home -> Lainnya -> Alasan Mengapa Bekerja Untuk Orang Lain Tidak Akan...
16 Desember 2017 02:57

Alasan Mengapa Bekerja Untuk Orang Lain Tidak Akan Membuat Anda Kaya

Oleh admin dalam Lainnya pada July 26, 2014

Masyarakat kita ini sangatlah berorientasikan bekerja untuk orang lain terlebih dahulu daripada memulai usaha sendiri. Memang ada banyak orang yang mendapatkan penghasilan cukup besar dari bekerja untuk orang lain namun ternyata itu semua tidak akan benar-benar membuat dirinya disebut kaya. Berikut alasan mengapa bekerja untuk orang lain tidak akan membuat Anda menjadi kaya.

Kaya itu Bukan Hanya Berpenghasilan Besar

Gaji gede bukanberarti kaya

Kita sering sekali mendengar bahwa definisi dari setiap orang akan kekayaan itu berbeda-beda, namun umumnya kaya itu pasti berpusatkan kepada uang. Lalu apakah memiliki penghasilan puluhan juta dari bekerja untuk orang lain dapat dibilang kaya? Jawabannya adalah tidak. Jikapun Anda memiliki penghasilan puluhan juta namun Anda tidak tahu cara menyimpan uang tersebut, itu tidak akan membuat Anda dapat dibilang kaya.

Singkatnya kaya itu adalah seberapa besar aset yang dimiliki seseorang. Sebagai contoh seorang pengusaha yang memiliki 1 buah gedung perusahaan dengan seorang karyawan yang memiliki penghasilan 50 juta per bulan, yang manakah yang dapat dibilang lebih kaya dan sukses? 

Kaya itu adalah bagaimana seseorang melakukan investasi

Mungkin saja jika kita lihat baik-baik penghasilan si karyawan yang 50 juta per bulan itu berarti adalah 600 juta per tahun, dan jika dibandingkan mungkin saja setelah dipotong biaya operasional si pengusaha hanya memiliki penghasilan 20 juta per bulan. Lalu bukankah hal itu berarti kaya sama dengan penghasilan besar?

Seperti yang sebelumnya dikatakan jawabannya adalah tidak. Ini karena kita tidak memperhitungkan faktor waktu, si karyawan setiap minggunya harus bekerja 40 jam sedangkan si pengusaha dapat memotong 20 juta itu lagi untuk mencari seorang manajer dan kemudian ia mulai berinvestasi hanya dengan sesekali melihat laporan perusahaan yang disediakan manajer tadi. Penghasilan si karyawan mungkin memang besar namun jika ia berhenti bekerja, uang yang besar itu akhirnya akan menjadi uang mati berbeda halnya dengan si pengusaha.

Kalaupun setelah si karyawan baru mulai membuka usaha maka coba dibandingkan dengan si pengusaha yang telah memulai usaha jauh sebelum si karyawan baru mulai mencoba membuka usaha. Singkatnya kaya itu adalah investasi dan membesarkan aset yang sudah Anda miliki.

Bagaimana Orang Kaya Menjadi Kaya

Bagaimana 400 orang terkaya di dunia mendapatkan kekayaan mereka

Bukti nyata dapat dilihat dari bagaimana orang-orang kaya di dunia mendapatkan kekayaan mereka. Oleh karena itu penulis Jeff Haden mengumpulkan statistik penghasilan dari bagaimana 400 orang terkaya di dunia mendapatkan kekayaan mereka. Hasilnya adalah berikut ini.

  • Upah dan gaji: 8.6%
  • Bunga: 6.6%
  • Dividen: 13%
  • Kemitraan dan Perusahaan: 19.9%
  • Keuntungan Modal (Capital Gain): 45.8%

Beberapa dari Anda yang tidak banyak mengerti bisnis mungkin mempertanyakan apa yang dimaksud dengan dividen dan keuntungan modal. Singkatnya dividen adalah keuntungan dari investasi langsung ke perusahaan, sehingga si investor mendapatkan persenan keuntungan setelah perusahaan menguranginya dengan biaya operasional dan biaya pengembangan.

Di sisi lain, capital gain adalah keuntungan dari investasi biasanya dalam jual beli properti atau saham. Dividen juga mungkin dalam bentuk saham namun ia adalah bentuk pendapatan dari saham, sedangkan jika dalam saham capital gain adalah pendapatan dari jual beli saham seperti di bursa saham contohnya.

Dari statistik di atas kita bisa melihat bahwa orang-orang kaya di dunia tidak ada yang mendapatkan kekayaan mereka dari gaji. Yang kita bicarakan gaji ini adalah orang-orang terkaya dunia lho yang dimana gajinya bisa mencapai ratusan juta. Dari statistik ini disimpulkan bahwa memiliki bisnis baik dalam bentuk investasi atau kemitraan adalah cara mendapatkan penghasilan yang kokoh.

Alasa Lain Mengapa Bekerja Untuk Orang Lain Tidak Akan Membuat Anda Kaya

Kita telah berbicara panjang lebar mengenai mengapa gaji tidak akan membuat Anda kaya, sekarang mari kita lihat secara langsung poin-poin yang menjelaskan mengapa bekerja untuk orang lain tidak akan membuat Anda kaya.

1. Anda Terlalu Fokus Menyimpan Uang

Anda terlalu fokus menyimpang uang Anda

Salah satu alasan paling utama mengapa seseorang bekerja untuk orang lain adalah karena mereka berusaha mengumpulkan uang terlebih dahulu untuk modal bisnis mereka ke depannya. Hal ini sangatlah umum dan tidak salah namun sayangnya terkadang mereka terlalu fokus untuk menyimpan uang itu. Cobalah baca artikel Kalahkan Rasa Takut Berinvestasi ini dan pertimbangkan lagi apakah Anda hanya ingin menyimpan uang saja?

2. Anda Akan Terlalu Nyaman Untuk Mengambil Resiko

Takut untuk keluar dari zona nyaman atau zona aman kerja Anda

Memiliki penghasilan yang stabil dan mungkin lebih dari cukup untuk biaya hidup adalah hal yang sangat nyaman dan memberikan kita rasa aman tersendiri hari ke hari. Tapi ternyata rasa nyaman itu membuat kita takut untuk mengambil resiko dan keluar dari zona aman tersebut. Karena memang keluar dari zona aman Anda adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk mengejar mimpi Anda.

3. Anda Membangun Aset Orang Lain

Sibuk membangun aset orang lain tidak akan membuat Anda bahagia

Tidak bisa dapat dipungkiri bahwa arti dari bekerja untuk orang lain juga berarti kita bekerja untuk membangun aset orang tersebut alias si bos. Jika Anda hanya ingin dapat hidup dari hari ke hari mungkin ini tidak ada salahnya namun jika untuk kaya maka masalah. Bayangkan saja 40 jam setiap minggu untuk membangun aset orang lain ditambah dengan usia Anda terus bertambah.

4. Waktu Sangatlah Berharga

Waktu sangatlah berharga, bayangkan 40 jam kerja Anda digunakan untuk Anda

Seperti yang telah banyak ditekankan dalam artikel ini, waktu itu sangatlah berharga. Jika Anda bekerja untuk orang lain selama 1 minggu Anda harus bekerja 40 jam bahkan lebih kalau si perusahaan memang menginginkannya. Perusahaan tempat Anda bekerja menentukan waktu dan jadwal Anda, merekalah yang menentukan kapan Anda boleh pulang, harus lembur, dan juga kapan waktu liburan Anda.

--

Walaupun bekerja untuk orang lain bukanlah suatu kesalahan dan memang tanpa adanya orang yang bekerja untuk orang lain maka tidak akan ada perusahaan, karyawan, dan kesuksesan. Namun jangan jadikan hal itu sebagai sesuatu yang sangat nyaman, ingatlah berinvestasi

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas