home -> Kepribadian -> 10 Alasan Untuk Banyak Tersenyum
17 Desember 2017 07:28

10 Alasan Untuk Banyak Tersenyum

Oleh admin dalam Kepribadian pada July 18, 2014

Ternyata ekspresi sederhana seperti tersenyum dapat berpengaruh banyak ke kehidupan Anda dan orang-orang sekitar Anda. Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus mulai tersenyum lebih banyak dimulai dari sekarang. Berikut 10 alasan positif baik terkait kesehatan ataupun alasan lainnya mengapa Anda harus lebih banyak menunjukkan senyum di wajah Anda.

1. Tersenyum Membuat Anda Lebih Atraktif

Senyum dapat membuat diri Anda terlihat lebih atraktif

Pernahkah Anda memikirkan kenapa kita selalu diminta untuk tersenyum saat berfoto? Karena itulah saat terbaik baik untuk wanita maupun pria. Berbagai riset telah membuktikan bahwa seseorang yang tersenyum akan terlihat lebih atraktif khususnya bagi lawan jenis mereka, bahkan sampai pada batas lebih cantik daripada makeup untuk wanita. Sebagai tambahan, mereka yang tersenyum lebih banyak memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diingat dibandingkan mereka dengan ekpresi negatif atau natural.

2. Senyum Itu Menular

Senyum itu bersifat menular

Tahukah Anda bahwa senyum itu dapat menular? Hal ini bukan sekedar asumsi belaka, sebuah studi nyata telah dilakukan dan terbukti bahwa dengan melihat teman Anda tersenyum maka otomatis otot-otot di wajah Anda akan mencoba membentuk ekspresi yang sama. Sangatlah sulit untuk menunjukkan wajah yang masam saat lawan bicara Anda sedang tersenyum, apalagi jika itu adalah senyum polos anak kecil. Ingatlah bahwa dunia ini seperti kaca, apa yang Anda ekspresikan akan diekspresikan juga oleh lawan bicara Anda.

3. Membuat Diri Anda Lebih Bahagia

Tersenyum akan dapat membuat diri Anda lebih bahagia

Walaupun perasaan Anda tidak sedang baik, hanya dengan tersenyum ternyata dapat bermanfaat membuat Anda lebih bahagia. Ini dikarenakan aksi sederhana dari tersenyum mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa Anda sedang senang dan sebagai responnya, tubuh Anda akan menghasilkan apa yang namanya endorphin. Endorphin sendiri adalah hormon yang dihasilkan saat kita merasa bahagia. Hormon ini dapat melawan stress dan juga rasa sakit. jadi cobalah untuk tersenyum saat Anda sedang sedih, hal itu mungkin dapat membuat Anda dan tubuh Anda merasa lebih baik.

4. Tersenyum Dapat Membantu Anda Mendapatkan Pekerjaan

Tersenyum mungkin memberikan Anda kesempatan dapat pekerjaan

Dalam sebuah wawancara kerja, hal yang paling kita utamakan tentu adalah mengenakan pakaian yang formal dan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik. Jika Anda berpikir hanya itu yang dapat Anda lakukan, maka Anda Salah. Sebuah studi yang dipublikasikan di tahun 2009 menunjukkan foto 123 orang yang dibagi menjadi 2 ekspresi yang berbeda, yang pertama adalah ekspresi natural, dan yang kedua adalah ekspresi senyum di wajah mereka.

Hasilnya adalah mereka yang memiliki senyum di wajah mereka dinilai lebih percaya diri, giat, dan juga teliti. Nilai-nilai seperti ini jugalah yang dicari oleh berbagai perusahaan dalam mencari karyawan. Jadi lain kali dalam interview cobalah untuk tersenyum dan orang-orang yang mewawancarai Anda akan bereaksi dalam cara yang berbeda.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Senyum dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Tersenyum membantu daya tahan tubuh Anda untuk dapat bekerja dengan lebih baik. Dari perkataan ini saja, alasan mengapa kita harus tersenyum sepertinya sudah cukup jelas karena pada akhirnya menghasilkan tubuh yang lebih sehat. Berbagai studi medis menunjukkan bahwa tersenyum akan membuat tubuh Anda lebih relaks, pernapasan yang lebih santai dan juga daya tahan tubuh yang lebih baik seperti mencegah flu dan sejenisnya.

6. Tersenyum Dapat Membuat Anda Panjang Umur

Senyum akan membuat Anda lebih panjang umur

Dari semua alasan-alasan yang ada di sini dapat dilihat bahwa dengan tersenyum banyak sekali manfaat positif yang dapat diambil tubuh kita. Dalam jangka panjang, manfaat-manfaat positif itu tentu pada akhirnya berdampak baik bagi tubuh Anda dan dapat membuat umur Anda lebih panjang. Peneliti di Universitas Kolombia menemukan bahwa mereka yang lebih bahagia memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk masalah jantung.

7. Dan Juga Terlihat Lebih Muda

Senyum membuat Anda terlihat lebih muda

Terlebih lagi, senyum akan membuat otot-otot di wajah Anda terangkat sehingga Anda akan terlihat lebih muda.  Sebuah aksi sederhana dari tersenyum dapat memperkuat otot-otot wajah Anda dan memberikan wajah yang lebih cerah. Fakta ini dibuktikan dalam studi Orbit Complete dimana 69% orang setuju bahwa wanita akan terlihat lebih cantik saat tersenyum dibandingkan saat mereka menggunakan makeup. Untuk apa melakukan operasi pengangkatan wajah (face lift), jika hanya dengan tersenyum ternyata Anda juga dapat mendapatkan manfaat yang tidak kalah cantiknya.

8. Tersenyum Dapat Mengarah Ke Tertawa

Tersenyum dapat membuat Anda tertawa

Pernahkan Anda tertawa tanpa tersenyum? Hal itu sangatlah tidak mungkin dilakukan. Sebagaimana dikatakan bahwa senyum itu menular, terkadang jika kita tersenyum kepada teman kita hal itu dapat mengarah ke tertawa terbahak-bahak.

Jika tersenyum saja sudah dapat memberikan banyak manfaat positif, ada banyak juga alasan mengapa Anda harus tertawa seperti bagaimana tertawa dapat bertindak sebagai pembakar kalori, memperkuat otot perut Anda, membantu aliran darah, mengurangi stres, dan membantu tidur yang berkualitas. Singkatnya, untuk tersenyum itu baik, dan untuk tertawa lebih baik lagi, jadi tersenyum dan tertawalah yang banyak.

9. Menjaga Hubungan Anda

Dengan adanya senyum hubungan Anda dengan kekasih lebih terjaga

Sebuah studi oleh Keltener dan Harker menemukan bahwa wanita yang tersenyum di buku tahunan (yearbook) mereka ternyata memiliki kepuasan pernikahan yang lebih bahagia di umur 52. Studi lainnya pada tahun 2009 menemukan hubungan antara senyum di foto dengan tingkat perceraian yakni semakin lebar senyum seseorang, maka semakin kecil tingkat perceraian yang terjadi. Hal ini juga berlaku sebaliknya, mereka yang jarang tersenyum teryata 5 kali lebih mungkin untuk bercerai dibandingkan mereka yang sering tersenyum. Orang-orang yang tersenyum akan lebih optimis, bahagia, dan juga memiliki relasi atau hubungan yang lebih sehat dan baik.

10. Untuk Tersenyum Itu Sangatlah Mudah

Tersenyum adalah salah satu hal paling mudah yang dapat Anda lakukan

Alasan paling sederhana dari mengapa Anda harus tersenyum adalah karena untuk tersenyum sendiri sangatlah mudah. Walaupun hal ini mungkin bukan alasan dengan basis yang kuat namun tidak dapat dipungkiri bahwa jika dibandingkan dengan tertawa, tersenyum adalah hal yang sangat mudah dan sama sekali tidak membutuhkan upaya lebih. Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk tersenyum, tersenyumlah dimulai dari sekarang dan dapatkan semua manfaat positif dari tersenyum.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh admin dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh raza dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh admin dalam Kepribadian
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh raza dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh admin dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas