home -> Misteri -> 10 Hal Yang Tidak Dapat Dibuktikan Namun Tetap Dip...
27 April 2018 00:21

10 Hal Yang Tidak Dapat Dibuktikan Namun Tetap Dipercaya Banyak Orang

Oleh admin dalam Misteri pada July 10, 2014

Dimulai dari yang nyata hingga tidak dapat dibuktikan secara faktual manusia selalu percaya akan banyak hal. Anehnya adalah walaupun ada hal yang sama sekali tidak mempunyai fakta solid, banyak orang yang percaya akan hal itu sampai pada batas popular dan fenomenal. Berikut 10 hal yang tidak terbukti namun tetap dipercaya oleh banyak orang di dunia.

10. Intuisi

Intuisi adalah hal yang dipercaya walaupun tidak terbukti

Perasaan atau intuisi dalam diri manusia merupakan penuntun bisu dalam mengambil keputusan. Berdasarkan intuisi inilah kita dapat mengetahui apakah suatu hal itu baik atau buruk, berbahaya atau aman, dan juga benar atau salah. Tanpa adanya penjelasan logis di balik intuisi tersebut, kita mengambil keputusan dengan percaya diri mengetahui bahwa kita percaya akan sesuatu yang tidak dapat dijelaskan melalui bukti nyata

9. Alien

Banyak manusia percaya alien padahal tidak terbukti

Penampakan UFO, E.T, mahluk terestial, atau singkatnya alien merupakan salah satu hal yang paling cepat menjadi fenomena dunia. Telah ada banyak sekali bukti-bukti akan keberadaan mereka namun sayangnya ternyata semua itu tidak dapat diverifikasikan faktanya dan beberapa malah hanyalah rekayasa dari orang-orang yang ingin popular. Kita berusaha untuk percaya bahwa kita tidaklah sendiri di galaksi ini, ada mahluk cerdas lainnya yang dapat tinggal di planet mereka sendiri menyerupai seperti kita tinggal di bumi.

8. Takdir

Di dunia ada sesuatu yang tidak bisa dielakkan dan itu adalah takdir

Pernahkah terlintas di benak Anda bahwa walaupun bukan semua, namun terkadang ada kejadian dalam kehidupan manusia yang memang sudah tidak dapat terhindarkan dan terjadi sebagaimana adanya. Hal itulah yang dikenal dengan nama takdir. Walaupun tidak bisa dibuktikan secara nyata dan faktual, banyak sekali orang yang mempercayai hal itu terutama sebagai alasan untuk membantu mereka berdiri kembali setelah mengalami suatu kejadian yang menyakitkan atau tidak mengenakkan.

7. Karma

Karma dapat diibaratkan bagaikan boomerang yang kembali lagi

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar perkataan: "Setiap hal selalu terjadi karena suatu alasan." Karma adalah kepercayaan bahwa apa yang kita lakukan sekarang ini pada akhirnya akan menyebabkan hal yang sama terjadi kepada kita di ke depannya. Pada saat hal itu terjadi, orang-orang akan menyebutnya dengan nasib.

Sama halnya seperti takdir, tidak ada bukti nyata akan keberadaan karma tapi anehnya adalah ini menjadi prinsip dasar gaya hidup seseorang. Contoh sederhana dapat dilihat bahwa banyak orang percaya bahwa jika kita berbuat baik sekarang di kedepannya hal yang sama juga akan terjadi kepada kita, dan juga sebaliknya dimana jika kita berbuat jahat hal itupun kembali berbalik ke diri kita.

6. Hantu

Kepercayaan orang-orang akan setan sangatlah banyak

Dalam artikel 10 Topik Pembahasan Yang Selalu Menimbulkan Perdebatan, keberadaan setan atau hantu adalah salah satu hal yang menjadi topik pembahasan kontroversial tersebut. Banyak sekali media serta literatur yang menceritakan mengenai hal ini dan menciptakan fenomena mereka sendiri. Tidaklah jarang kita menemukan orang-orang yang menyatakan bahwa mereka pernah melihat apa yang namanya hantu ini walaupun tidak ada bukti nyata akan penampakan hantu tersebut. Bahkan masih banyak sekali orang-orang di dunia ini yang takut akan keberadaan hal yang belum terbukti secara fakta ini.

Contoh paling sederhana adalah jika di malam hari tiba-tiba ada bunyi seperti garukan atau barang jatuh padahal Anda tinggal sendiri, tidaklah jarang akan ada orang yang takut dan mengatakan itu adalah tindakan hantu. Namun tidakkah terlintas di benak mereka bahwa bisa saja itu karena tikus, angin malam, atau alasan logis lainnya?

5. Mitologi

Kisah mitologi adalah hal yang sangat menarik di mata manusia

Sama halnya seperti mahluk cryptid, mitologi adalah hal yang sangat menarik di mata manusia. Hal ini tidak lagi dapat dipungkiri melihat popularnya media dan literatur terkait kisah ataupun mahluk dalam mitologi, bahkan beberapa universitas dunia menawarkan mitologi sebagai mata kuliah mereka.

Pada kenyataannya mitologi ini sendiri sangatlah sulit dibuktikan, hingga beberapa sangatlah tidak masuk akal. Beberapa contoh sederhana kisah mitologi ini adalah kisah awal mula siang dan malamkeberadaan mahluk-mahluk mitologi, dan masih banyak lainnya. Walaupun beberapa lainnya berargumen bahwa mitologi itu tidak nyata, beberapa lainnya mengatakan bahwa mitologi itu didasarkan dari kisah nyata yang memang terkadang diceritakan secara berlebihan. Jika hal ini memang nyata, mengapa sampai sekarang tidak ada fakta ilmiah dari keberadaan mereka?

4. Mahluk Cryptid

Mahluk Cyryptid seperti Yeti dan Loch Ness banyak dipercayai manusia

Mahluk Cryptid adalah sebutan untuk mahluk atau hewan yang keberadaannya tidak pernah dibuktikan secara ilmiah, seperti mahluk ternama Bigfoot ataupun Loch Ness. Kepercayaan akan mahluk ini sendiri berasal dari foto-foto amatir yang tidak menunjukkan secara jelas akan mahluk di dalamnya, melainkan hanya sekedar bayangan yang dapat saja merupakan rekayasa ataupun juga kebetulan semata yang seakan-akan berbentuk seekor hewan atau mahluk di mata manusia.

3. Zodiak, Shio, dan Sejenisnya

Tidak ada bukti nyata bahwa zodiak itu benar-benar ada

Kita telah melihat ada banyak sekali cara-cara membaca kepribadian seseorang dalam 10 Cara Paling Popular Dalam Membaca Kepribadian Seseorang. Cara-cara ini sendiri mengatakan bahwa saat seseorang dilahirkan ke dunia semua perawakan dirinya telah ditentukan, dimulai dari kepribadian, keahlian, hingga masa depannya. Tidak ada bukti nyata bahwa jika seseorang dilahirkan tanggal 9 Juli maka ia memiliki zodiak cancer, namun tetap saja banyak orang percaya tanggal lahir seseorang menentukan kehidupannya di dunia.

2. Tulisan-Tulisan Keagamaan

Kitab Keagamaan adalah contoh nyata akan kepercayaan manusia

Persaingan Abadi antara ilmu pengetahuan dan agama adalah bukti nyata bahwa ilmu pengetahuan melihat agama sebagai sesuatu yang tidak dapat dibuktikan dengan fakta nyata. Agama-agama ini sendiri diajarkan kepada kita melalui tulisan-tulisan keagamaan, seperti Kitab Keagamaan contohnya. Dari sanalah kita diajarkan tentang moralitas dan mungkin dari sana jugalah dasar akan apa yang baik dan apa yang buruk dijadikan standar kehidupan manusia. Kisah-kisah dalam Kitab Keagamaan ini sendiri memang mengaumkan namun tidak ada bukti nyata akan kebeanaran Tulsian Keagamaan ini.

1. Tuhan

Bukti sederhana akan manusia yang percaya tanpa bukti nyata adalah keberadaan Tuhan di pikiran manusia

Hal paling sederhana dan terlihat dengan jelas dari kepercayaan manusia adalah akan kepercayaan kita akan keberadaan Dewa, Allah, atau Tuhan. Dimulai dari kepercayaan bahwa doa dalam hati kita akan didengar, hingga kepercayaaan bahwa kita akan bertemu dengan-Nya sesudah kita meninggal. Walaupun keberadaan Tuhan sendiri tidak dapat dibuktikan dalam bukti logis dan fakta nyata, uniknya adalah kita percaya bahwa Tuhan itu benar-benar ada.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas