidup dalam kesendirian.

8. Elang Botak

Elang botak adalah burung yang setia

Saat seekor elang botak atau bald eagle menemukan pasangan mereka, maka mereka akan hidup bersama pasangannya tersbut untuk selamanya. Saat migrasi mereka akan hidup menyendiri namun saat musim kawin datang, mereka akan kembali ke pasangan mereka yang sama. Mungkin inilah rahasia dari hubungan yang bertahan lama, sesekali menjauh namun juga tidak melupakan kebersamaan yang romantis.

Walaupun begitu ada beberapa kasus ditemukan elang botak akan mencari pasangan lainnya. Serupa dengan kasus poligami pada angsa, alasannya adalah karena kematian si pasangan atau juga tidak adanya keturunan. Selain dari hal ini biasanya mereka ditemukan akan hidup dengan pasangan yang sama untuk selamanya.

9.  Burung Nasar Hitam

Ternyata burung nasar hitam adalah hewan yang setia ke pasangan mereka

Burung Nasar hitam atau burung bangkai hitam juga hanya kawin sekali untuk seumur hidup mereka. Bahkan dikatakan hal ini berlaku sampai pada batas terlalu protektif dimana apabila ditemukan pasangan mereka tidak setia maka pasangannya yang lain akan menyerang pasangannya yang tidak setia itu. Mungkin ini karena burung nasar hitam memang adalah burung yang relatif agresif. Mereka tidak menyukai ada burung lain yang memasuki teritori mereka dan untuk melindungi makanan serta keluarga mereka, mereka akan menyerang burung tersebut termasuk jika burung itu adalah burung nasar hitam juga.

10. Siamang

Siamang atau gibbon adalah hewan monogami

Siamang atau gibbons yang merupakan kera hitam berlengan panjang dan merupakan hewan epidemik Sumatera, Thailand, dan Malaysia ini memiliki hubungan berkeluarga yang menyerupai manusia. Perbedaannya adalah mungkin mereka lebih setia daripada kita ini karena pada umumnya dikatakan bahwa mereka adalah salah satu hewan yang juga setia terhadap pasangan mereka. Si jantan dan si betina akan menghabiskan waktu membersihkan satu sama lainnya dan bergantungan di pohon.

Namun riset terakhir juga menemukan bahwa kehidupan keluarga Siamang yang diperkirakan lebih baik dari kehidupan berkeluarga manusia ternyata tidaklah jauh berbeda. Ditemukan juga bahwa si pejantan terkadang akan meninggalkan pasangan mereka dan mencari pasangan lainnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas