home -> Lainnya -> Kalahkan Rasa Takut Untuk Berinvestasi
25 Juni 2019 01:20

Kalahkan Rasa Takut Untuk Berinvestasi

Oleh admin dalam Lainnya pada July 17, 2014

Bekerja adalah hal yang sangat penting namun sama halnya dengan melakukan investasi, ada banyak alasan mengapa Anda harus melakukan investasi. Sayangnya banyak sekali orang yang takut untuk berinvestasi dengan berbagai alasan. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus melakukan investasi dan kalahkan rasa takut Anda untuk berinvestasi.

Apa Itu Investasi Dan Mengapa Itu Penting

Apa yang dimaksud dengan investasi dan mengapa investasi itu penting seiring berjalannya waktu

Yang dimaksud dengan investasi sendiri bukan sekedar menanamkan uang dalam saham, maknanya sangatlah luas. Investasi adalah tindakan dimana seseorang menggunakan uangnya untuk membeli sebuah produk finansial dengan ekspetasi bahwa nilai produk tersebut akan meningkat seiring berjalannya waktu. Lalu Mengapa Anda harus mulai berinvestasi?

Di kehidupan ini hanya ada 2 cara untuk mendapatkan uang, yang pertama dan pasti dilewati setiap orang adalah bekerja baik dengan mebuka usaha ataupun bekerja dengan orang lain. Lalu cara kedua adalah investasi. Dalam investasi inilah barulah Anda bebas mengejar mimpi Anda dan mendapatkan kematangan finansial. Alasan lainnya adalah karena daripada membiarkan uang Anda diam begitu saja di bank lebih baik melipatgandakannya bukan?

Rasa Takut Berinvestasi

Rasa takut berinvestasi karena takut kehilangan uang

Jika arti dari investasi sangatlah sederhana lalu kenapa banyak orang tidak melakukan hal ini? Alasannya adalah karena rasa takut berinvestasi dan mereka tidak tahu cara mengalahkan rasa takut itu. Beberapa alasan yang paling sering ditemui dari rasa takut ini adalah takut akan gagal baik secara emotional maupun secara finansial, takut akan ditipu, dan takut ketahuan tidak pernah berinvestasi.

Jika diteliti lebih lanjut, sebenarnya semua rasa takut ini hanyalah alasan semata yang tidak signifikan. Kegagalan memang adalah ketakutan terbesar manusia, namun di setiap tindakan kita baik keputusan paling ringan maupun keputusan yang berat semuanya memiliki kemungkinan akan gagal. Lalu apa alasan mengapa Anda tidak takut mengambil sebuah keputusan, apa bedanya halnya dengan investasi?

Alasannya adalah karena Anda telah mengerti akan keputusan yang akan Anda ambil jadi rasa takut itu telah menjadi kebiasaan. Contoh sederhana adalah dalam menyetir ke tempat bekerja, pada awal Anda belajar menyetir banyak sekali perasaan takut yang muncul namun setelah perlahan-lahan hal itu terus dilakukan maka perasaan takut itu mulai menghilang. Pada kenyataannya ketakutan itu tidaklah menghilang, Anda sadar bahwa menyetir masih memiliki resiko tersendiri seperti tabrakan dan sejenisnya namun karena Anda telah mengerti cara menyetir rasa takut akan resiko tersebut Anda abaikan. Singkat cerita perbedaan paling utama adalah pengetahuan.

Kalahkan Rasa Takut Berinvestasi

Lalu bagaimana sebenarnya cara mengalahkan rasa takut akan kegagalan dan kehilangan uang ini? Berikut caranya.

1. Pilih Investasi Anda

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, lingkup investasi itu sangatlah luas tidak hanya investasi saham semata. Beberapa jenis investasi paling umum adalah saham, deposito, properti, komoditas seperti emas, logam langka, berlian, dan sejenisnya, bisnis pribadi dan juga yang paling sering ditawarkan adalah reksa dana.

Saham

Mari kita bahas satu-satu: yang paling pertama adalah saham, untuk melakukan investasi dalam saham Anda haruslah benar-benar memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup. Untungnya hal itu dapat dipelajari dengan mudah seiring perkembangan teknologi karena ada banyak aplikasi yang menawarkan simulasi jual beli saham secara gratis.

Deposito dan Komoditas

Sedangkan deposito dan komoditas adalah alternatif yang dapat dibilang relatif aman dan sangat mudah. Anda hanya perlu mempertahankan kedua hal ini hingga saat dimana mereka telah matang dan dapat dijual kembali. Pembelajarannya juga sangatlah mudah, hanya membutuhkan ketelitian dalam membeli.

Properti

Investasi properti adalah hal yang sebenarnya relatif sulit dan sama halnya seperti saham, Anda harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup karena investasi ini adalah investasi yang bisa berjalan relatif lama atau relatif cepat. Anda harus dapat meneliti apakah sebuah properti dapat berkembang dengan baik dan pesat, jika tidak maka uang yang Anda investasikan akan menjadi uang mati yang baru dapat dibalikkan setelah berjalan dalam waktu yang sangat lama.

Namun Anda tidak perlu takut jika Anda ingin mendalami hal ini maka carilah berbagai sumber yang dapat mengajarkan hal ini, banyak seminar yang mengajarkan hal ini. Alasan mengapa properti adalah investasi yang popular adalah karena selain nilainya yang dapat meningkat terus, pengelolaan seperti penyewaan juga dapat dilakukan, dan jika dilaukan dengan baik nilai balik investasi relatif cepat.

Bisnis Pribadi

Jika Anda adalah orang yang lebih suka menangani segala sesuatunya sendiri maka investasi dalam hal bisnis pribadi mungkin adalah investasi yang cocok untuk Anda. Pilih bidang bisnis yang ingin Anda dalami atau memang sudah Anda pahami, kemudian Anda bisa menerjuninya sendiri atau juga melakukan investasi ke kenalan Anda yang menjalani bisnis serupa.

Reksa Dana

Beberapa dari Anda pasti pernah mendengar istilah ini, lalu apa yang dimaksud dengan reksa dana? Yang dimaksudkan dengan reksa dana adalah Anda sebagai investor mempercayakan uang Anda ke manajemen ahli dan terpercaya, manajemen inilah yang kemudian akan mengambil keputusan untuk mau diapakan uang Anda seperti ialah yang akhirnya akan mengambil opsi-opsi di atas.

Biasanya reksa dana ini akan ditawarkan pihak asuransi atau juga paling umum adalah bank. Jika Anda tidak ingin pusing, biasanya ini menjadi alternatif terbaik yang perlu dipastikan hanyalah investasi ke manajemen yang terpercaya.

2. Pelajari Dasarnya dan Kerjakan 'PR' Anda

Kerjakan PR Anda sebelum berinvetasi yakni belajar dan belajar

Setelah Anda mengetahui bidang investasi yang ingin Anda dalami maka itulah saatnya Anda harus mengerjakan 'PR (Pekerjaan Rumah)' Anda. Anda tidak bisa mengharapkan investasi Anda berhasil hanya dengan menanamkan uang dan mengangkat kaki Anda begitu saja. Hal paling pertama yang dapat Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup dalam investasi tersebut, hal ini untuk mengetahui apakah investasi Anda benar-benar adalah investasi yang baik dan tentunya mengalahkan semua rasa takut Anda.

Dengan terbukanya zaman Internet sekarang ini, pengetahuan sangatlah mudah didapatkan yang terpenting adalah apakah kita mau belajar atau tidak. Alternatif lain adalah langsung bertemu dengan orang yang lebih mengerti dan bertanya secara langsung, namun tidak perlu langsung berinvestasi, pikirkan kembali, dengarkan dari sumber-sumber lain, dan barulah ambil keputusan.

Sebagai tahap awal, lakukan investasi bertahap dimulai dari investasi yang relatif kecil. Hal ini adalah agar Anda mendapatkan pengalaman yang cukup dalam bidang tersebut. Anda tidak perlu takut karena yang namanya investasi walaupun gagal akan memiliki nilai balik tersendiri namun hanya dengan jumlah yang lebih sedikit (rugi) dari jumlah yang Anda investasikan. Jadi investasi kecil adalah langkah yang sangat baik. Setelah itu lakukan tinjauan rutin apakah investasi Anda berhasil atau tidak dan ambilah keputusan selanjutnya.

Tidak Punya Modal

Salah satu alasan terbesar mengapa seseorang takut melakukan investasi adalah tidak berkecukupan

Salah satu alasan lain mengapa seseorang takut melakukan investasi adalah mereka beralasan bahwa mereka bukan orang yang berkecukupan. Jika ini adalah alasan Anda maka sebenarnya saat Anda tidak punya modal, itulah saat terbaik untuk belajar berinvestasi. Percayalah bahwa pada saatnya Anda berkecukupan nanti, Anda tidak ingin menjadi seorang amatir dalam hal investasi, itu sudah sangat terlambat.

Daripada membiarkan uang Anda menjadi uang mati di bank dengan bunga yang sangat kecil ditambah potongan biaya administrasi, lebih baik mencoba mengembangkannya. Sadarkah Anda bahwa seiring berjalannya waktu nilai dari uang Anda akan semakin mengecil dan semua barang-barang di sekitar Anda akan semakin mahal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas