home -> Lainnya -> Inilah Cara Cepat Dan Mudah Belajar Bahasa Cina
22 Februari 2019 05:19

Inilah Cara Cepat Dan Mudah Belajar Bahasa Cina

Oleh admin dalam Lainnya pada July 13, 2014

Bahasa CIna sering sekali disebut-sebut sebagai bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia, baik secara literatur maupun dalam penulisan katanya. Menyadari hal ini, Shaolan Hsueh mencetuskan ide Chineasy yang membuat pembelajaran bahasa Cina menjadi sangat mudah dan cepat dimengerti oleh siapapun.

Sekilas Mengenai Bahasa Cina

Sekilas mengenai bahasa cina

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, banyak sekali orang-orang yang setuju mengatakan bahwa Cina adalah bahasa paling sulit di dunia. Hal ini disebabkan karena penekanan nada dalam bahasa Cina sangatlah penting, suatu kata dapat memiliki arti yang berbeda jika penekanan nadanya salah.

Alasan lainnya adalah karena dalam penulisannya, Bahasa Cina bukan seperti penulisan biasa yang dikenal dunia yakni sistem penulisan fonetis. Yang dimaksud dengan sistem penulisan fonetis ini adalah sistem yang pembacaannya sesuai dengan bagaimana penulisannya alias seperti bagaimana artikel ini ditulis. Bahasa Cina menggunakan sistem bahasa yang berbeda, yaitu sistem bahasa piktografik dimana arti penulisan mereka direpresentasikan oleh simbol-simbol sama halnya dengan sistem penulisan di Mesir Kuno yaitu Hieroglyph. Terlebih lagi bagaimana seseorang menulis karakter tersebut menentukan fasih tidaknya orang itu dalam berbahasa Cina.

Chineasy: Belajar Bahasa Cina Dalam 10 Menit

Video yang sekitar 10 menit di atas ini akan menjelaskan secara singkat bagaimana Chineasy dapat membantu Anda dalam mempelajarai bahasa Cina dengan sangat mudah. Seperti contohnya bagaimana sebuah karakter Cina akan kata 'Pohon' dapat digabung-gabungkan menjadi satu hingga membentuk kata 'Hutan'.

Ide di Balik Chineasy

Ide di balik Chineasy oleh Shaolan Hsueh

Chineasy adalah ide oleh Shaolan Hsueh yang berawal saat dirinya berusaha mengajarkan anak-anaknya untuk belajar bahasa Cina dengan cepat. Ia kemudian mempelajari ribuan struktur penulisan Cina dan menghasilkan sebuah desain unik, sederhana, yang juga mudah diingat dalam pembelajaran seseorang.

Shaolan Hsueh sendiri adalah seorang visionaris, investor, dan entrepreneur yang lahir di Taipei, Cina. Ia memulai project ini di tahun 2013 dari sebuah project kickstarter yang mendapatkan sambutan luar biasa jauh melebihi harapannya, yakni dari yang tadinya bertargetkan dibiayai 75.000 Poundsterling bisa menjadi 197.000 Poundsterling atau hampir setara dengan sekitar 4 Miliar Rupiah. Sekarang ini, Chineasy telah banyak dinomasikan dalam berbagai kesempatan seperti contohnya salah satu project dengan desain terbaik di tahun 2014 bersamaan dengan Phonebloks.

Gampangnya Belajar Bahasa Cina Dengan Chineasy

Seperti yang dapat kita lihat pada video Chineasy di atas, apabila kita mengerti bagaimana Bahasa Cina bekerja dan mengetahui dasar-dasar bahasa sehari-hari Cina maka kemungkinan besar kita akan dapat dengan mudah dan cepat belajar bahasa Cina. Langsung saja kita simak contoh-contohnya berikut ini.

Orang (Rén)

Orang atau ren dalam bahasa cina di chineasy

Inilah contoh sederhana dari karakter Cina akan kata 'orang'. Karakter ini seakan-akan menunjukkan orang yang sedang berjalan.

Ramai (Zhòng)

Kata zhong yang berarti ramai di chineasy

Sama seperti bahasa-bahasa lainnya, setiap karakter dalam bahasa Cina memiliki banyak arti. Seperti contoh kata 'ramai' di sini dapat saja berarti 'banyak, kumpulan, dan sejenisnya," namun yang paling sering ditemui adalah untuk kata 'ramai.' Bentuknya juga sangat sederhana yakni hanya seperti menggabungkan 5 karakter kata 'orang'.

Besar (Dà)

Kata da yang berarti besar di chineasy bahasa cina

Kata 'besar' adalah kombinasi dari kata 'orang' yang digabungkan dengan kata 'satu'. Cara paling mudah untuk meningatnya adalah seakan-akan menggambarkan orang yang sedang melebarkan tangannya dan berkata: "sebesar ini."

Sebagai tambahan perlu diketahui bahwa karakter penulisan yang digunakan di Chineasy adalah karakter penulisan yang sudah disederhanakan atau bukan bentuk karakter tradisional Cina. Alasannya adalah bentuk sederhana karakter Cina adalah bentuk yang sudah lebih sering digunakan dibandingkan bentuk tradisionalnya. Masih banyak contoh lainnya yang dapat dilihat di situs chineasy.org.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas