home -> Lainnya -> 10 Parasit Paling Mengerikan di Dunia
27 April 2018 00:23

10 Parasit Paling Mengerikan di Dunia

Oleh admin dalam Lainnya pada July 21, 2014

Salah satu hal paling mengerikan di dunia ini adalah parasit, namun ternyata tidak hanya sekedar cacing saja yang dapat menjadi parasit menyeramkan dalam tubuh Anda. Masih ada banyak jenis parasit yang tidak kalah mengerikannya namun 10 parasit mengerikan berikut ini mungkinlah yang paling mengerikan di antara yang parasit-parasit mengerikan lainnya.

10. Cymothoa Exigua - Pemakan Lidah (Ikan)

Cymothoa Exigua si serangga pemakan lidah ikan

Parasit ini memang bukanlah parasit yang dapat membahayakan manusia namun patut masuk dalam daftar ini karena kelakuan mengerikan terhadap inang mereka yaitu ikan. Dimulai dengan berenang memasuki insang ikan, parasit ini kemudian menempelkan diri mereka di lidah si ikan dan mengisap habis semua darah di lidah tersebut.

Yang mengerikannya adalah parasit C. Exigua ini tidak berhenti di sana saja. Lidah yang sudah kehabisan darah itu akan terlepas, dan kemudian parasit ini akan menggantikan lidah tersebut dengan menempelkan diri mereka ke sisa otot dan saraf lidah si ikan. Akhirnya, ikan tersebut akan memiliki parasit sebagai lidah mereka. Dalam 1 ikan bisa ditemui beberapa parasit Cymothoa Exigua yang menempel dengan sangat erat ke inang mereka. Untungnya, parasit ini tidak berbahaya bagi manusia.

9. Loa Loa - Cacing Menggeliat-geliut di Mata Anda (Lalat Kuning)

Loa Loa cacing yang menggeliat geliut di mata Anda

Di pagi hari ketika Anda sedang menyiapkan diri Anda di depan cermin, Anda merasa ada sesuatu yang aneh di mata Anda. Anda melihat mata Anda lebih dekat lagi di cermin, dan betapa terkejutnya Anda melihat hal yang mengerikan. Ada cacing yang menggeliat-geliut di mata Anda! Jika begini keadaannya maka itu berarti Anda telah menjadi inang bagi parasit Loa Loa.

Sekarang barulah kita mulai daftar kita ini dengan parasit yang benar-benar mengerikan bagi manusia. Terkadang disebut juga sebagai cacing mata, parasit ini berasal dari gigitan lalat kuning. Cacing yang dapat bertahan hidup hingga 17 tahun ini dapat bergerak sepanjang jaringan tubuh Anda, menyebabkan pembengkakkan dan iritasi namun yang paling mengerikan adalah ia dapat bergerak ke jaringan mata Anda. Terlebih lagi, Anda sendiri dapat merasakan cacing tersebut bergerak di sekitar mata Anda. Untungnya adalah cacing ini relatif mudah untuk diatasi baik dengan obat-obatan atau operasi kecil.

8. Plasmodium - Malaria (Nyamuk Anopheles)

Malaria karena nyamuk anopheles

Plasmodium atau lebih dikenal atas penyakit yang mereka sebabkan yakni Malaria. Jika dilihat hanya dari kelakuan dan penyakitnya saja, mungkin Plasmodium bukanlah parasit yang dapat dikatakan mengerikan. Tapi jika Anda melihat statistik penyakit Malaria di dunia maka parasit yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles ini tidaklah dapat dieremahkan. 

Coba Anda tebak berapa banyak orang di dunia yang menderita penyakit malaria setiap tahunnya? 1 juta? 2 juta? Berdasarkan statistik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 207 juta kasus penyakit malaria dengan perkiraan kematian adalah 627 ribu orang yang meninggal setiap tahunnya. Dari statistik inilah maka dapat dikatakan bahwa malaria atau tepatnya parasit Plasmodium adalah parasit yang cukup mengerikan bagi manusia.

Malaria sendiri adalah penyakit yang gejalanya dapat terlihat dalam bentuk demam dan pusing namun dalam situasi terburuk dapat mengarah ke koma dan kematian.

7. Leishmania - Infeksi Kulit Menyeramkan Dan Juga Menyakitkan (Lalat Pasir)

Leishmania yang disebabkan oleh lalat pasiar

Leishmania adalah parasit yang ditransmisikan oleh gigitan seekor lalat bernama lalat pasir atau tepatnya Phlebotominae. Jika Anda sudah menjadi inang dari Leishmania maka ada kemungkinan Anda menderita infeksi mengerikan Cutaneous Leishmaniasis. Alasan mengapa infeksi ini sangat mengerikan adalah selain dari infeksi menyakitkan dengan penampakan kulit menyeramkan, infeksi ini dapat menyebar dalam jumlah yang sangat banyak. Kasus terburuk dapat mengarah ke kematian dengan jumlah infeksi lebih dari 200 luka.

Tidak hanya itu saja, bentuk fatal dari Cutaneous Leishmaniasis yang dikenal dengan nama Mucocutaneous Leishmaniasis sangatlah sulit disembuhkan. Kalaupun Anda sudah terlihat sembuh, ada kemungkinan besar infeksi akan terus terjadi kembali.

6. Ascaris Lumbricoides - Cacing Besar Dalam Tubuh Anda (Lingkungan Kotor)

Cacing betina dan cacing jantan Ascaris Lumbricoides

Jika istilah Ascaris Lumbricoides itu terlalu ilmiah maka mungkin Anda lebih familir dengan nama cacing gelang, namun yang berbeda adalah A. Lumbricoides merupakan parasit besar yang dapat tumbuh dalam tubuh Anda hingga sepanjang 35 cm. Sebagai gambaran 30 cm itu kurang lebih sekitar 1 telapak kaki pria dewasa. Jika hal ini masih cukup sulit untuk dibayankan maka sebut saja A. Lumbricoides sebagai salah satu cacing parasit terbesar yang dapat ditemukan di manusia.

Diperkirakan sekitar 1 dari 6 populasi manusia sudah terinfeksi parasit ini, hal ini adalah karena biasanya tidak ada gejala yang diperlihatkan parasit ini hingga kasus terburuk dimana pada akhirnya penyumbatan usus akan terjadi. Parasit ini memasuki tubuh manusia saat mereka termakan dalam kondisi lingkungan yang tidak bersih seperti kebanyakan cacing-cacing parasit mengerikan lainnya.

5. Botfly - Larva Lalat Hidup Dalam Tubuh Anda dan Dapat Didengar (Nyamuk)

Botfly adalah parasit yang akan menanamkan larva mereka di kulit manusia

Spesies lalat satu ini mempunyai pilihan sarang yang berbeda yaitu kulit manusia. Lalat betina dari bot fly akan menangkap seekor nyamuk, menanamkan telurnya di nyamuk tersebut dan membiarkannya pergi. Saat si nyamuk menghisap darah si inang, telur tersebut akan jatuh ke tempat gigitan nyamuk dan larva botfly ini akan merayap masuk ke luka gigitan itu. Larva itu kemudian akan mulai memakan otot-otot di sekitar kulit, membuat sebuah lubang yang mungkin tidak terlihat untuk pernapasan mereka.

Yang mengerikannya adalah orang-orang yang terinfeksi parasit ini melaporkan bahwa mereka dapat merasakan si larva bahkan mendengar si larva merayap. Sesudah parasit ini siap memasuki fase pupa mereka maka larva parasit mengerikan tersebut akan merayap keluar dari bekas gigitan nyamuk dan jatuh ke tanah memasuki tahap pupa. Sebuah operasi diperlukan untuk menghilangkan lalat dalam kulit ini.

4. Onchocerca Volvulus - Kebutaan Permanen (Lalat Hitam)

Onchocerca Volvulus adalah parasit karena lalat hitam

Kebutaan permanen yang disebabkan oleh parasit O. Volvulus sangatlah sering terjadi di Afrika. Disebabkan oleh lalat hitam, parasit ini akan menyebabkan gatal-gatal, pembengkakkan, serta peradangan. Pada kasus terburuk dapat menyebabkan kebutaan permanen yang juga dikenal dengan nama river blindness. Perlu diketahui bahwa river blindness adalah penyebab kebutaan paling umum nomor 2 di dunia karena infeksi.

Jadi jika Anda memutuskan untuk pergi bersafari apalagi di Afrika maka berhati-hatilah akan lalat hitam. Sebagai tambahan bagi Anda yang mengenakan kacamata dan lensa kontak, bersihkan dan jaga kacamata atau lensa kontak dalam lingkungan bersih karena river blindness juga sering terjadi karena lingkungan kotor khususnya air yang kotor.

3. Vandellia Cirrhosa -  Lele Berenang Masuk Ke Penis Atau Vagina (Ikan Candiru)

Ikan candiru atauy vandellia chirrhosa adalah parasit mengerikan dari amazon yang akan masuk ke genitalia

Vandellia Cirrhosa terkadang disebut juga sebagai ikan candiru atau ikan vampir adalah ikan lele kecil yang menghisap darah dari dalam tubuh Anda. Ikan ini adalah salah satu ikan paling ditakuti di Amazon bahkan melebihi piranha. Yang mengerikan bukanlah karena mereka menghisap darah Anda dari dalam namun adalah bagaimana dan dimana mereka masuk ke dalam tubuh Anda.

Biasanya, ikan ini akan memasuki insang ikan yang lebih besar dan menanamkan diri mereka di inang dengan duri tajam, kemudian mereka akan menghisap darah inang mereka. Namun yang menyeramkan adalah jika inang mereka itu manusia. Berdasarkan atas kasus-kasus yang telah ada, dikatakan candiru tertarik dengan ammonia di urine manusia dan mereka dapat berenang menaiki aliran urine. Untuk pria parasit ini akan memasuki penis si pria, sedangkan untuk wanita parasit ini akan menanamkan diri mereka di saluran vagina si wanita. Di sana ikan candiru akan menghisap darah Anda hingga Anda merasakan rasa sakit di alat kelamin Anda dan melakukan operasi untuk mencabut ikan ini.

Uniknya adalah walaupun ada berbagai kasus akan hal ini namun belum ada bukti ilmiah nyata bahwa ikan candiru tertarik dengan urine manusia dan kejadian seperti ini juga dikatakan jarang terjadi. Apapun argumennya, ikan ini tetaplah parasit yang cukup mengerikan. Satu lagi alasan mengapa Anda harus menghindari sungai Amazon.

2. Cacing Filarial - Kaki Gajah (Nyamuk)

kaki gajah karena cacing filaria

Jika di atas kita sudah melihat parasit mengerikan Ascaris Lumbricoides yang merupakan jenis cacing gelang maka Cacing Filarial juga adalah jenis cacing gelang namun dapat menyebabkan infeksi yang lebih menyeramkan yaitu Filariasis atau Lymphatic Filariasis. Betapa mengerikannya? Sangat mudah, beberapa dari Anda bayangkan saja kaki gajah menjadi kaki Anda. Ini karena penyakit filariasis ini memang terkadnag dikenal juga dengan nama kaki gajah yang dapat mengarah ke kelumpuhan.

Ditranmisikan melalui gigitan nyamuk dan lalat, cacing ini akan memasuki tubuh Anda dan bertumbuh dewasa untuk mengerjakan tugas mengerikan mereka. Mereka akan bergerak ke sistem limfatik Anda dan menyebabkan penyumbatan serta peradangan di sistem tersebut. Tidak hanya satu namun beramai-ramai. Sebagai informasi, sistem limfatik membantu menjaga sirkulasi darah dan cairan di dalamnya, menghasilkan antibodi, dan banyak pekerjaan penting lainnya. Jadi jika sistem ini disumbat maka penyumbatan akan menghasilkan pembengkakkan besar menyerupai balon atau kaki gajah dimana daerah kaki dan alat kelamin ke bawah Anda akan menjadi sangat besar bengkaknya.

1. Naegleria Fowleri - Memakan Otak Anda (Amoeba Air Tawar)

Parasit Naegleria Fowleria dapat ditransmigrasikan melalui air tawar

Terkadang dikenal juga dengan nama "amoeba pemakan otak" adalah amoeba yang dapat ditemukan di air tawar hangat khususnya di bagian Barat Daya Amerika. Tidak ada salahnya mereka ada di air tawar hangat namun masalah jika mereka mencari rumah kedua di otak manusia. Infeksi yang disebabkan oleh amoeba Naegleria ini akan menyebabkan penyakit langka yang dikenal dengan nama Amebic Meningoencephalitis (PAM), ya terdengar sangat ilmiah bukan? Namun singkatnya peradangan otak.

Peradangan itu akan menyebabkan jaringan otak hancur secara perlahan-lahan yang mengarah ke gejala pusing, demam, muntah-muntah, atau leher pegal. Yang mengerikan adalah dalam jangka waktu yang lebih lama, Amoeba ini akan menyebabkan hancurnya jaringan otak yang lebih parah seperti kehilangan keseimbangan, pingsan, dan halusinasi. Kondisi ini akan terus menjadi lebih parah dan menyebabkan kematian dalam waktu 3 hingga 7 hari. Jika itu belum mengerikan maka ketahuilah bahwa kemungkinan kematian yang disebabkan parasit ini adalah 95%.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas