home -> Lainnya -> Mengumpat Baik Untuk Kesehatan?
18 Juli 2018 17:54

Mengumpat Baik Untuk Kesehatan?

Oleh admin dalam Lainnya pada July 02, 2014

Mengumpat ternyata baik untuk kesehatan, itulah yang ditemukan dari sebuah riset penelitian. Jika orang-orang mengatakan kata-kata umpatan itu tidak baik maka sekarang ilmu pengetahuan sudah secara resmi mengizinkannya. Lalu bagaimana bisa ada hubungan kebaikan dengan mencaci maki orang? Langsung saja kita simak berikut ini.

Bukan Menandakan Kebodohan

Anak kecil tidak boleh mengumpat

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa suka caci maki dan sering mengeluarkan berbagai kata umpatan adalah tanda dari dangkalnya kepintaran intelektual seseorang. Namun studi yang lebih baru ini membantah akan hal itu dan membuktikan bahwa sama sekali tidak ada hubungan antara intelektual dengan mengeluarkan kata umpatan. Ini berarti, ilmu pengetahuan secara resmi mengizinkan orang-oirang untuk mengumpat tanpa perlu takut dikaitkan dengan kebodohan. @%*#_$!

Riset Yang Dilakukan

Ide ini berawal dari investigasi yang dilakukan di Universitas Keele oleh Dr. Richard Stephens. Pada awalnya ia mendengar istrinya mengumpat saat proses melahirkan, ia kemudian bertanya-tanya di rumah sakit apakah hal ini adalah reaksi yang normal..Ia kemudian diberitahukan bahwa hal itu memang adalah reaksi normal, rasa sakit dan mengumpat memang sering terjadi bersamaan. Dari dasar inilah Stephen memutuskan untuk melakukan sebuah riset apakah kata umpatan benar-benar dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Studi Pertama: Bermain Video Games

Mengumpat baik untuk kesehatan? Riset dilakukan dengan meminta partisipan memasukkan tangan dalam es

Ia kemudian mengumpulkan beberapa partisipan yang diminta untuk bermain video game yang bertemakan simulasi golf atau tembak-tembakan yang mengandung unsur kekerasan. Untuk melihat hubungan antara kondisi emosional dengan mengumpat, pengujian dilakukan terhadap tingkat agresivitas dan seberapa pintar mereka dalam menggunakan banyak kata umpatan.

Hasilnya adalah para partisipan yang bermain game tembak-tembakan memang lebih agresif dan 'kamus' kata umpatan mereka juga menjadi jauh lebih banyak banyak, terlalu banyak bahkan.

Studi Kedua: Memasukkan Tangan Dalam Air Es

Pria bermain video game tembakan

Partisipan diminta untu memasukkan tangan mereka ke dalam air es selama yang mereka bisa. Mereka diminta melakukan hal itu sebanyak 2 kali, yang pertama mereka diperbolehkan untuk mengeluarkan kata-kata umpatan sebanyak yang mereka suka, dan kedua kalinya mereka diminta mengumpat kata umpatan yang memang sering mereka gunakan sehari-hari.

Pada saat mengumpat, ditemukan bahwa partisipan dapat menahan tangan mereka dalam air es jauh lebih lama hingga 73% lebiih lama. Anehnya, semakin sering seseorang mengeluarkan kata umpatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, maka kata umpatan itu lebih tidak banyak membantu.

Mengumpat adalah hal yang baik?

Mengumpat adalah hal yang baik?

Dari hasil riset di ataslah Stephens mendapatkan 2 fakta: yang pertama bahwa mengumpat adalah tanda akan terjadinya sebuah kejadian yang buruk dan yang kedua adalah mengumpat sebenarnya adalah bahasa emosional dan membantu seseorang merasa lebih baik dalam situasi tertentu, hal itu juga berarti mereka lebih intelektual secara emosional. Jadi jika Anda merasakan rasa sakit yang luar biasa dan sedang menunggu ambulans, maka mengeluarkan kata-kata umpatan akan dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit.

Terlepas dari riset dan fungsi emosional ini, ada kepercayaan bahwa mengumpat juga memiliki fungsi emosionalnya sendiri. Terkadang ia membantu menciptakan ikatan pertemanan dan hubungan yang lebih dekat dengan sesama kita.

--

Hal ini tentu adalah hal yang baik namun itu jika orang yang mendengar umpatan kita mengetahui studi ini. Bagaimana jika tidak dan orang itu malah merasa tersinggung? Jadi boleh saja kita mengumpat tapi hati-hati menyinggung perasaan orang yang kita caci maki. Mungkin lebih baik jika saat kita mengumpat hanya kita yang tahu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas